Parenting

Pakai Cara Ini Supaya Si Kecil Akrab dengan Kakek-Neneknya, Bun

pexels-photo-302083

Saat Bunda dan Ayah sedang didera berbagai kesibukan beruntun, biasanya si kecil pun mau tak mau harus dititipkan sejenak pada kakek dan nenek mereka supaya tetap ada orang dewasa yang mengawasi segala aktivitas si kecil.

Namun kadang, ada tipikal anak kecil yang susah sekali mengakrabkan diri dengan kakek dan neneknya. Apalagi jika Bunda memang tak tinggal serumah dengan orangtua atau mertua. Jarak dan pertemuan yang mungkin baru beberapa kali membuat si kecil masih merasa sungkan untuk dekat dengan kakek dan neneknya. Disinilah peran Bunda dan ayah sangat diperlukan. Hubungan kuat antarkeluarga dapat mendukung perkembangan kecerdasan emosi si Kecil khususnya dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, Bun. Berikut tips mendekatkan si kecil dengan kakek dan neneknya, Bun.

 

Ajak Si Kecil Rutin Mengunjungi Rumah Kakek dan Neneknya

Jika Bunda memiliki waktu luang, sempatkan untuk mengajak si Kecil berkunjung langsung ke rumah kakek dan nenek ya. Terutama bila di akhir pekan. Jika memungkinkan, sesekali sediakan waktu untuk si Kecil menginap bersama kakek dan neneknya. Bunda perlu meyakini bahwa ikatan kekeluargaan akan lebih mudah terbentuk jika si Kecil sering berinteraksi langsung dengan sang kakek dan nenek. Untuk itu, sesuaikan waktu kunjungan dengan jadwal Bunda dengan kakek dan nenek. Setidaknya lakukan kunjungan paling tidak dua kali dalam sebulan ya Bun.

 

 

Buat Kegiatan yang Menyenangkan dengan Si Kecil ya Bun

Apakah sang kakek dan nenek memiliki hobi tertentu? Jika iya, coba libatkan si Kecil dalam hobi tersebut, Bun. Misalnya sang Nenek memiliki hobi masak, ajak si Kecil untuk membantu Neneknya ketika sedang memasak. Atau, jika sang Kakek suka berkebun, dorong si Kecil untuk mencoba berkebun sambil bermain di taman. Atau sebaliknya, ajak kakek dan nenek untuk mencoba hal yang ingin dilakukan oleh si Kecil saat itu. Dengan begitu, si Kecil dapat merasa diperhatikan dan dihargai. Tak hanya mendekatkan si kecil dengan kakek dan neneknya, kegiatan ini pun dapat mengasah kecerdasan emosi anak lho Bun.

 

Biasakan Rutin Berkomunikasi dengan Si Kecil

Sering kali kesibukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang padat menjadi alasan untuk menunda berkunjung ke rumah kakek dan nenek. Demi mengatasi hal ini, Bunda bisa memanfaatkan teknologi dengan berkomunikasi via video call atau telepon jika si Kecil tidak dapat bertemu langsung dengan kakek dan neneknya.

Lakukan hal ini sesering mungkin dan biasakan si kecil meluangkan waktu untuk mengobrol dengan sang kakek dan nenek paling tidak dua kali dalam seminggu. Ini juga bisa menjadi cara paling efektif jika Kakek dan Nenek tinggal di luar kota lho Bun.

 

Ceritakan Soal Kakek Neneknya, Bila Perlu Pajang Foto Kakek dan Nenek di Rumah

Di malam menjelang tidur, selain menceritakan dongeng, Bunda bisa lho menyiasatinya dengan cerita lain seperti kisah hidup soal kakek dan nenek. Dengan begitu, si Kecil dapat lebih mengenal sosok Kakek dan Neneknya, Bun. Atau, supaya si kecil tak asing dengan figur dan wajah keduanya, pajang foto kakek dan neneknya di ruang keluarga atau kamar si Kecil.

Bagaimanapun, mendekatkan anak dengan keluarga ternyata tidak sesulit yang Bunda kira. Hanya dibutuhkan komitmen dari Bunda dan ayah untuk menciptakan momen kebersamaan si Kecil dengan kakek dan neneknya. Terlebih lagi jika si Kecil dan kakek dan nenek tinggal berjauhan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top