Parenting

Orangtua Ingin Melatih Jadi Pemberani, Inilah 3 Cara Melatih Mental Si Kecil Agar Pemberani

anakpenakut

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan yang harus kita perhatikan segala sesuatunya, mulai dari sisi fisik seperti makanan, minuman, kebersihan, pola tidur, dan lain sebagainya sampai segi nonfisik seperti sikap, gaya bicara, cara bermain, mental, dan lain sebagainya.  Semua itu harus diperhatikan dengan baik saat masa anak-anak itu.

Untuk itulah melatih mental anak juga menjadi salah satu tugas yang harus dikerjakan orang tua. Selain memberikan makanan yang bergizi, memberikan pakaian yang bagus dan nyaman, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan fisik, orang tua juga harus memberikan ajaran nonfisik, termasuk di dalamnya adalah melatih mental anak. tapi bagaimana caranya?

Inilah yang sering menjadi pertanyaan oleh banyak orang tua. Banyak orang tua yang ingin melatih mental anak-anaknya agar kuat tapi mereka tidak tahu caranya.

Sebelum anda tahu bagaimana cara untuk melatih mental si anak, maka anda perlu tahu lebih dulu tentang perbedaan antara anak pemalu dengan anak penakut. Ini penting karena sering kali anak-anak itu diam saat berada di tempat yang baru yang orang-orangnya belum dia kenal. Apakah ini tanda bahwa anak itu pemalu atau penakut?

Anak pemalu biasanya akan merasa tidak nyaman saat dia berada di tempat yang baru dia kenal. Hal itu disebabkan segala sesuatu yang ada di tempat tersebut masih asing baginya, baik orang-orangnya, lingkungannya, daerahnya, dan lain sebagainya. semua itu masih asing bagi dia sehingga dia merasa tidak nyaman dan memilih untuk diam.

Tapi setelah dia kenal dengan satu atau dua orang, setelah dia mengenali sebagian lingkungan tersebut, maka anak itu akan bisa berbaur dan rasa tidak nyaman tersebut pelan-pelan hilang. Bedanya dengan anak penakut adalah dia tidak ingin beraktivitas, baik di tempat yang baru maupun di tempat lama.

Hal ini disebabkan dia merasa tidak memiliki rasa percaya diri dan merasa berada di bawah teman-temannya. Inilah yang harus diwaspadai oleh orang tua. Sebagai orang tua kita harus bisa membentuk mental yang kuat kepada anak-anak kita. caranya?

3 Cara yang perlu dilakukan untuk melatih mental si kecil agar pemberani:

  1. Memberikan contoh

Ini adalah cara yang sangat baik untuk melatih mental si anak. Sebagai orang tua anda harus bisa bersikap sebagai seorang yang pemberani karena hal ini akan ditiru oleh si kecil. Sebagai contoh kecil saja ketika anda takut untuk menaiki wahana rollercoaster. Jangan sampai anda menunjukan ketakutan itu di depan anak anda. anda dapat menghindari wahana tersebut atau anda dapat mencobanya lebih dulu dan jika merasa sudah mampu dan bisa maka anda dapat mengajak si kecil untuk menaiki wahana yang satu ini.

  1. Budaya dari dalam keluarga

Selain dengan contoh, sebagai orang tua anda juga sebisa mungkin untuk membudayakan rasa berani dan percaya diri ini ditengah keluarga. Ini dapat dimulai dari sikap anda dan seluruh anggota keluarga dalam bergaul. Atau cara lainnya adalah anda dapat menceritakan perjalanan hidup anda atau pasangan anda kepada si kecil. Ceritakan perjuangan yang sudah anda lakukan sehingga dapat berada di posisi yang sekarang. Cara ini dapat menginspirasi si kecil untuk bersikap lebih berani dan tidak minder.

  1. Memberikan tantangan dan pujian

Sebagai orang tua tentunya anda ingin selalu melindungi si kecil. Tapi jika ini dilakukan secara berlebihan maka akan membuat anak menjadi manja. Untuk itulah sesekali berikan dia tantangan yang sesuai dengan usianya. Misalnya saja anda dapat menyuruhnya untuk pergi ke warung sendiri. tapi tetap pastikan bahwa si kecil aman sampai pulang. Setelah sampai rumah, berikan pujian. Ini sebagai tanda bahwa anda menghargai keberaniannya.

Cara di atas bisa anda coba untuk membentuk mental si kecil. Anda juga bisa mencoba cara lain yang sesuai dengan kondisi anda disana.

Demikianlah pembahasan tentang cara melatih mental si kecil agar pemberani. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top