Parenting

Orangtua Cerdas Di Era Digital Tidak Akan Menjadikan Gadget Sebagai Pengganti Perhatian Dan Kasih Sayang Untuk Buah Hatinya

child (11)

Pesatnya perkembangan teknologi informasi membuat kita semakin mudah mengakses internet dimanapun berada. Orang dewasa hingga anak-anak bisa dengan leluasa membuka internet. Jika pada awalnya internet digunakan untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan, maka sekarang ini internet bisa digunakan untuk banyak hal mulai dari kegiatan bisnis hingga mengakses informasi.

Menurut Rieny Hassan, seorang pengasuh rubrik psikologi di Tabloid NOVA mengungkapkan bahwa sebagai orangtua kita harus bijak menyikapi informasi yang ada di internet. Misalnya saja ada informasi bahwa petai bisa digunakan sebagai obat penyembuh kanker. Mendapat informasi seperti itu kita tidak boleh menelannya mentah-mentah. Akan lebih baik bila kebenarannya dipastikan dulu.

Selain itu, sebaiknya jangan membuang ilmu yang diajarkan oleh orang tua jaman dulu karena ilmu-ilmu tersebut bisa kita terapkan secara seimbang pada era digital ini. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjadi orangtua yang cerdas pada era digital ini.

Orangtua Yang Tidak Menjadikan Gadget Sebagai Pengganti Kasih Sayang

Tidak dapat dipungkiri bahwa gadget seperti sudah menjadi gaya hidup. Bahkan anak-anak saat ini sudah pandai memainkan gadget. Tapi jika itu dijadikan sebagai pengganti kasih sayang kepada anak, maka dia akan mengalami permasalahan saat tumbuh menjadi dewasa.

Dengan menyediakan gadget, berikut beberapa aplikasi favorit anak didalamnya, bukan berarti orangtua bisa lepas tangan dari kewajibannya untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang semestinya. Sebab pada dasarnya tak ada hal yang bisa menggantikan kasih sayang orangtua pada buah hatinya.

Pun Tidak Menitipkan Anak Pada Dunia Online

Mungkin anda sering melihat ada anak yang usianya masih 2 tahun sudah betah belama-lama dengan gadget. Hal ini adalah akibat dari sikap orang tuanya yang telah mengijinkan dia untuk bermain gadget seharian. Alasannya sederhana, yaitu agar orangtuanya bisa bebas beraktivitas. Untuk itu, dengan modal gadget yang sudah dipasang berbagai games yang menarik, orangtua pun merasa bisa membuat anaknya tidak rewel. Ini adalah cara yang salah. Menurut Rieny, siap ataupun tidak siap,siap tak siap anak akan akan berada disisi kita sebagai orangtuanya.

Orangtua Cerdas Di Dunia Era Digital Juga Menjadikan Interaksi Dengan Anak Sebagai Prioritas

Sering kita lihat ada orang tua yang terlalu sibuk dengan obrolan di gadgetnya sehingga mengacuhkan keberadaan anaknya. Ini adalah sikap yang salah besar. anak akan merasa gadget adalah sahabatnya sehingga saat dia dewasa dia akan kurang untuk melakukan interaksi dengan teman-temannya. Selain itu, mengacuhkan anak juga akan membuatnya kurang memiliki kesopanan saat berinteraksi.

Untuk itulah, ajaklah anak anda untuk berinteraksi karena hal ini merupakan cara untuk mentransfer energi positif kepada dirinya. Dengan melakukan interaksi, banyak hal yang bisa diajarkan oleh orangtua kepada anaknya, mulai dari tata cara saat bertemu dengan orang tua, cara menghargai orang lain, bagaimana cara untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, dan lain sebagainya. Cara-cara ini tidak dapat anak temukan di gadget-nya. Untuk itu sangat penting  mengajak anak berinteraksi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top