Mainan Anak

Orang tua Harus Lebih Berhati-hati Dalam Memberikan Mainan Plastik untuk

mainananakhati-hati

Beberapa bayi gemar mengunyah mainan plastik ketika gigi mereka sedang tumbuh. Namun orang tua tak pernah sadar bahwa kegiatan tersebut bisa saja berbahaya bagi si kecil. Mengapa?

Mainan plastik mungkin mengandung bahan kimia berbahaya, bahan kimia endokrin yang bisa mengganggu kesehatan anak

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa mainan plastik mungkin mengandung bahan kimia berbahaya. Hal ini bisa mengganggu produksi hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan normal dan perkembangan.

mainananakhati-hati

Peneliti di Goethe University Frankfurt mengatakan bahwa mereka melakukan tes laboratorium pada 10 mainan plastik. Mereka menemukan dua dari sepuluh subjek mengandung bahan kimia endokrin yang bisa mengganggu kesehatan anak. Kami mendeteksi bahaya yang akan ditimbulkan oleh plastik, dua dari sepuluh subjek terbukti mengandung bahan kimia berbahaya.

Hati-hati mainan yang mengandung bahan kimia yang diyakini bisa mengganggu produksi hormon reproduksi dan androgen pada anak

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Toxicology tidak menelusuri produsen mainan anak tersebut. Dalam tes laboratorium, dua dari mainan yang terbukti mengandung bahan kimia yang diyakini bisa mengganggu produksi hormon reproduksi dan androgen pada anak. Fakta lain juga bermunculan. Salah satunya, mainan tersebut mengandung bahan kimia paraben atau zat kimia yang biasanya digunakan dalam produk kosmetik dan makanan sebagai bahan pengawet.

Salah satu bahan kimia paraben, paraben bisa memengaruhi sistem perkembangan, reproduksi, saraf dan kekebalan tubuh

Paraben merupakan senyawa yang dikenal sebagai asam p-hidroksibenzoat. Jenis paraben yang paling umum digunakan dalam kosmetik adalah methylparaben, propylparaben, dan butylparaben. Biasanya, paraben digunakan dalam bentuk kombinasi untuk meningkatkan efektifitas produk. Paraben dan endokrin bisa memengaruhi sistem perkembangan, reproduksi, saraf dan kekebalan tubuh. Menurut US National Institues of Health, zat-sat ini bisa ditemukan dalam obat-obatan, kosmetik, pestisida, plastik, deterjen, makanan dan mainan.

Penelitian sebelumnya pernah menemukan endokrin yang bisa menimbulkan risiko dalam perkembangan bayi. Penelitian lebih lanjut sangat diperlukan untuk memahami apakah produk ini bisa meningkatkan risiko kanker dan kemandulan atau tidak. Para ilmuwan tidak tahu persis berapa jumlah paraben yang mungkin berbahaya.

Orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan mainan plastik untuk anak

Hal ini juga ditanggapi oleh Dr Luz Claudio, kepala kesehatan di Mount Sinai School of Medicine New York. Menurutnya orang tua harus lebih berhati-hati dalam memberikan mainan plastik untuk anak. “Orang tua diharapkan lebih berhati-hati pada apa yang diberikan ke anak. Baiknya saat anak dalam masa pertumbuhan gigi, berikan saja buah beku untuk meringankan rasa sakit gigi,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top