Parenting

Menjadi Orang Tua Tegas, Tidak Harus dengan Membentak. 1ni 9 Solusi Agar Tidak Membentak Anak

berteriakpadaanak

Ada saat-saat pengasuhan dimana kita merasa marah karena tingkah laku atau kejadian yang diakibatkan oleh anak-anak. Bisa jadi, saat itu adalah detik-detik terakhir kita seharusnya berangkat atau detik-detik kita merasakan lelah yang tidak tertahankan. Ketika amarah kita memuncak, terkadang kita menjadi tidak sadar telah meninggikan suara dan akhirnya membentak anak kita.

Padahal sebenarnya, Jika memang ingin menjadi orang tua tegas, tidak harus dengan marah-marah dan membentak. Tegas bisa dilakukan dengan mengingatkan tanpa harus marah. Tetap menahan diri untuk tetap tenang itu mudah, asal kita mau memulainya.

berteriakpadaanak

Bagaimanakah caranya?

1. Ubah Cara Pandang Anda dan cobalah untuk melihat siapa dia seutuhnya

Jika anak Anda masih kecil, cobalah untuk melihat siapa dia seutuhnya. Ia adalah manusia kecil yang sedang melatih  kemampuannya untuk bergerak dan mengeksplorasi dengan rasa ingin tahu yang besar akan dunia menarik di sekitarnya. Ingat bahwa manusia kecil ini belum memahami bahwa tindakannya bisa mempengaruhi orang lain. Ia juga belum mampu mengembangkan kemampuan untuk mengendalikan diri sehingga akan bertindak seperti apa yang dia inginkan. Dia juga belum memahami konsep waktu, jadi belum mengenal arti kata sabar.

Jika Anda memiliki anak yang beranjak remaja, cobalah untuk melihat mengapa mereka dapat berperilaku seperti itu. Mungkin mereka telah belajar bahwa melakukan hal yang menyebalkan adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan? Pastikan anak Anda mendapatkan perhatian untuk semua perilaku positif yang ia tunjukan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top