Parenting

Mengenali Potensi dan Bakat Anak harus Dilakukan Orangtua, Ini Tips Mengenali Potensi Dan Bakat Anak

bakat

Mengenali potensi dan bakat anak adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua. Sebagai orang tua, sudah seharusnya kita bisa mengetahui apa saja yang menjadi potensi si anak dan juga bakatnya sehingga kita bisa mengarahkan atau membimbing agar anak dapat mengembangkan semua potensi dan bakat yang dimilikinya. Tapi bagaimanakah caranya? Hal inilah yang sering menjadi kebingungan dari orang tua. Sering kali para orang tua menanyakan tentang cara untuk mengenali potensi dan bakat anaknya. Untuk itu, buku-buku pun mereka beli, bahkan berbagai seminar mereka ikuti demi untuk mendapatkan informasi yang tepat tentang cara mengenali potensi dan bakat anak.

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara mengenali potensi dan bakat anak, lebih dulu anda harus tahu apa itu bakat. Sebagaimana menurut pendapat dari Howard Gardner yang menyatakan bahwa bakat adalah aktivitas seseorang yang dilakukan secara teratur dan dihargai oleh masyarakat sesuai dengan tingkat keahliannya. Misalnya saja si anak suka melukis. Kemampuan anak gemar menulis dapat disebut sebagai bakat jika dia mengikuti berbagai perlombaan atau festifal dan dia mendapatkan sesuatu dari acara tersebut. Sedangkan yang dimaksud potensi adalah kecenderungan seseorang atau anak untuk memiliki kemampuan tertentu. Misalnya saja anak anda suka berolahraga. Jika aktivitas ini dilakukan secara terus menerus maka bisa jadi dia memiliki potensi yang bagus dalam hal olahraga.

Tips untuk mengenali potensi dan bakat anak:

Sebenarnya sebagai orang tua kita tidak bisa memastikan apa saja potensi dan bakat yang dimiliki oleh anak. yang bisa kita lakukan hanyalah memperkirakan bakat-bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak. cara itu dapat dilakukan dengan:

  1. Pancing anak untuk melakukan beberapa aktivitas

Anda dapat membuat beberapa aktivitas untuk si anak. jangan terlalu banyak memberikan petunjuk karena ini untuk mengetes dimana letak bakat si anak itu. jika dia bertanya maka anda cukup menjawab sekedarnya saja. Amati aktivitaas manakah yang menurut anda membuat si anak merasa senang, nyaman, dan dapat melakukannya.

  1. Memberi aktivitas khusus

Jika anda sudah menemukan aktivitas manakah yang diminati oleh si anak, maka yang perlu anda lakukan berikutnya adalah memberikan kesempatan kepada dia untuk melakukan aktivitas tersebut. Beri dia kebebasan untuk melakukan apa saja yang berhubungan dengan hal itu. dan yang paling penting adalah jangan dikte dia karena jika itu terjadi maka apa yang dilakukan oleh si anak bukan atas keinginannya tapi lebih karena mengikuti perintah anda.

  1. Mengenali prilaku seru anak

Saat anda memberinya kebebasan anak untuk melakukan aktivitas yang dia sukai, maka anda harus mengamati prilakunya selama anak beraktivitas. Amati semua prilaku anak, baik sebelum melakukan, saat melakukan, dan setelah melakukan. Anda juga bisa menanyakan tentang perasaan si anak saat sebelum, ketika sedang, dan setelah melakukan aktivitas tersebut.

Ada beberapa ciri prilaku seru anak yang bisa anda amati, yaitu:

  1. Anak akan cepat belajar: biasanya anak akan mudah untuk menguasai sesuatu yang baru baginya. Atau jika itu tidak terjadi maka anak akan sering bertanya karena ingin memuaskan raasa ingin tahunya,
  2. Terlihat asyik: anak akan terlihat asyik saat melakukan aktivitas tersebut. Ini karena antara tantangan aktivitas dengan kemampuannya dapat berjalan sesuai,
  3. Terlihat puas: anak akan memberikan respon yang bagus setelah melakukan aktivitas tersebut. Bahkan dia akan menceritakan pengalamannya itu dengan senang hati,
  4. Ingin mengulanginya kembali: ketika sudah selesai melakukan suatu aktivitas, biasanya anak ingin kembali melakukannya. Ini untuk memuaskan rasa penasaran karena mungkin ada hal yang belum dia kuaasai atau ada tantangan baru yang ingin dia coba.

Hal ini harus anda temukan karena jika belum bisa ditemukan maka anda belum berhasil untuk mengamati prilaku seru anak. Untuk itu, anda perlu mencobanya kembali.

  1. Melakukan penilaian

Setelah anda mengetahui prilaku seru anak, maka anda perlu membuat daftar prilaku anak mana saja yang benar-benar merupakan prilaku seru anak.

  1. Komunikasikan kepada anak

Jika anda sudah berhasil mendapatkan prilaku seru apa saja yang dimiliki oleh anak, maka anda harus mengkomunikasikannya. Bukan hanya anda yang tahu tapi anak juga perlu tahu hal ini. ceritakan berbagai aktivitas yang menjadi potensi dan bakat si anak. cara untuk mengkomunikasikannya tentu disesuaikan dengan usia si anak itu sendiri.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengenali potensi dan bakat anak. semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu, Kirimkan Foto Terbaik Keluargamu

momenkeluarga

Zaman dahulu kenangan keluarga diceritakan hanya melalui kisah-kisah verbal orang tua kepada anak cucunya. Kemudian datang era tulisan, dimana kenangan dituliskan dalam buku tulis dan untuk diberikan kepada generasi selanjutnya.

Lalu cara itu berganti ketika Kodak memperkenalkan kamera portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Momen-momen penting keluarga tersimpan manis dalam album-album foto atau pigura yang dipajang di ruang-ruang tamu.

Tapi kemudian cara itu mulai luntur ketika datang era telepon pintar. Foto-foto kebersamaanmu Kini seringnya hanya tersimpan dalam penyimpanan gadget atau dalam unggahan sosial media. Saat itu pula kita tak lagi melihat keberadaan foto-foto itu sepenting ketika era dalam album dahulu.

Berapa banyak foto yang hilang karena gadgetmu bermasalah dan harus direset? Bagaimana pulak dengan foto jalan pertama si kecil yang kini hilang karena akun sosial mediamu diretas orang tak bertanggung jawab?

Ah, apakah kamu termasuk orang yang sangat telaten menyimpan semua foto-foto kenangan itu? Kamu menyimpan salah satu foto terbaik momen bersama keluargamu yang mungkin tak pernah terulang?

Kirimkan foto terbaikmu itu, agar semua bisa belajar dari kasih dan sayangmu bersama keluarga. Foto terbaik akan memenangkan Smartpone dan Smartfren MIFI

Ikuti Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu

Upload

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top