Parenting

Hai para Orangtua, inilah Tips jitu memilih popok bayi yang aman

Mama, inilah Tips jitu memilih popok bayi yang aman

Memilih popok untuk bayi terkadang membuat saya merasa dilema. Kenapa tidak? Saya merasa kebingungan ketika harus memilih popok yang aman, nyaman dan tidak menimbulkan iritasi. Maklum saja deh, kalau baru pertama kali memiliki anak memang semuanya serba membingungkan, hal itu karena belum pernah ada pengalaman mengurusi perlengkapan bayi.

Namun saya sedikit lega, karena banyak yang membantu saya dalam memilih popok bayi yang baik aman dan nyaman. Jadi, saya simpan saja caranya siapa tahu besok ketika saya memiliki anak lagi bisa digunakan idenya.

Nah buat para mama yang mungkin sedang kebingungan untuk memilih popok yang baik untuk buah hati tercintanya, sebaiknya simak artikel ini. Karena saya akan berbagi dengan mama mengenai pengalaman yang saya dapatkan ketika memiliki anak pertama kali.

Mungkin mama sudah tahu bahwa sekarang ini ada beberapa jenis popok, di antaranya adalah: popok kain dan popok sekali pakai. Kedua popok tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi saya sebagai orang tua yang memang sedikit tak ingin bila terjadi apa-apa dengan anak saya, maka saya pun cukup selektif untuk memilih jenis popok yang pas untuk anak saya.

Memang beberapa orang tua lebih memilih popok yang terbuat dari kain, saya juga termasuk, karena lebih ramah lingkungan. Dengan popok kain maka penumpukan sampah akan menjadi berkurang.

Namun meski pun demikian, bukan berarti jika popok kain lebih ramah lingkungan. Popok kain harus dicuci sampai bersih dengan menggunakan air dan deterjen. Nah dari deterjen yang digunakan untuk mencuci popok tersebut pastinya bisa menjadi limbah lingkungan. Tetapi popok kain ini sangat aman digunakan untuk bayi kita karena tidak mengandung bahan kimia. Namun meski pun demikian, popok kain ini memiliki kelemahan mudah sekali bocor. Tetapi, menurut saya itu jauh lebih baik dan aman, nah bagi mama yang ingin memilih popok kain sebagai alternatif untuk bayi mama, maka berikut ini ada tips cantiknya untuk mama.

  1. Sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu kain apa yang baik dan tidak baik untuk bayi. Mama bisa bertanya kepada bidan atau dokter untuk mengetahuinya.
  2. Ketika mama membeli popok mama harus sudah mengetahui kualitas dari kain yang digunakan dalam popok tersebut. Mama harus memerhatikan jenis kain popok tersebut, jangan sampai kain dalam popok dapat membuat kulit si kecil iritasi.
  3. Mama pilihlah popok yang memiliki tali atau perekat. Karena jika mama memilih popok tanpa tali atau perekat biasanya memerlukan peniti atau jarum untuk merekatkanya. Pemakaian peniti atau jarum pada popok sangatlah berbahaya karena ditakutkan akan mengenai bayi mama.

Hal-hal yang harus mama perhatikan saat memakai popok kain adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awal yang harus mama perhatikan adalah cara mencucinya.
  2. Disarankan untuk mencuci popok kain ini yakni dengan cara memisahkan dengan pakaian lainnya. Cucilah popok kain tersebut dengan memakai deterjen yang lembut yang aman digunakan. Pilihlah deterjen yang pas untuk kulit yang sensitif, tidak menimbulkan alergi. Pada saat mencuci popok kain ini gunakanlah air panas dan bilaslah minimal sebanyak dua kali. Mama harus menghindari pemakaian pelembut pakaian karena bisa menimbulkan ruam pada bayi.
  3. Jika popok kain basah terkena pipis, mama bisa menyimpannya terlebih dahulu pada keranjang tempat pakaian kotor. Tetapi, jika popok terkena feses harus segera dibersihkan terlebih dahulu.
  4. Selalu biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti popok.

Jika mama memilih popok yang sekali pakai tentu tidak salah, ada pula tips yang bisa saya bagikan, di antaranya adalah:

  1. Pilihlah popok sekali pakai yang berkualitas baik.
  2. Pilihlah popok sekali pakai dengan ukuran yang lebih longgar dari tubuh si kecil.
  3. Pilihlah popok sekali pakai dengan bahan yang lembut dan memiliki daya serap yang baik sehingga akan membuat kulit bayi tetap kering dan lembab.

Hal-hal yang mesti mama perhatikan jika memilih popok sekali pakai:

  1. Jika bayi mama mengalami ruam atau iritasi, maka sebaiknya mama perlu mengganti popok karena bisa saja dia memiliki alergi terhadap merek popok tertentu.
  2. Setelah dan sebelum mengganti popok, mama dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah kuman dan bakteri.
  3. Kosongkan sampah secara teratur untuk menghindari bau yang tidak sedap.

Demikianlah pembahasan tentang tips memilih popok bayi yang baik, aman dan nyaman. Semoga dapat bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top