Kesehatan Ibu & Anak

Lebik Baik Mengajarkan Anak Makan Sambil Duduk di Meja, Tidak Digendiong atau Berlarian. Makan di Meja Juga Mengajarkan Kedisiplinan Pada anak

Makandimejamakan

Makan bersama di meja makan sebagai sebuah keluarga adalah hal terbaik bagi pertumbuhan anak-anak. Bukan hanya sekadar memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan makanan, tapi lebih dari itu.

Akan tetapi tidak mudah mengajari anak makan di meja makan. Banyak anak lebih suka makan sambil bermain dan berlarian. untuk melatihnya, alangkan baiknya sejak mulai MPASI anak dilatih untuk makan di High Chair atau kursi makan bayi.

Mengapa penting sekali mengajari anak makan di meja makan ?

Mengajarkan kedisiplinan pada anak. Makan yang benar adalah sambil duduk di meja, tidak berlarian atau digendong

Banyak Orangtua yang mengajak anaknya makan sambil digendong atau sambil melakukan aktivitias lainnya seperti bermain. Sebenarnya makan di meja makan itu mengajarkan anak untuk lebih disiplin.

Makandimejamakan

Menghindari anak risiko tersedak karena akan duduk dengan baik

bayi yang disiplin makan di High Chair atauy kursi makan bayi, selain juga untuk mengajari disiplin pada anak. Juga menghindari anak risiko tersedak karena akan duduk dengan baik.

Makan di meja makan dengan tenang juga bisa mengajarkan anak untuk bisa fokus

Selain mengajarkan anak disiplin, ada keuntungan lain untuk anak. Makan di meja makan dengan tenang juga bisa mengajarkan anak untuk bisa fokus. Fokus pada menikmati dan menghabiskan makanan.

Jika focus anak teralihkan untuk yang lain, kemampuan konsentrasi anak berkurang. Kemampuan belajar unttuk ketekunan dan menahan diri juga kurang. Sedangkan Kemampuan diri itu penting untuk ia beranjak dewasa.

Di Meja Makan, Anda tentu dapat Memotivasi kemandirian anak untuk belajar makan sendiri

Di Meja Makan, Anda bisa memberinya sendok sehingga dia bisa mencoba menyuap sendiri.Tentu saja, aktivitas ini harus dalam pengawasan Anda. Dengan begitu, Anda mengajari anak anda kemandirian anak untuk belajar makan sendiri.

Anda lakukan adalah mengajarinya untuk memasukkan makanan dengan tepat ke dalam mulut

Meski ‘permainan’ melempar makanan ini baik untuk si kecil, bukan berarti Anda boleh membiarkannya. Yang harus Anda lakukan adalah mengajarinya untuk memasukkan makanan dengan tepat ke dalam mulut. Selain itu, jangan lupa untuk memakaikannya celemek makan dan melapisi meja dan lantai dengan plastik agar cipratan makanan lebih mudah dibersihkan.

Balita yang bermain dengan makanan mereka, akan lebih pintar

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Developmental Science ini menyimpulkan bahwa balita yang bermain dengan makanan mereka, terutama yang lengket, lembek, dan sedikit cair, akan lebih pintar. Ini karena mereka mempelajari makanan melalui semua indera, seperti peraba, pengecap, perasa, dan sensorik (untuk melempar). Balita ini tidak hanya mengenali bentuk dan ukuran makanan secara visual, tetapi juga mengidentifikasi makanan lewat teksturnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top