Kesehatan Ibu & Anak

Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

mangosteen-2126750_1280

Bunda mungkin sering mendengar kalau sebagian nutrisi baik pada buah terdapat pada kulitnya. Artinya, ada baiknya kita memakan buah secara utuh termasuk dengan kulitnya agar mendapatkan segala manfaatnya secara utuh dan lengkap, bukan?

Namun, tidak semua buah bertekstur lembut seperti apel yang bisa langsung dimakan. Sebagai jalan keluar, kulit buah tersebut kemudian diolah secara ilmiah sehingga menjadi ekstrak dengan segala kandungan yang masih utuh. Salah satunya pada kulit buah manggis.

Salah satu ketenaran kulit manggis mungkin sudah sering kita dengar melalui produk suplemen di iklan televisi, kan? Bukan sekadar nutrisi pelengkap, kulit manggis bahkan sudah dikenal sebagai obat alami bagi penderita kanker, lho.

Bagi Bunda yang belum tahu, sejumlah penelitian medis mengungkapkan kalau kulit manggis bersifat antioksidan dengan kandungan vitamin, mineral, dan asam amino yang tinggi, lho. Dengan segala kandungan yang penuh manfaat tersebut, mengonsumsi kulit manggis dapat memberikan manfaat sebagai berikut.

  • Mencegah berkembangnya sel kanker

Tahukah Bunda kalau kulit manggis kaya akan senyawa phytochemical yang disebut dengan xanthone. Nah, buah manggis sendiri dikenal memiliki 20 jenis xanthone, di mana sebagian besar berada pada kulitnya, dan berkhasiat untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Namun perlu diingat, kulit manggis tetap tidak bisa menyembuhkan kanker secara menyeluruh, jadi hanyalah bertindak sebagai pencegah penyebarannya. Para penderita tetap membutuhkan perawatan seperti kemoterapi dan radioterapi selama pengobatan, disertai konsumsi kulit manggis sebagai suplemen pendukungnya.

  • Mengontrol gula darah

Bagi Bunda atau ada keluarga dekat yang menderita diabetes, bisa juga gunakan kulit manggis sebagai langkah pengobatan. Kandungan serat di dalamnya, dapat mengikat kadar gula berlebih dalam tubuh sehingga tidak terserap ke dalam darah.

Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga dapat menghindari kamu dari masalah konstipasi, lho, karena dapat memberikan massa dan menyerap air pada feses. Dengan begitu, fungsi pencernaan dapat memproses feses kamu sehingga tidak keras dan lebih mudah keluar dari dalam tubuh.

  • Mengontrol level kolesterol

Kandungan serat di dalam kulit manggis juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sembari menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Serat dapat mengikat kolesterol baik sehingga tidak terserap ke dalam darah. Antioksidan di dalamnya juga dapat mengusir kolesterol jahat yang sudah terserap masuk ke dalam darah.

  • Meningkatkan sistem imun

Sama seperti buahnya, kulit manggis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C memegang peranan penting dalam pembentukan dan peningkatan sistem imun di dalam tubuh, dengan langsung memberi sinyal kepada sistem imun jika ada ancaman atau virus penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kulit manggis bersifat antibakteri yang efektif melawan bakteri Staphylococcus aureus. Maka dari itu, kulit manggis baik dikonsumsi bagi penderita yang mengalami penurunan sistem imun, seperti tuberculosis dan HIV/AIDS.

  • Mengatur kepadatan tulang

Kita semua setuju kalau osteoporosis merupakan penyakit yang dikhawatirkan orang-orang di usia 40-an.

Memang, seiring menambahnya usia, kepadatan tulang mulai mengalami penurunan. Nah, kandungan kalsium yang tinggi pada kulit manggis, bermanfaat bagi orang tua yang khawatir mengalami pengeroposan tulang, nih.

Tidak hanya itu, kulit manggis juga cocok dikonsumsi adik kita yang sedang berada dalam masa pertumbuhan untuk menunjang tinggi badan mereka, lho.

  • Menghilangkan jerawat dan menunda penuaan dini

Bukan hanya organ dalam tubuh yang mendapat manfaat kulit manggis, wajah kita pun bisa mendapatkannya juga. Antioksidan dalam kulit manggis mampu menyingkirkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru dalam wajah.

Selain itu, kulit manggis juga bersifat antibakteri yang baik untuk meredakan pertumbuhan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup menggunakan bagian dalam kulit manggis yang dihancurkan dan dioleskan sebagai masker wajah.

Wah, siapa sangka ternyata begitu banyak manfaat kulit manggis yang belum kita ketahui, ya? Nah sekarang, apakah Bunda masih berniat membuang kulit manggis?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top