Parenting

Ketika Anak Meminta Sesuatu dengan Memaksa dan Merengek, Sebaiknya Lakukan Hal ini

konsistensimendidikanak

Sebagai orang tua, kita tergerak oleh naluri untuk mencintai, memelihara, dan menyediakan apa yang anak-anak inginkan. Intinya, kita ingin membahagiakan mereka dan tentunya membuat kita disayangi oleh mereka.

Ketika anak memaksa dan merengek meminta sesuatu. Rengekennya menjadi teriakan dan ada gerak perlawanan. Anak terus mencari akal agar keinginnanya dikabulkan, bahkan seringkali membuat kita sebagai orang tua malu.

Terkadang kita luluh atas permintaan anak dan mewujudkanya. Padahal sebaiknya  Jangan penuhi keinginan anak ketika dia merengek dan  tidak semua keinginan anak bisa kita wujudkan. Simak juga Ini 14 Dampak Jangka Pendek dan Jangka Panjang Mengabulkan Keinginan Anak.

selalumewujudkankeinginananak

Jika tak ingin mewujudkan keinginan anak, umumnya kita berusaha mengalihkan perhatian anak. Mungkin awalnya berhasil, tetap lama kelamaan anak sadar jika sedang dialihkan. Anak kemudia merengek lagi.

Menghadapi kondisi seperti ini, tetaplah konsisten. Tidak perlu malu atau takut dikatakan sebagai orang tua yang kikir atau tega. Orang berefikir demikian belum membaca buku tentang ini dan mengalami masalah yang sama dengan kita.

Ingatlah selalu bahwa kita sedang mendidik anak. Sekali kita konsisten anak tak akan pernah mencobanya lagi. Tetaplah Konsisten dan pantang menyerah! Apapun alasannya, jangang pernah memberi hadiah pada perilaku buruk si anak.

Lakukan Hal ini Ketika Anak Meminta Sesuatu dengan Memaksa dan Merengek

Ayah edy dalam dalam blognya  ayahkita.blogspot.co.id memberikan tipsnya: Ketika anak kita merengek stop semua aktivitas yang sedang kita lakukan; lalu

1. Dekati anak, pegang tangannya dan tatap matanya.

2. Katakan Sayang apa yang kamu inginkan, kalau kamu merengek bunda tidak tahu apa yang kamu mau.

3.  Jika dia tetap merengek, katakan pada oke kalau kamu tidak mau bicara, bunda akan carikan tempat yang tepat untuk mu merengek sampai kamu mau bicara.

4. Jika ia tetap merenget laksanakan janji kita bawa dia ketempat yang lapang dan sepi (agar tidak mengganggu orang) dan katakan padanya oke silahkan kami merengek disini. Sampai kamu mau bicara. Biarkan dia terus merengek jika pun itu memerlukan waktu lebih dari 30 menit.

5. Jika dia mulai mau bicara, dengarkan dengan seksama, dan jelaskan apakah yang ia minta itu bisa atau tidak kita penuhi.  Jangan berdalih, gunakan alasan yang logis dan masuk akal karena anak itu sangat logis dan cerdas.  Jika anda menggunakan alasan itu hanya akan membuatnya kembali merengek dan tidak percaya pada kita.

6.  Jika ternyata kita tidak bisa memenuhinya, tawarkan apa jalan keluarnya, dan sepakati bersama.

7.  Jika ia kembali merengek katakan padanya:  Oke silahkan kamu merengek lagi bunda akan tunggu kami sampai mau bicara baik-baik, tapi itu tidak akan merubah apapun.  Tapi jika kami bersikap baik mungkin bunda akan coba upayakan (solusi lainnya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top