Mom Life

Ketahui Seluk-Beluk KB Implan atau yang Sering Disebut KB Susuk

kb susuk atau kb implan

Banyak sekali metode kontrasepsi yang tersedia sehingga memudahkan Bunda untuk memilih metode yang sekiranya tepat untuk Bunda dalam menjalankan program keluarga berencana. Mulai dari yang sifatnya sementara hingga yang permanen nih Bun. Dari segelintir metode tersebut, salah satu yang banyak peminatnya yakni metode KB susuk alias KB implan. Tapi, sebenarnya apa itu KB implan?

Mengenal KB Implan atau KB Susuk

Apapun Bunda menyebutnya, mau KB implan atau KB susuk sejatinya sama saja Bun. Metode KB ini memperkenalkan alat berupa tabung plastik kecil dan fleksibel yang ukurannya sebesar korek api dan berisi hormon pencegah kehamilan.

Tabung inilah yang akhirnya disebut susuk yang akan dimasukkan atau diimplan ke dalam kulit tepatnya di area lengan atas. Dengan anjuran dan pemakaian yang benar, maka KB implan ini akan bekerja mencegah kehamilan selama tiga tahun.

Bunda yang masih penasaran dengan cara kerjanya, sejatinya susuk yang sudah dimasukkan ke bawah kulit pelan-pelan akan melepaskan hormon progrestin dengan kadar rendah guna mencegah kehamilan. Cara kerjanya adalah dengan mencegah ovulasi. Jadi secara sederhana kalau wanita tidak berovulasi, tentu ia tak bisa hamil karena tak ada sel telur untuk dibuahi.

Hormon progrestin sendiri dilepaskan kemudian bekerja menebalkan lendir di area leher rahim atau serviks. Dengan begini, sperma tak akan mampu masuk ke rahim. Kerja progrestin lainnya adalah untuk menipiskan lapisan dinding rahim, sehingga jika ada sperma yang berhasil membuahi sel telur, telur tersebut akan sulit menempel pada dinding rahim untuk memulai kehamilan.

Baca juga: Pil KB Dikenal Ampuh Mencegah Kehamilan Namun Tetap ada Efek Sampingnya

Seberapa Ampuh Metode ini Dapat Mencegah Kehamilan?

Mengenai tingkat efektivitas, terbukti dalam jangka waktu satu tahun, bahkan tak sampai 1 dari 100 pengguna KB implan yang ‘kebobolan’. Justru kemungkinan hamil akan meningkat bila pemakai KB implan tak mengganti implan tersebut setelah dipakai selama 3 tahun. Karenanya, penting sekali mengingat dan mencatat kapan KB implan Bunda dipasang, dan kapan waktu paling telat untuk menggantinya. Jika Bunda tak sempat mengganti KB implan tepat pada waktunya, gunakan alat KB tambahan seperti kondom.

Bunda perlu tahu, KB susuk tak dapat mencegah Bunda terkena penyakin menular seksual. Bila memang berupaya mencari alat kontrasepsi yang dapat mencegah Bunda dari penyakit kelamin menular, anjurkan ayah untuk pakai kondom ya Bun.

Lantas Apa Efek Samping KB Implan?

Dari sekian banyak efek samping, maka yang paling lazim adalah perubahan pada siklus menstruasi. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan KB implan.

  • Haid menjadi tidak teratur, atau tidak haid sama sekali
  • Darah haid menjadi lebih banyak, atau malah menjadi lebih sedikit
  • Flek/bercak darah yang keluar saat sedang tidak haid
  • Berat badan bertambah
  • Sakit kepala
  • Jerawat
  • Payudara nyeri
  • Rasa sakit, infeksi, dan bekas luka di kulit tempat susuk dimasukkan (diimplan)
  • Depresi

Jangan khawatir, tidak semua pengguna KB implan akan mengalami efek samping. Bahkan, efek samping KB susuk ini biasanya akan membaik dan lama-lama menghilang seiring waktu. Namun, jika Anda seorang perokok, risiko Anda mengalami efek samping dari KB implan akan meningkat. Inilah kenapa dokter menyarankan pada wanita pengguna KB susuk untuk berhenti merokok.

Dimana dan Bagaimana Memasang KB Implan?

KB implan hanya tersedia di klinik, puskesmas, atau rumah sakit, dan harus dipasang oleh dokter, bidan, dan petugas kesehatan yang sudah diberi training untuk memasang susuk KB. Dokter mungkin akan menunda pemasangan KB implan tergantung pada siklus menstruasi Bunda, atau jika Bunda sedang menggunakan metode kontrasepsi lain.

Proses pemasangan KB implan akan dimulai dengan memberi obat bius pada bagian lengan yang akan dimasukkan susuk, supaya Bunda tidak merasa sakit. Dokter kemudian akan menggunakan jarum kecil untuk memasukkan tabung susuk di bawah kulit yang sudah terbius. Prosesnya sendiri hanya berlangsung beberapa menit, nah setelah susuk dipasang, Bunda tak dianjurkan untuk tidak mengangkat barang berat dulu selama beberapa hari.

Anda harus kembali datang ke dokter/klinik/puskesmas untuk mengganti susuk dengan yang baru, setelah 3 tahun atau sesuai dengan anjuran dokter. Saat sudah lewat masanya, susuk akan berhenti berfungsi dan tidak lagi melindung Bunda dari kehamilan.

Sejatinya Bunda tak perlu menunggu sampai 3 tahun untuk mengganti atau mengeluarkan KB implan, sehingga kapanpun Bunda ingin melepasnya, hal ini bisa dilakukan. Namun ingat, jangan pernah melepas KB implan sendiri ya Bun. Sebab prosedur ini harus dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Baca juga: KB Spiral Dinilai Paling Efektif dalam Mencegah Kehamilan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Yuk Bun Cari Tahu Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Menghitung Masa Subur

Bun, di usia Bunda, jangan sampai menganggap bahwa menghitung masa subur bukan hal yang penting. Apalagi masih banyak wanita yang tak tahu kapan masa subur wanita berlangsung. Padahal dengan mengetahui masa subur setelah haid akan membantu Bunda mendukung program kehamilan terutama program KB alami.

Ya, KB alami adalah dengan menghitung masa subur sehingga meminimalisir potesi kehamilan tanpa mengurangi sensasi yang terjadi saat berhubungan seksual lho Bun. Ada yang memilih mengunduh aplikasi, namun ada juga cara manual yang sudah dilakukan banyak wanita sejak lama. Berikut ini cara menghitung masa subur yang dianjurkan para ahli.

Ketahui Masa Subur Itu

Sebelum menghitung, Bunda harus mengetahui apa itu masa subur ya Bun. Faktanya, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang normalnya hanya terjadi sebulan sekali. Nah, diantara tiap siklus, ada jeda waktu beberapa waktu yang disebut sebagai masa subur. Di masa subur inilah, peluang untuk terjadinya kehamilan akan sangat tinggi. Masa subur sendiri adalah momen di mana sel telur baru saja selesai diproduksi dan siap dibuahi oleh sperma. Prosesnya disebut sebagai ovulasi.

Ketahui Dulu Apa Itu Ovulasi, Momen Dimana Wanita Sedang Subur-suburnya

Bunda tentu sudah tahu bila dalam organ kita terdapat yang namanya ovarium yang bertugas memproduksi sel telur. Nah, bila sel telur tersebut matang, maka akan dilepaskan menuju saluran bernama tuba falopi. Rangkaian proses inilah yang disebut ovulasi. Bila Bunda melakukan hubungan intim di masa-masa ini, maka nantinya sel telur akan bertemu sperma dan selanjutnya terjadi pembuahan yang bisa menyebabkan kehamilan.

Ovulasi ini hanya terjadi maksimal 48 jam saja untuk satu sel telur. Sementara ovarium seorang wanita bisa memproduksi 15-20 sel telur dalam satu siklus. Lantaran waktu pematangan tiap sel berbeda-beda, total masa ovulasi bisa mencapai enam hari atau bahkan lebih. Banyak yang mengatakan masa subur ada pada hari ke-14 setelah menstruasi terakhir. Padahal, masa subur tiap wanita itu berbeda lho tergantung keteraturan siklus menstruasinya, Bun.

Catat Siklus Menstruasi Bunda Selama Tujuh Bulan Terakhir

Guna mendapatkan hasil perhitungan yang cukup akurat, maka Bunda harus punya siklus menstruasi teratur minimal tujuh bulan terakhir, Bun. Nah, mengenai siklus menstruasi biasanya selalu berada dalam rentang 21-35 hari. Jadi misalkan Bunda menstruasi di bulan Juni dan selesai di tanggal 15, maka siklus bulan depan akan dimulai pada tanggal 6-19 November. Selama jaraknya berada di kisaran 21-35 hari, siklus menstruasi Bunda bisa dikategorikan teratur.

Selanjutnya, tentukan jarak siklus terpendek dan terpanjang, Bunda. Jarak siklus yang paling mendekati 21 hari disebut sebagai siklus terpendek, sementara jarak yang paling dekat dengan angka 35 maka termasuk siklus terpanjang.

Cobalah Hitung dengan Rumus di Bawah Ini, Bun

Setelah mengetahui berapa siklus terpendek dan terpanjang, hitung masa subur dengan rumus berikut:

– Siklus terpendek – 18 hari = awal masa subur

– Siklus terpanjang – 11 hari = akhir masa subur

Ambil contoh Fina memiliki siklus terpendek selama 28 hari, sementara siklus terpanjang 31 hari. maka perhitungannya sebagai berikut:

– Awal masa subur = (28 – 18) hari

= 10 hari setelah menstruasi terakhir

– Akhir masa subur = (31 – 11) hari

= 20 hari setelah menstruasi terakhir

Dari hasil perhitungan di atas, masa subur Fina berada di hari ke-10 sampai hari ke-20 setelah menstruasinya berakhir. Dalam rentang 10 hari itu, potensi kehamilan Fina relatif tinggi dibanding hari lainnya.

Ketahui Juga Tanda-tanda Lain Masa Subur Bun

Selain lewat perhitungan, Bunda juga bisa mengamati tanda-tanda lain yang muncul saat ovulasi terjadi. Yang paling umum yakni muncul lendir bening dan licin di sekitar lubang vagina. Atau tanda lainnya yaitu peningkatan suhu tubuh di pagi hari.

Di waktu tertentu akan ada masa di mana Bunda merasa tubuh Bunda lebih hangat dibanding biasanya saat bangun tidur. Tanda lainnya yaitu rasa lebih bersemangat juga sinyal alami yang menandakan hormon tubuh sedang meningkat. Saat ovulasi sedang terjadi, atau Bunda berada dalam masa subur, mood biasanya jadi lebih baik sehingga Bunda berasa bergairah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Cara Merapatkan Miss V dengan Bahan Alami

Cara Merapatkan Miss V dengan bahan alami

Bun, banyak faktor yang menyebabkan kondisi vagina perempuan atau miss v menjadi kendur dan tak kencang. Faktor tersebut dipengaruhi banyaak hal diantaranya usia, melahirkan, bahkan menopause. Sayangnya, miss v yang terlanjur kendur, tak dapat rapat seperti sedia kala.

Kalaupun rapat, setidaknya otot-otot di sekitar miss v tidak terlalu kendur. Di lain sisi, tetap ada berbagai cara untuk membantu wanit amengembalikan kekencangan area miss v mereka. Tak hanya olahraga, bahkan para wanita umumnya juga menggunakan bahan-bahan alami dari alam. Nah berikut ini bahan-bahan yang dapat Bunda coba.

Gooseberry

Buah yang satu ini memang kedengaran tak lazim. Untuk membelinya pun biasanya dijual hanya di supermarket yang menjual buah-buahan impor. Khasiat buah ini ternyata ampuh untuk mengembalikan kerapatan miss V.

Guna merasakan khasiat buah ini pada daerah kewanitaan, Bunda dapat merebus 10 hingga 12 butir buah dengan air. Nantinya setelah ekstrak gooseberry tercampur sempurna dengan air, angkat rebusan dan masukkan ke dalam botol.

Simpan rebusan tersebut dalam tempat yang sejuk dan kering. Anda dapat menggunakan rebusan tersebut untuk melumasi bagian miss v ketika mandi. Penggunaan rebusan gooseberry setiap hari akan mengembalikan elastisitas vagina.

Lidah Buaya

Faktanya selain berguna untuk kesehatan rambut, tanaman yang satu ini juga ampun mengencangkan dan merapatkan miss v secara alami. Cobalah mengambil satu batang lidah buaya berukuran besar dan potong-potong kemudian ambil gelnya.

Gunakan dua sendok makan gel lidah buaya untuk melumasi bagian luar dan dalam vagina. Gunakan jari Anda saat mengaplikasikan gel tersebut pada mulut dan dinding vagina. Lakukanlah metode ini setiap hari. Penggunaan gel lidah buaya akan menguatkan otot-otot miss v yang kendur, Bun.

Manjakani

Tentu Bunda tahu salah satu bahan alami bernama manjakani, bukan? Bahan ini banyak digunakan untuk berbagai perawatan miss v. Bahkan selain untuk membersihkan miss v, bahan ini berkhasiat merapatkan daerah kewanitaan lantaran mengandung tannin, fitoestrogen, dan zat lainnya yang bekerja secara efektif untuk mengembalikan elastisitas miss v. Bunda dapat menggunakan ekstrak manjakani setiap hari, yakni sebelum mandi dengan mengoleskannya pada bagian kewanitaan Anda.

Temulawak

Sebagian orang menganggap temulawak hanya ampuh untuk menambah nafsu makan dan menjaga kesehatan tubuh. Ternyata, rempah satu ini juga dapat mencegah kejatuhan pada dinding vagina dan merapatkan miss v. Selain itu, khasiat temulawak dalam merapatkan miss v dapat didapatkan dalam waktu cepat, yakni sekitar satu bulan.

Bunda dapat merasakan manfaat temulawak dalam menjaga organ kewanitaan Bunda dengan mengekstrak temulawak (dengan cara memblender dan mengambil sarinya), lalu menggunakannya di area miss v.

Black Cohosh

Black cohosh adalah sejenis tanaman yang dapat digunakan untuk merapatkan dan mengencangkan miss v hingga batas tertentu. Tanaman dengan nama latin Actea racemosa ini memiliki kandungan fitoestrogen yang tinggi, Bun.

Ekstrak black cohosh harus diekstrak dan dicampurkan dengan air terlebih dahulu sebelum dapat diaplikasikan di seluruh bagian miss v. Penggunaan ekstrak black cohosh untuk merapatkan daerah kewanitaan dapat dilakukan setiap hari.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Cara Merapatkan Miss V Pasca Bersalin

active-aerobics-beautiful-917653

Setelah melahirkan, Bunda akan mengalami berbagai perubahan fisik dan mungkin butuh waktu untuk mengembalikan bentuk tubuh Bunda. Dari sederet perubahan, yang paling membuat wanita khawatir adalah elastisitas vagina, Bun.

Bahkan tips atau cara merapatkan vagina adalah salah satu hal yang paling dicari setelah melahirkan. Kondisi vagina yang tak lagi kencang, rapat, dan elastis kemudian membuat perempuan jadi tak percaya diri saat mulai berhubungan seksual lagi.

Tenang, Bunda sejatinya tak perlu panik. Sebab sejatinya hal tersebuta adalah sesuatu yang normal. Jika Bunda ingin merapatkan kembali, memang ada beberapa tips yang dapat Bunda lakukan, tapi ingat, kondisi vagina tak akan serapat dulu tapi setidaknya membaik dibanding baru-baru melahirkan. Nah berikut ini tips-tipsnya, Bun.

Berlatihlah Senam Kegel

Gerakan yang diajarkan dalam senam kegel memang dipercaya merapatkan vagina, Bun. Bahkan dengan rutin melakukan senam ini, otot-otot panggul jadi lebih kuat. Menariknya, Bunda tak perlu repot untuk latihan, sebab senam kegel bisa dilakukan di rumah sehingga memudahkan para ibu rumah tangga yang ingin merapatkan vaginanya rapat kembali.

Pakai Alat Kerucut Vagina

Alat kerucut yang satu ini punya beragam jenis dan ukuran, dilengkapi dengan tekstur gel silikon sehingga menyerupai segitiga kerucut, Bun. Cara berlatih dengan alat ini, Anda harus memasukan kerucut tersebut ke dalam vagina. Setelah itu, remas bawah panggul Anda, dan tahan otot-otot vagina seperti Anda ketika ingin orgasme, lalu tahan sekitar beberapa saat. Lakukan gerakan ini dalam jangka waktu selama 15 menit selama 2 hari sekali. Anda juga dapat membeli kerucut vagina tersebut pada toko yang menjual alat seks atau memesannya secara online.

Diet Makanan Sehat dan Rajin-rajinlah Olahraga ya Bun

Wanita memerlukan zat fitoestrogen, yakni zat pembentuk hormon seks guna membantu merapatkan vagina kembali. Sayangnya, bila Bunda kurang memantau asupan makanan alias mengonsumsi makanan yang tak cukup sehat, maka tubuh akan sukar memproduksi zat tersebut.

Karenanya, pasca melahirkan, tetap konsumsi makanan sehat dan bergizi ya Bun. Serta rajin-rajinlah berolahraga dan memilih gerakan yang berfokus pada perbaikan otot tubuh bagian bawah. Hal ini akan membantu merapatkan vagina secara alami. Dengan begitu, elastisitas vagina akan terjaga dan Anda akan mengembalikan kekencangan vagina Bunda yang kendur setelah melahirkan.

Cobalah Berlatih Squats

Salah satu olahraga yang perlu Bunda lakukan adalah berlatih squats. Gerakan pada squats membantu Bunda memperoleh kembali elastisitas yang hilang pada bagian vagina. Caranya mudah, dengan berdiri dan posisikan kaki Bunda sedikit keluar sejajar dari pinggul Bunda.

Posisi tangan bebas, bisa sambil menggenggam kedua tangan atau tempatkan di pinggang. Lalu gerakkan bokong dan panggul, seolah-olah Bunda sedang ingin duduk, tapi tahan jangan sampai menyentuh lantai. Setelah sampai setengah tubuh, tarik badan Bunda ke atas lagi, dan lakukan posisi ingin duduk tadi berulang kali.

Sayangnya, masih banyak orang yang punya anggapan salah tentang squats dengan alasan olahraga yang satu ini dapat membuat lutut cedera. Sebetulnya itu salah, dengan latihan squats malah akan meningkatkan kekuatan lutut dan yang paling penting adalah otot-otot vagina Anda kembali kencang dan rapat.

Berlatih Yoga Juga Menolong Loh Bun

Jika Bunda berlatih yoga secara teratur, ternyata aktivitas ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh bahkan membantumerapatkan vagina secara tidak langsung. Hampir semua gerakan yoga akan menargetkan otot-otot dasar panggul Bunda menjadi lebih kencang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top