Kesehatan Ibu & Anak

Kenali Anak Indigo

anak indigo

Anak Indogo adalah anak yang memiliki kemampuan Istimewa. Kita tentu saja sering mendengar istilah anak indogo ini. Seperti apa anak indogo, bagaimana ciri-cirinya dan bagaimana bersahabat dengan anak indigo, berikut ulasannya:

anak indigoAnak indigo atau anak nila (bahasa Inggris: Indigo children) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa, dan bahkan supranatural.

Anak indigo terlahir dengan kemampuan yang bersifat spiritual dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Anak indigo adalah anak berkebutuhan khusus dan berkarakteristik khusus dengan perilaku berbeda.

Menurut dr Erwin Kusuma, SpKJ(K)  yang merupakan psikiater anak, Kalau anak indogo memiliki kecerdasan yang tinggi, anak itu dikatakan gifted. Kalau hanya memiliki kemampuan spiritual, maka ia disebut cenayang. Anak indigo memiliki kecerdasan yang tinggi dan kemampuan spiritual, oleh karena itu ia disebut talented atau berbakat istimewa jelas

Ciri Anak Indigo

Menurut dr Suzy Yusnadewi, SpKJ, psikiater anak  menuturkan ada beberapa ciri yang biasa dimiliki oleh anak indigo yaitu:
1. Memiliki kemampuan di luar akal sehat
2. Punya pemikiran sendiri
3. Sering tidak bisa atau sulit untuk konsentrasi
4. Suka mengkhayal
5. Sering diam
6. Bisa menceritakan suatu hal secara detail meski dia tidak mengalaminya, misalnya ia bisa menceritakan temannya secara detail tapi saat bertemu secara nyata dengan temannya itu ia tidak bisa akrab.

Barbara Condron dalam buku How To Raise An Indigo Child mengungkap ciri khas dari anak indigo yaitu:

1. Memiliki kemampuan tajam untuk mengamati dengan daya ingat yang sangat baik.
2. Mampu mengorganisasi dan mendata informasi dengan sangat cepat.
3. Bersifat kreatif dan cerdas.
4. Lebih menyukai cara sendiri dalam mempelajari sesuatu, menggabungkan berbagai jenis informasi dengan cara yang inovatif serta kreatif.
5. Ingin mengalami langsung suatu kejadian atau hal dan bukan sekadar membicarakan.
6. Harus tertarik pada sesuatu untuk memusatkan perhatiannya, dan bila sudah tertarik maka ia akan memiliki energi yang tiada batas.
7. Memiliki rasa harga diri dan integritas yang kuat serta sangat peka.
8. Energi yang berlebihan menyebabkan perhatiannya cepat teralih.
9. Mudah merasa bosan.
10. Membutuhkan orang dewasa yang stabil secara emosional dan senantiasa penuh kasih sayang.

Bagaimana Sikap Orang Tua Ketika Memiliki Anak Indigo

Pakar kejiwaan pun menyarankan jika orang tua memiliki anak indigo (indra keenam) jangan panik dulu. Anak indigo tidak terbatas mampu melihat dunia lain tapi juga di bidang lainnya. Seperti ada anak indigo yang sangat pintar, kreatif dan berpikiran dewasa. Anak indigo juga kebanyakan temperamental.

Memiliki anak indigo terkadang sangat membingungkan, karena anak indigo bisa memiliki banyak kelebihan meskipun anak tersebut juga memiliki kekurangan. Untuk itu dibutuhkan cara agar bisa hidup berdampingan dengan anak indigo.

Hal terpenting yang harus dimiliki oleh orangtua dengan anak indigo adalah kesabaran, karena terkadang perilaku anak indigo bisa membingungkan siapapun. Orangtua sebaiknya mengikuti suara hati dan mendengarkan kata batinnya agar bisa membantu si anak.

1 Comment

1 Comment

  1. Unknown

    June 15, 2017 at 4:23 am

    Maaf saya tidak setuju dengan pernyataan ini karena seorang indigo adalah seorang yang memiliki kelainan dan menurut islam dipandang sebagai penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top