Kesehatan Ibu & Anak

Kenali 8 Gejala Tumbuh Gigi Pada Bayi dan Cara Antisipasinya

bayitumbuhgigi

Umumnya pertumbuhan gigi pada bayi akan terjadi memasuki usia 8 bulan atau 1 tahun. Tumbuh gigi pertama kali diawali dengan akar gigi yang berlanjut dengan ujung gigi yang mendorong melalui gusi. Pertumbuhan gigi pada anak untuk pertama kalinya akan membuat anak-anak merasa tidak nyaman.

Tak jarang bayi yang rewel dan sering menangis ketika akan tumbuh giginya. Untuk itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui gejala yang akan timbul sejak dini untuk mengantisipasi anak yang rewel dan menangis saat giginya akan keluar.

GEJALA SULIT TIDUR DI MALAM HARI AKAN DIRASAKAN BAYI KETIKA AKAN TUMBUH GIGI

Saat akan tumbuh gigi, anak akan merasakan nyeri pada bagian gusinya. Rasa nyeri yang dirasakannya akan membuatnya sulit tidur pada malam hari. Ia akan merasa gelisah dan mudah rewel di pagi hari karena kurang tidur.

BAYI AKAN MENGALAMI DEMAM RINGAN

Tumbuh gigi juga bisa menyebabkan seorang bayi terserang demam ringan, hal ini karena rasa sakit yang dirasakannya ketika akan tumbuh gigi. Ibu tidak perlu panik berlebihan ketika melihat anak terkena demam ringan karena akan tumbuh dengan sendirinnya.

KARENA RASA SAKIT YANG DIDERITANYA SAAT TUMBUH GIGI, BAYI AKAN MUDAH MARAH

Bayi akan mudah marah dan bersikap tidak ingin diganggu ketika ia merasakan sakit pada area mulutnya. Beberapa anak biasanya akan mengalami hal ini hingga beberapa hari setelah proses pertumbuhan giginya tidak sakit lagi.

KETIKA DISUSUI, BAYI AKAN MUDAH MENGGIGIT PAYUDARA IBU

Perasaan akan tumbuh gigi pada bayi diekspresikannya ketika ia akan mudah menggigit ketika disusui oleh sang ibu. Tekanan yang dilakukan oleh gigi yang menyembul dari atas ke bawah memuat anak jadi ingin menggigit apapun yang dirasakan masuk ke dalam mulutnya.

ANAK YANG TUMBUH GIGI AKAN MENGALAMI RUAMH PADA WAJAH DAN SEKITAR DAGU

Anak yang tumbuh gigi akan mengalami gejala area mulut yang mudah kering dan pecah-pecah. Kemungkinan ruam pada wajah dan dagu pun bisa terjadi. Lakukan tindakan antisipasi dengan memberinya obat khusus penghilang ruam.

KARENA GIGI AKAN KELUAR DARI GUSI, ANAK BISA MENGALAMI PENDARAHAN DI BAGIAN BAWAH GUSI

Gejala yang sudah jelas terjadi pada bayi yang akan tumbuh gigi ialah akan terjadi pendarahan pada bagian bawah gusi. Tak perlu risau berlebihan ketika hal ini terjadi karena akan hilang dengan sedirinya ketika gigi sudah tumbuh dengan sempurna.

SAAT GIGINYA HENDAK TUMBUH, BAYI AKAN MUDAH BATUK

Selain demam ringan, gejala yang bisa timbul lainnya adalah bayi akan mudah batuk-batuk. Air liur yang keluar banyak saat proses tumbuh gigi dapat menyebabkan anak mudah batuk-batuk bahkan muntah. Jika batuk masih berlangsung ketika gigi telah tumbuh, sebaiknya periksa ke dokter karea kemungkinan bisa terserang bakteri.

MENOLAK DIBERI MAKAN DAN DISUSUI

Bayi yang rewel biasanya disebabkan karena rasa lapar, hal ini akan terjadi ketika ia menolak semua makanan yang diberikan ataupun saat menyusui. Anak yang akan tumbuh giginya akan menolak makanan apapun yang diberikannya. Anda harus menemukan cara agar nutrisi yang dibutuhkan si kecil tetap terjaga sata proses tumbuh gigi terjadi.

Ikuti tips di bawah ini untuk mengantisipasi anak yang rewel saat masuk masa pertumbuhan gigi.

ANTISIPASI BAYI YANG REWEL SAAT TUMBUH GIGI AGAR IA MERASA NYAMAN MENJALANI TAHAP TUMBUH GIGI

Agar anak tetap bahagia dan ceria saat mengalami masa pertumbuhan gigi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua yang dapat meredakan rasa sakit yang terjadi pada sang bayi, seperti:

– Pijat perlahan gusi yang menjadi tempat tumbuh gigi selama beberapa menit. Saat memijatnya, gunakan kain bersih  yang lembut. Kain tersebut sudah dibasahi oleh air dingin sebelum digunakan.

– Berikan teether yang telah disetril dengan cara direndam di air panas selama beberapa saat. Masukan teether ke dalam lemari es. Jika gigi bayi sudah terlihat mulai tumbuh sedikit, jangan gunakan teether yang berisi cairan pada anak dikarenakan akan mudah pecah saat digigit.

– Karena anak akan mudah menggigit sesuatu ketika akan tumbuh gigi, berikan ia biscuit untuk mengurangi rasa gatal pada gusinya.

– Oleskan gel khusus pengurang rasa nyeri pada anak  di bagian gusi. Gunakan gel yang sudah direkomendasikan oleh dokter gigi anak.

– Apabila si kecil mengeluarkan air liur dalam jumlah yang banyak, oleskan krim berbahan dasar air di sekitar dagu, pipi, dan sekitar mulut untuk mencegah luka yang bisa terjadi.

– Selain biskuit, makanan lainnya sepperti wortel, timun, brokoli yang suah dipotong kecil-kecil bisa membantu anak mengurangi rasa gatal pada gusi yang akan tumbuh gigi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu, Kirimkan Foto Terbaik Keluargamu

momenkeluarga

Zaman dahulu kenangan keluarga diceritakan hanya melalui kisah-kisah verbal orang tua kepada anak cucunya. Kemudian datang era tulisan, dimana kenangan dituliskan dalam buku tulis dan untuk diberikan kepada generasi selanjutnya.

Lalu cara itu berganti ketika Kodak memperkenalkan kamera portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Momen-momen penting keluarga tersimpan manis dalam album-album foto atau pigura yang dipajang di ruang-ruang tamu.

Tapi kemudian cara itu mulai luntur ketika datang era telepon pintar. Foto-foto kebersamaanmu Kini seringnya hanya tersimpan dalam penyimpanan gadget atau dalam unggahan sosial media. Saat itu pula kita tak lagi melihat keberadaan foto-foto itu sepenting ketika era dalam album dahulu.

Berapa banyak foto yang hilang karena gadgetmu bermasalah dan harus direset? Bagaimana pulak dengan foto jalan pertama si kecil yang kini hilang karena akun sosial mediamu diretas orang tak bertanggung jawab?

Ah, apakah kamu termasuk orang yang sangat telaten menyimpan semua foto-foto kenangan itu? Kamu menyimpan salah satu foto terbaik momen bersama keluargamu yang mungkin tak pernah terulang?

Kirimkan foto terbaikmu itu, agar semua bisa belajar dari kasih dan sayangmu bersama keluarga. Foto terbaik akan memenangkan Smartpone dan Smartfren MIFI

Ikuti Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu

Upload

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top