Kesehatan Ibu & Anak

Jangan Remehkan Keluhan Sakit Perut pada Anak, Bisa jadi ini Penyebabnya!

anaksakit

Sakit yang diarasakan pada bagian perut merupakan salah satu keadaan yang sering dikeluhkan oleh anak-anak.  Tentu saja untuk mengetahui penyebab pastinya tidak bisa dengan mudah dilakukan dan perlu memperhatikan gejala-gejala yang menyertainya.

Sebagai contoh, anak mengeluh sakit perut setelah makan dalam porsi banyak, bisa saja keluhan sakit muncul karena kekenyangan. Tapi kalau keluhan tersebut disertai dengan gejala mual, muntah bahkan diare tentu ada sebab lain yang harus diwaspadai dan membutuhkan penanganan yang tepat.  Keluhan sakit perut pada anak tidak boleh diremehkan, karena bisa menjadi indikasi adanya gangguan tertentu pada sistem pencernaannya.

Secara medis, sakit perut yang muncul bisa terjadi akibat adanya gangguan pada fungsi pencernaan yang meliputi alat-alat pencernaan seperti lambung, hati, usus, dan pankreas.  Sedangkan berdasarkan lamanya, sakit perut bisa dibedakan menjadi sakit yang akut dan kronis.  Sakit perut akut biasanya terjadi secara tiba-tiba, sementara untuk sakit perut kronis biasanya akan berulang.

Terlepas dari ringan atau beratnya keluhan yang dialami, tetap saja sakit perut yang dialami oleh anak membutuhkan penanganan yang tepat.  Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut pada anak yang sebaiknya Anda tahu.

Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan keluhan sakit perut pada anak yang ditandai dengan gejala nyeri perut yang disertai dengan diare, demam, muntah dan menurunnya nafsu makan.  Keluhan ini bisa disebabkan oleh inveksi virus (Rotavirus, Calicivirus, Adenovirus, dan Astrovirus)  maupun bakteri seperti Salmonella atau E coli.

Untuk pertolongan pertama, pastikan anak Anda mendapatkan asupan cairan yang banyak agar tidak mengalami dehidrasi.  Dan untuk mencegah resiko yang lebih serius, sebaiknya segera memeriksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Sembelit atau konstipasi

Sembelit merupakan keluhan susah buang air besar yang umum dialami oleh anak-anak yang bisa  disebabkan oleh kurangnya asupan serat dan cairan tubuh.  Untuk mengantisipasi keluhan sakit perut pada anak yang disebabkan oleh sembelit, maka Anda bisa memberikan jenis makanan yang mudah dicerna dan kaya serat, serta minum yang cukup untuk membantu melancarkan BAB pada anak.  Cairan yang mencukupi bisa membantu mempertahankan fungsi normal usus sehingga gerakan usus tidak terhambat dan terhindar dari kemungkinan mengalami sembelit.

Alergi susu

Sakit perut yang disebabkan oleh alergi susu seringkali terjadi pada bayi dan anak-anak.  Biasanya ditandai dengan gejala sakit perut, diare, muntah, serta munculnya ruam pada kulit sebagai bentuk respon sistem kekebalan tubuh terhadap protein yang terkandung di dalam susu.

Sebab lainnya adalah intoleransi laktosa, yang ditandai dengan gejala mual, diare, kembung, dan kram perut.  Kondisi ini lebih disebabkan karena tubuh tidak memproduksi enzim untuk mencerna laktosa.  Jika benar karena susu, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk menghentikan pemberian susu.
Kembung

Penumpukan gas di dalam perut sering menyebabkan anak mengalami kembung.  Kembung bisa disebabkan karena udara yang tertelan berlebihan, contohnya adalah ketika bayi menyedot botol kosong.  Kondisi ini membuat anak merasa tidak nyaman, rewel, sering bersendawa dan perut membuncit karena kembung.  Untuk mengatasi keluhan ini, Anda bisa memberikan minuman hangat dan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian perut, dada, maupun punggung agar anak merasa lebih nyaman dan bisa buang gas segera.

Radang usus buntu

Keluhan nyeri hebat pada bagian bawah perut sebelah kanan dengan disertai gejala demam dan muntah bisa menjadi indikasi adanya radang usus buntu yang tidak boleh diremehkan begitu saja.  Jika keluhan tidak berkurang dan semakin parah maka harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Invaginasi

Invaginasi merupaka keluhan sakit perut pada anak yang disebabkan oleh adanya bagian usus yang masuk ke dalam saluran usus di sebelahnya.   Meskipun kelainan ini bisa terjadai pada semua umur, namun biasanya 75% terjadi pada anak-anak di bawah 2 tahun, dimana paling banyak dialami oleh bayi berusia 5-10 bulan.  Adanya sumbatan pada usus sering menimbulkan gejala kembung, muntah lendir maupun darah dan BAB darah yang disertai lendir.  Selain itu, jika diraba pada bagian perut terasa ada benjolan.  Nyeri perut hebat juga bisa menyebabkana anak tiba-tiba menjerit atau menangis kesakitan.  Kondisi ini tentu saja membutuhkan penanganan medis segera, karena bisa menimbulkan resiko yang membahayakan.

Volvulus atau usus berputar

Jenis gangguan pencernaan berupa volvulus atau usus berputar biasanya disertai dengan gejala sakit perut, muntah, kembung, demam, nyeri ketika perut disentuh, susah buang air besar dan BAB darah.  Rasa sakit yang muncul bisa membuat anak menangis kesakitan.  Sama halnya seperti Invaginasi, keluhan sakit perut pada anak yang disebabkan oleh Volvulus juga membutuhkan penanganan medis segera.

Keluhan sakit perut pada anak tentu harus selalui diwaspadai meskipun hanya keluhan ringan sekalipun.  Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kemungkinan anak mengalami sakit perut, seperti membiasakan untuk anak untuk menjaga kebersihan, memberikan makanan yang bergizi dan kaya serat, membiasakan anak untuk BAB secara teratur, dan memastikan kebutuhan akan cairan tubuh telah terpenuhi dengan baik dengan membiasakan anak minum dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sedang Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan? Ini Caranya!

pengalaman unik

Hai Bunda, sudah lirik kalender? Tanggal libur lebaran kali ini panjang loh. Jangan sampai momen berharga ini terlewati begitu saja. Iya, ini adalah saat yang tepat untuk seluruh keluarga menikmati waktu bersama.

Masalahnya sebagian bunda mungkin menyepelekan urusan perencanaan ini. Padahal semua perlu direncanakan dengan baik. Sebab ini bisa jadi momen pengikat penuh romansa yang akan memperkuat hubungan ayah, bunda dan tentunya si kecil.

Untuk itu kita perlu menyambangi tempat yang bisa dinikmati bersama-sama. Kalau perlu yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga besar juga. Tapi dimana?

Ingat Ya Bunda, Tempatnya Itu Harus Luas, Tak Membosankan, Cocok Segala Usia

alap-alap

Paling mudah diingat mungkin mal. Tapi apa iya harus ke mal lagi ke mal lagi? Lalu apa bedanya dengan weekend biasa? Tentunya harus dicarikan alternatif yang lebih seru.

Pergi bersama anak-anak tentunya memerlukan penyesuaian tersendiri. Jangan sampai si kecil merasa bosan. Kegiatannya harus bisa mengadopsi energi anak-anak yang seringnya berlebih. Itu kenapa diperlukan area wisata yang luas tempat anak-anak bisa berekspresi. Tentunya Ayah Bunda juga jangan sampai bosan bukan?

Nah, coba deh melirik arena rekreasi yang melegenda sejak diresmikan pada tahun 1985, Dunia Fantasi alias Dufan. Bunda tentu masih ingat bagaimana senangnya diajak ke tempat ini. Dengan puluhan wahana yang asik dan memorable, Dufan yang menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol ini selalu punya daya tarik tersendiri.

Mereka yang sudah cukup umur seperti ayah bunda bisa menjajal wahana uji nyali macam Halilintar. Sementara si kecil bisa mencoba wahana yang menyenangkan macam Istana Boneka, Hello Kitty, Kalila, Gajah Beledug, dll. Sementara kalau ajak kakek dan nenek bisa tetap menikmati suasana menyenangkan sambil menikmati camilan dan bercengkrama bersama bukan?

Tempat Luas Juga Masih Belum Cukup, Kegiatannya Pun Harus Menyenangkan

magic of light

Berlibur terutama diwaktu panjang seperti libur lebaran, tentunya bukanlah pelesiran satu dua jam. Ini seharusnya menjadi satu hari berkegiatan bersama. Sekaligus ajang makin mempererat hubungan keluarga.

Karena itu, pastikan tujuan wisatanya punya aktivitas yang tak membosankan. Apalagi untuk si buah hati tentunya perlu kegiatan yang variatif dan memacu kreativitasnya.

Arena macam Dufan itu yang cocok dengan kriteria tersebut. Apalagi dari tahun ke tahun Dufan terus bersolek lebih menarik. Kapan terakhir Ayah Bunda mengunjungi Dufan?

Jangan kaget ya kalau nanti melihat perubahan di Dufan. Sudah banyak terjadi peremajaan sana-sini sejak masa muda bunda dulu bermain di sana. Modernisasi membuat Dufan makin terasa apik dan nyaman.

Apa wahana seru terakhir yang Bunda ingat? RollerCoster Halilintar yang melegenda itu? Atau Bianglala yang penuh keromantisan? Tentu wahana klasik itu tak lekang ditempa zaman dan masih terlihat keren saat ini.

Namun di luar itu Dufan punya banyak wahana baru. Sebut saja misalnya Ice Age Arctic Adventure, dingin seperti di antartika dan seramnya berada disuasana ketika para hewan purba masa lalu masih hidup. Atau wahana Fantasy Light Magic of Dufan, taman dengan konsep digital Lights yang memiliki aneka pepohonan, tunnel serta aneka binatang yang bisa memancarkan cahaya. Itu baru sebagian dari kegiatan menyenangkan untuk anak.

Sementara buat ayah bunda atau kerabat yang sudah dewasa lainnya juga bisa mencicipi wahana-wahana macam Treasureland yang bertemakan petualangan, Tornado dan hysteria yang memacu adrenaline. Dan sejumlah wahana lainnya yang sangat variatif.

mysterious

Kalau mau mencicipi yang paling baru, kita bisa coba untuk menengok wahana The Mysterious Island. Kita akan dibawa bertualang ke sebuah pulau yang semula tenggelam. Dengan teknologi 4-D kita dibawa bertualang pulau dengan “menaiki” seekor lebah.

Terbayang ekspresi takjub si kecil dibawa terbang kesana dan kemari oleh lebah. Sembari menikmati rindangnya hutan belantara, serunya menghindari burung-burung nakal yang lapar serta menghindari pepohonan-pepohonan. Tentunya ini pengalaman baru yang akan seru kamu ceritakan ke kawan-kawan lainnya.

Punya Pengalaman Unik Tak Terlupakan Jadi Syarat Utama Ketika Liburan

tmnt

Liburan itu soal mendapatkan pengalaman seru. Karena itu yang paling utama adalah menciptakan momen-momen yang tak bisa diulang dan dilupakan. Sesuatu yang bisa terus diceritakan karena hanya terjadi pada saat waktu istimewa liburan itu

Nah coba tengok daftar pertunjukan tebaru dari Dufan. Pasti kenal dong dengan Teenage Mutant Ninja Turtle alias kura-kura ninja? Untuk pertama kalinya mereka datang ke Indonesia. Para jagoan yang biasa dikenal dengan sebutan Kura-kura Ninja ini, siap menghibur pengunjung Dunia Fantasi dengan beragam atraksi seru.

Tetunya terbayang betapa hal itu akan jadi peristiwa penuh kenangan buat si kecil. Karena tokoh idolanya yang semula hanya dilihat di film bisa tampil secara nyata.

Mulai tanggal 24 Juni 2017 hingga 30 Juli 2017, TMNT akan hadir di area panggung Dufan Glow indoor Dufan. Serunya lagi TMNT Show tidak dikenakan tiket tambahan dan sudah termasuk tiket masuk Dufan. Selain melihat aksi keren mereka, pengunjung juga bisa meet and greet sambil berfoto selfie dengan para anggota TMNT. Siapkan gadgetnya dan rasakan pertunjukan seru dari Teenage Mutant Ninja Turtles.

Liburan Seru Bukan Berarti Harus Boros Biaya

ontang-anting

Nah, ini dia yang jadi alasan utama kenapa kita harus pergi ke Dufan di libur lebaran ini. Karena terhitung tanggal 24 Juni sampai 16 juli 2017, kalau kita beli tiket reguler Dufan kita bisa gratis mendapatkan kartu Annual Pass Dufan. Kartu Annual Pass Dufan adalah kartu untuk bisa mendapatkan akses gratis masuk dan main semua wahana Dufan setiap hari selama satu tahun.

Kita cukup beli tiket Dufan dengan harga reguler. Kemudianpotongan tiket Dufan dibawa ke Balai kota Dufan dekat gerbang masuk Dufan. Nanti disana kita tukarkan potongan tiket Dufan dengan formulir pembuatan Annual Pass Dufan. Setelah diisi dengan benar dan diserahkan, kita akan diminta scan sidik jari dan foto dengan alat yang telah disediakan. Prosesnya sendiri cuma makan waktu 5 menit hingga kartu Annual Pass Dufan selesai dibuat

Besok-besok menggunakannya bagaimana? Langsung saja menuju gerbang Dufan tanpa perlu ke loket Dufan karena kan sudah Gratis. Serahkan Annual Pass Dufan kepada petugas gerbang Dufan untuk di scan. Lalu scan sidik jari pengguna Annual Pass sampai pagar gerbang terbuka. Jangan lupa meminta kembali kartu Annual Pass Dufan kita. Kemudian setelahnya tangan kanan akan di stempel Dufan. Sudah deh, kita bisa menikmati semua wahana Dufan secara Gratis.

Jadi sudah siap berlibur ke Dufan di lebaran kali ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sedang Merencanakan Liburan Keluarga yang Menyenangkan? Ini Caranya!

pengalaman unik

Hai Bunda, sudah lirik kalender? Tanggal libur lebaran kali ini panjang loh. Jangan sampai momen berharga ini terlewati begitu saja. Iya, ini adalah saat yang tepat untuk seluruh keluarga menikmati waktu bersama.

Masalahnya sebagian bunda mungkin menyepelekan urusan perencanaan ini. Padahal semua perlu direncanakan dengan baik. Sebab ini bisa jadi momen pengikat penuh romansa yang akan memperkuat hubungan ayah, bunda dan tentunya si kecil.

Untuk itu kita perlu menyambangi tempat yang bisa dinikmati bersama-sama. Kalau perlu yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga besar juga. Tapi dimana?

Ingat Ya Bunda, Tempatnya Itu Harus Luas, Tak Membosankan, Cocok Segala Usia

alap-alap

Paling mudah diingat mungkin mal. Tapi apa iya harus ke mal lagi ke mal lagi? Lalu apa bedanya dengan weekend biasa? Tentunya harus dicarikan alternatif yang lebih seru.

Pergi bersama anak-anak tentunya memerlukan penyesuaian tersendiri. Jangan sampai si kecil merasa bosan. Kegiatannya harus bisa mengadopsi energi anak-anak yang seringnya berlebih. Itu kenapa diperlukan area wisata yang luas tempat anak-anak bisa berekspresi. Tentunya Ayah Bunda juga jangan sampai bosan bukan?

Nah, coba deh melirik arena rekreasi yang melegenda sejak diresmikan pada tahun 1985, Dunia Fantasi alias Dufan. Bunda tentu masih ingat bagaimana senangnya diajak ke tempat ini. Dengan puluhan wahana yang asik dan memorable, Dufan yang menjadi bagian dari Taman Impian Jaya Ancol ini selalu punya daya tarik tersendiri.

Mereka yang sudah cukup umur seperti ayah bunda bisa menjajal wahana uji nyali macam Halilintar. Sementara si kecil bisa mencoba wahana yang menyenangkan macam Istana Boneka, Hello Kitty, Kalila, Gajah Beledug, dll. Sementara kalau ajak kakek dan nenek bisa tetap menikmati suasana menyenangkan sambil menikmati camilan dan bercengkrama bersama bukan?

Tempat Luas Juga Masih Belum Cukup, Kegiatannya Pun Harus Menyenangkan

magic of light

Berlibur terutama diwaktu panjang seperti libur lebaran, tentunya bukanlah pelesiran satu dua jam. Ini seharusnya menjadi satu hari berkegiatan bersama. Sekaligus ajang makin mempererat hubungan keluarga.

Karena itu, pastikan tujuan wisatanya punya aktivitas yang tak membosankan. Apalagi untuk si buah hati tentunya perlu kegiatan yang variatif dan memacu kreativitasnya.

Arena macam Dufan itu yang cocok dengan kriteria tersebut. Apalagi dari tahun ke tahun Dufan terus bersolek lebih menarik. Kapan terakhir Ayah Bunda mengunjungi Dufan?

Jangan kaget ya kalau nanti melihat perubahan di Dufan. Sudah banyak terjadi peremajaan sana-sini sejak masa muda bunda dulu bermain di sana. Modernisasi membuat Dufan makin terasa apik dan nyaman.

Apa wahana seru terakhir yang Bunda ingat? RollerCoster Halilintar yang melegenda itu? Atau Bianglala yang penuh keromantisan? Tentu wahana klasik itu tak lekang ditempa zaman dan masih terlihat keren saat ini.

Namun di luar itu Dufan punya banyak wahana baru. Sebut saja misalnya Ice Age Arctic Adventure, dingin seperti di antartika dan seramnya berada disuasana ketika para hewan purba masa lalu masih hidup. Atau wahana Fantasy Light Magic of Dufan, taman dengan konsep digital Lights yang memiliki aneka pepohonan, tunnel serta aneka binatang yang bisa memancarkan cahaya. Itu baru sebagian dari kegiatan menyenangkan untuk anak.

Sementara buat ayah bunda atau kerabat yang sudah dewasa lainnya juga bisa mencicipi wahana-wahana macam Treasureland yang bertemakan petualangan, Tornado dan hysteria yang memacu adrenaline. Dan sejumlah wahana lainnya yang sangat variatif.

mysterious

Kalau mau mencicipi yang paling baru, kita bisa coba untuk menengok wahana The Mysterious Island. Kita akan dibawa bertualang ke sebuah pulau yang semula tenggelam. Dengan teknologi 4-D kita dibawa bertualang pulau dengan “menaiki” seekor lebah.

Terbayang ekspresi takjub si kecil dibawa terbang kesana dan kemari oleh lebah. Sembari menikmati rindangnya hutan belantara, serunya menghindari burung-burung nakal yang lapar serta menghindari pepohonan-pepohonan. Tentunya ini pengalaman baru yang akan seru kamu ceritakan ke kawan-kawan lainnya.

Punya Pengalaman Unik Tak Terlupakan Jadi Syarat Utama Ketika Liburan

tmnt

Liburan itu soal mendapatkan pengalaman seru. Karena itu yang paling utama adalah menciptakan momen-momen yang tak bisa diulang dan dilupakan. Sesuatu yang bisa terus diceritakan karena hanya terjadi pada saat waktu istimewa liburan itu

Nah coba tengok daftar pertunjukan tebaru dari Dufan. Pasti kenal dong dengan Teenage Mutant Ninja Turtle alias kura-kura ninja? Untuk pertama kalinya mereka datang ke Indonesia. Para jagoan yang biasa dikenal dengan sebutan Kura-kura Ninja ini, siap menghibur pengunjung Dunia Fantasi dengan beragam atraksi seru.

Tetunya terbayang betapa hal itu akan jadi peristiwa penuh kenangan buat si kecil. Karena tokoh idolanya yang semula hanya dilihat di film bisa tampil secara nyata.

Mulai tanggal 24 Juni 2017 hingga 30 Juli 2017, TMNT akan hadir di area panggung Dufan Glow indoor Dufan. Serunya lagi TMNT Show tidak dikenakan tiket tambahan dan sudah termasuk tiket masuk Dufan. Selain melihat aksi keren mereka, pengunjung juga bisa meet and greet sambil berfoto selfie dengan para anggota TMNT. Siapkan gadgetnya dan rasakan pertunjukan seru dari Teenage Mutant Ninja Turtles.

Liburan Seru Bukan Berarti Harus Boros Biaya

ontang-anting

Nah, ini dia yang jadi alasan utama kenapa kita harus pergi ke Dufan di libur lebaran ini. Karena terhitung tanggal 24 Juni sampai 16 juli 2017, kalau kita beli tiket reguler Dufan kita bisa gratis mendapatkan kartu Annual Pass Dufan. Kartu Annual Pass Dufan adalah kartu untuk bisa mendapatkan akses gratis masuk dan main semua wahana Dufan setiap hari selama satu tahun.

Kita cukup beli tiket Dufan dengan harga reguler. Kemudianpotongan tiket Dufan dibawa ke Balai kota Dufan dekat gerbang masuk Dufan. Nanti disana kita tukarkan potongan tiket Dufan dengan formulir pembuatan Annual Pass Dufan. Setelah diisi dengan benar dan diserahkan, kita akan diminta scan sidik jari dan foto dengan alat yang telah disediakan. Prosesnya sendiri cuma makan waktu 5 menit hingga kartu Annual Pass Dufan selesai dibuat

Besok-besok menggunakannya bagaimana? Langsung saja menuju gerbang Dufan tanpa perlu ke loket Dufan karena kan sudah Gratis. Serahkan Annual Pass Dufan kepada petugas gerbang Dufan untuk di scan. Lalu scan sidik jari pengguna Annual Pass sampai pagar gerbang terbuka. Jangan lupa meminta kembali kartu Annual Pass Dufan kita. Kemudian setelahnya tangan kanan akan di stempel Dufan. Sudah deh, kita bisa menikmati semua wahana Dufan secara Gratis.

Jadi sudah siap berlibur ke Dufan di lebaran kali ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Parenting

Beginilah Tips Memilih Permainan yang Edukatif untuk Anak

Sudah Beli Mainan Baru

Saya memang cukup selektif dalam memilih permainan untuk anak-anak saya yang masih dibawah umur. Tentu saya paling tidak bisa jika memilihkan permainan sembarangan untuk sang anak, apalagi jika permainan yang tidak memiliki unsur pendidikannya, saya harus memutar otak untuk menolak saat anak saya meminta untuk dibelikan mainan tersebut.

Pernah pada suatu hari ketika Felisa saya ajak belanja bulanan, dia melihat sebuah permainan yang bagi saya tidak mendidik. Dia merengek meminta untuk dibelikan, bahkan menangis keras-keras supaya saya kasihan dan membelikannya. Tapi saya tetap keqeh tidak membelikan apa yang diminta.

“Dek, nanti mama belikan permainan yang bagus deh, tapi jangan itu ya,” Saya mencoba untuk sabar membujuk Felisa.

“Enggak mau, Felisa mau tamia itu ma, bagus itu,” katanya terus merengek.

“Dek, adek ini perempuan atau laki-laki?” tanya saya kepadanya.

“Mama, ya perempuanlah, kan Felisa pakai rok gini kok,” katanya dengan cemberut.

“Nah, kalau perempuan itu tidak boleh bermain mobil-mobilan dek, itu untuk permainan cowok,” kata saya mencoba memberi pengertian.

“Ah, mama jahat, Felisa kan pengen punya tamia, biar bisa jalan-jalan naik mobil, tuh buktinya mama juga menyetir mobil, bukankah yang biasanya menyetir mobil itu papa? berarti mama juga enggak boleh dunk setir mobil.” Katanya dengan lugas.

Saya sedikit malu dan kaget mendengar pernyataan Felisa, tidak nyangka aja jika dia bakalan negur saya yang memang sering membawa mobil sendiri kemana-mana. Hal itu disebabkan karena suami saya sibuk bekerja di luar.

“Felisa sayang, pokoknya mama enggak mau Felisa membeli mobil-mobilan, tetapi mama mau Felisa membeli permainan untuk perempuan, ok,” kata saya sudah kehabisan akal untuk membujuk Felisa.

“Enggak mau, pokoknya Felisa mau tamia.” Felisa terus merengek dan tidak mau beranjak dari tempat permainan itu dipajang.

Saya mulai mencari cara untuk mencegah Felisa, sebab jika dituruti akan berdampak tidak baik bagi perkembangannya. Jika dibiasakan bermain dengan permainan cowok maka lambat laun pola pikir yang terbangun akan seperti cowok. Bukankah sesuatu yang ditanamkan sejak dini harus sebaik mungkin? Maka dari itulah, saya ingin menanamkan jiwa lembut, feminim dan anggun pada Felisa, oleh karena itulah permainan pun juga harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

“Felisa sayang, mau es cream enggak?” tanya saya menunjukan makanan kesukaannya.

“Mau dunk ma, rasa coklat kan?” Pada akhirnya perhatian Felisa tertuju pada apa yang saya tawarkan.

“Iya sayang, rasa coklat kesukaan Felisa,” kata saya dengan sangat lega karena pada akhirnya dia lupa dengan tamia.

Sebenarnya cukup mudah untuk mencegah anak supaya tidak tertarik dengan permainan yang tidak pas untuknya, cukup belikan sesuatu yang dia sukai. Dengan mudah dia akan pindah haluan dan tidak lagi peduli dengan apa yang diminta sebelumnya.

Pada prinsipnya ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam memilihkan permainan untuk anak-anak kita yang memiliki unsur edukatif. Tips-tips tersebut di antaranya adalah:

  1. Pilihlah permainan yang tepat dan pas untuk anak-anak kita.

Saya selalu berusaha untuk memilih permainan yang cocok atau pas untuk Felisa.

Sebagai contoh saja ketika Felisa berusia enam bulan, dia suka dengan mainan yang menimbulkan bunyi-bunyian, maka saya berusaha untuk mencari mainan untuk Felisa yang ada bunyinya, dengan tujuan supaya dapat melatih kepekaan anak, indera anak, indera pendengaran, dan juga indera penglihatan. Atau bisa juga untuk anak usia lima tahun maka puzzel atau mainan cards untuk melatih kosakata anak.

  1. Mencarikan permainan untuk anak yang dapat mempertajam logika dan dapa tmeningkatkan kreatifitas anak.

Saya mencoba untuk mencarikan permainan yang dapat melatih logika dan daya kretifitas anak. Sebagai contoh saja, memasang balok rumah, puzzel, menyusun balok-balok, teka-teki dan lain sebagainya.

  1. Berikanlah permainan yang sesuai dengan minat anak.

Saya biasanya mencarikan permainan yang menjadi peminat anak-anak saya. Misalnya saja, anak saya sangat menyukai pesawat, bola, dan boneka untuk anak perempuan saya. Selain itu, juga anak juga harus dituntut untuk aktif dalam bermain secara fisik dan memahamiobyek mainannya. Bola sebagai permainan untuk olahraga, dan dengan bermain sepak bola maka akan melatih kegesitan dan kecepatan, sementara mobil untuk melatih fokus dan melatih keterampilan untuk mengotak-atik sparepart mobil, dan boneka untuk melatih memberikan kasih sayang terhadap sesama manusia.

  1. Berikan mainan yang dapat menstimulasi otak.

Mainan yang dapat menstimulasi otak seperti misalnya legoatau rancang bangun. Dengan lego maka kkreatifitas anak akanterbentuk dalam membuat berbagai bentuk benda.

Nah itulah tadi pembahasan tentang tips memilih permainan yang edukatif untuk anak ma. Semoga dapat bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan Ibu & Anak

Bayi Anda Mengalami Biang keringat? Beginilah cara mengatasinya!

newborn-baby-feet-basket-161709

Seperti yang telah kita pahami bersama bahwa biang keringat adalah ruam kecil yang memiliki warna merah dan menonjol serta gatal-gatal. Hal itu dapat menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit.

Biang keringat ini dikenal juga dengan nama ruam panas atau meliria ini tidak hanya dialami oleh bayi saja, tetapi orang dewasa pun juga bisa mengalaminya ketika cuaca sedang panas atau ketika berada dalam ruangan yang lembab.

Perlu anda ketahui bahwa biang keringat yang terjadi pada bayi biasanya muncul pada bagian leher, dan kadang terjadi pada bagian ketiak, lipatan siku dan juga selangkangan. Sementara untuk orang dewasa biang keringat akan terjadi pada lipatan-lipatan kulit yang bergesekan dengan baju.

Tips mengatasi biang keringat pada bayi

Meski pun biang keringat yang terjadi pada bayi bukanlah hal yang serius, tetapi anda harus berusaha untuk menghilangkannya, sebab jika tidak bayi anda akan rewel dan menangis karena rasa gatal dan perih yang dideritanya. Nah berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

  1. Menghindarkan bayi dari tempat yang panas dan lembab.

Kondisi yang terlalu panas akan membuat bayi anda mengalami keluar banyak keringat. Dengan demikian, ruam akan terjadi semakin parah. Maka dari itulah, pastikan anda membawa bayi anda di tempat yang sejuk untuk menghindari panas.

  1. Menjaga kulit supaya tetap dingin.

Untuk menjaga kulit supaya tetap dingin dan tidak berkeringat, anda bisa mengganti pakaian si kecil ketika sudah penuh dengan keringat. Anda bisa mengelap keringat yang menempel pada tubuh si kecil supaya kering dan tidak basah karena keringat. Jika udara terlalu panas, anda bisa mengipasi bayi anda dari kejauhan, dengan demikian bayi tidak lagi berkeringat.

  1. Janganlah memakai pakaian yang terlalu longgar.

Sebaiknya anda jangan memakaikan bahan pakaian yang terbuat dari kain sintetis pada bayi anda, seperti halnya polyester atau nilon. Karena kain dengan bahan tersebut lebih banyak menyerap panas dan membuat bayi anda makin berkeringat.

  1. Selalu menjaga kebersihan pada bayi anda.

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan yang cukup, misalnya ketika bayi anda memakai pempes, ketika sudah penuh segeralah diganti, sebab jika tidak bisa juga menimbulkan keringat. Jika sudah begitu maka bayi anda akan rewel dan menangis terus.

  1. Taburi talek.

Jika bayi anda mulai rewel karena merasa gatal-gatal dan perih yang disebabkan biang keringat, maka cobalah untuk memberikan talek diseluruh tubuhnya. Dengan demikian, bayi anda akan merasa tenang karena tidak ada keringat yang menempel.

  1. Olesi bedak dingin.

Jika anda sudah mencoba memakai talek tetapi bayi anda masih rewel karena merasa gatal-gatal, maka anda bisa mencoba untuk memakaikan bedak dingin pada si kecil. Caranya sangat mudah, seduhlah bedak dingin dengan air hangat, kemudian diamkan sebentar sampai dingin. Setelah dirasa sudah dingin, barulah oleskan pada bagian yang terkena biang keringat. Dijamin bayi anda akan tenang dan tidak lagi rewel.

  1. Olesi minyak telon.

Anda juga bisa memakai minyak telon untuk mengurangi rasa perih dan gatal-gatal yang disebabkan karena biang keringat. Namun pilihlah minyak telon yang tidak terlalu panas, sehingga bayi anda akan merasa nyaman.

  1. Rajin mandi.

Usahakan untuk bayi anda mandi sehari dua kali, sebab jika tidak akan banyak kotoran yang menumpuk di dalam tubuh bayi anda dan itu menimbulkan terjadinya biang keringat. Dengan rutin mandi dua kali sehari, maka bayi anda akan merasa segar dan biang keringat dapat teratasi dengan mudah.

Nah jika biang keringat yang terjadi pada bayi anda semakin parah, maka cobalah untuk konsultasi ke dokter. Jangan menunda, sebab kesehatan bayi anda adalah hal yang paling penting.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi biang keringat pada bayi. Semoga dapat bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top