Parenting

Jangan Memarahi Anak Yang Nakal Bun, Menasihatinya Dengan Lembut Justru Akan Membuatnya Mengerti Dan Patuh

StockSnap_HA3JD0XRX2

Mendidik anak nakal dan menjadikannya patuh bukanlah persoalan yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dan cara-cara khusus. Memang anak yang nakal seringkali menjengkelkan para orangtua. Apalagi jika anda membawanya ke tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, mall, kondangan, dan tempat yang ramai lalu-lalang orang. Dia akan lari ke sana ke mari di depan orang banyak, bahkan tak jarang dia akan mengganggu orang lain yang ada di sekitarnya.

Jika sudah seperti ini, maka kebanyakan orang tua akan melakukan kekerasan kepada anaknya. Anak dipukul, dimarahi, atau tidak diberi uang jajan. Semua itu dilakukan agar anak jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi. tapi apakah cara itu sudah tepat? Tetap dibutuhkan tips khusus agar anak yang nakal mau patuh dan menurut pada orangtuanya.

Berikan Contoh Yang Baik Pada Anak

Ini adalah cara yang paling jitu untuk menjadikan anak nakal jadi penurut. Pada umumnya anak akan meniru apa yang dia lihat dan dengar. Jika anda menginginkan anak-anak untuk bersikap baik maka berikanlah contoh yang baik pula. Perilaku-perilaku baik yang anda contohkan akan ditiru oleh anak.

Meski Anak Memang Nakal, Hindari Memberikan Predikat ‘Nakal’ Pada Buah Hati

Seringkali para orangtua begitu mudahnya memberikan predikat “nakal” kepada anaknya. Padahal predikat seperti ini akan sangat tidak baik untuk perkembangan emosi anak nantinya. Anak yang terlanjur mendapat predikat “nakal” akan merasa sia-sia saat dia berbuat baik sehingga kenakalanlah yang dia tunjukan.

Selain itu, anak-anak seperti ini akan memiliki rasa percaya diri yang rendah terhadap lingkungannya. Semua itu terjadi karena predikat yang dia dapatkan. Untuk mengatasinya, berikan anak nasehat-nasehat dengan bahasa yang mudah dipahaminya saat dia berbuat nakal. Beri dia kesempatan mengungkapkan alasan tentang perbuatan nakalnya itu. Jangan lupa juga tatap mata anak saat anda sedang menasehatinya.

 Perlakukan Dan Nasehati Anak Dengan Lembut

Kadang orangtua lepas kontrol emosi saat anaknya berperilaku nakal, apalagi jika perbuatan itu dilakukan di depan umum. Perlu anda tahu bahwa tidak semua kenakalan anak dilakukan dengan sengaja. Mungkin saat itu terpengaruh oleh teman atau suasana sehingga dia nakal.

Untuk itu, cara yang tepat adalah menasehatinya dengan lembut. Anak sudah menanggung malu karena kenakalannya di depan umum. Sebagai orangtua tidak seharusnya anda tak membuat buah hati kian malu lagi dengan memarahinya di depan orang banyak.

Jangan Terlalu Memanjakan Anak Bun, Sebab Akan Membuat Anak Sulit Diatur

Disadari atau tidak terkadang kenakalan anak justru disebabkan oleh sikap orangtua itu sendiri. salah satu sikap yang bisa menjadikannya sebagai anak yang nakal adalah karena terlalu memanjakannya. Anak yang selalu dimanja dan keinginan-keinginannya selalu dipenuhi akan cenderung sulit diatur.

Untuk itu, berikan apa yang menjadi kebutuhannya bukan apa yang menjadi keinginannya. Sebagai orangtua tentunya anda tahu apa yang menjadi kebutuhan anak dan apa yang hanya sekedar keinginannya.

Berusahalah Menjadi Orangtua Yang Konsisten

Tentukan aturan-aturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak beserta sanksinya. Tapi ingat, jangan sekali-kali membuat sanksi atau hukuman fisik yang justru akan melukai jiwanya. Setelah semua aturan dan sanksinya diberitahukan kepada anak, maka jalankan aturan tersebut.

Anda harus menjadi orang tua yang konsisten dan jangan terlalu sering memberi toleransi karena semakin banyak toleransi yang anda berikan maka anak pun akan semakin menggampangkan aturan yang anda buat.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top