Parenting

Inilah Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online

Inilah Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Game Online

Apakah anak anda sudah kecanduan game online? Anda bingung cara mengatasinya? Tenang dalam artikel ini akan dibahas sedikit mengenai cara ampuh mengatasi anak yang kecanduan game online.

Pada prinsipnya memang teknologi yang sekarang ini sudah berkembang dengan pesat memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan manusia di dunia ini. Namun selain memiliki manfaat yang positif, perkembangan teknologi juga mengalami pengaruh yang negatif, khususnya bagi anak-anak. Salah satu pengaruh negatif yang marak adalah anak kecanduan dengan game online. Jika sudah begitu, lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini adalah tipsnya buat anda.

Tips mengatasi anak yang kecanduan dengan game online

  1. Cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya diperlukan oleh anak.

Tentu kita tahu bahwa setiap anak memiliki suatu keperluan, baik itu secara materi, ataupun sikis, pasti dia ingin memiliki sesuatu yang diinginkannya. Maka anda sebagai orang tua harus benar-benar mampu memahami apa sebenarnya kebutuhan dari anak anda, jika kebutuhan tersebut tidak terlalu penting bagi dirinya maka jangan dipenuhi, tetapi sebaliknya, jika kebutuhan tersebut amatlah penting bagi anak anda, maka cobalah untuk dipenuhi.

Dengan demikian, anak anda tidak akan bersikap manja. Perlu anda ketahui bahwa sifat manja yang ada pada diri anak akan membawanya ke suatu kesenangan yang lama semakin lama akan berubah menjadi kecanduan. Pada intinya sebagai orang tua anda harus paham dengan kebutuhan anak, supaya anda tahu mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk anak anda.

  1. Berikanlah perhatian penuh pada anak.

Kecanduan game online yang terjadi pada anak bisa saja disebabkan karena kurangnya rasa perhatian orang tua terhadap anak. Mereka akan merasa kesepian sehingga berusaha untuk mencari kesenangan sendiri, dia mencari perhatian dengan memainkan game online. Mengapa game online? Karena sangat asik untuk dimainkan oleh anak-anak.

Nah jika anda ingin menghilangkan anak anda dari kecanduan game online, maka anda pun bisa memberikan perhatian yang lebih dan penuh pada anak anda.

  1. Alihkan aktifitas anak ke permainan lain.

Cara efektif yang lain mengatasi anak kecanduan game online adalah dengan cara mengalihkan perhatian atau aktifitas anak kepada kegiatan lain. Anda bisa mengikutkan dia les piano, les menari atau aktifitas lain yang bermanfaat untuk si kecil.

  1. Ajaklah anak anda untuk menikmati liburan bersama.

Jangan terlalu sibuk dengan pekerjaan, tetapi anda harus ingat dengan anak-anak anda yang juga perlu anda perhatikan. Ketika libur tiba, cobalah untuk mengajaknya bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan baginya. Anda bisa mengajaknya ke pantai, kebun buah, kebun binatang, atau tempat-tempat yang indah lainnya. Dengan begitu anak akan perlahan dapat melupakan game online yang biasa dimainkan.

  1. Ajarkanlah pada anak sejak dini tentang Give And Take.

Apakah sebenarnya makna dari take and give? Perlu anda ketahui bahwa take and give? Adalah seseorang yang akan diberi imbalan terhadap apa yang sudah dilakukannya. Anda bisa menerapkan cara ini kepada anak anda, dengan membuat kesepakatan kepada anak tentang waktu bermain game yang boleh dimainkan. Jika dia menepati janjinya, maka berikanlah dia hadiah supaya selalu mengikuti kesepakatan yang sudah anda buat. Tetapi, sebaliknya, jika dia melanggar janjinya, maka hukumlah dia supaya tidak mengulangi lagi.

  1. Cobalah untuk memasuki dunia anak.

Yang dimaksud memasuki dunia anak di sini bukan anda harus menjadi anak kecil lagi, melainkan cobalah untuk menyelami dunia anak-anak. Anda harus memahami bagaimana cara bergaul dengan anak yang baik dan benar, dengan demikian anda akan memahami tentang kehidupan anak lebih dalam lagi. Sehingga dengan demikian, anda bisa mengambil langkah yang tepat ketika anak anda mulai kecanduan game online.

  1. Jadilah contoh yang baik.

Kebanyakan anak yang mengalami kecanduan game online ini adalah anak yang memiliki banyak waktu luang serta tidak bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan baik. Anda sebagai orang tua harus mampu untuk menjadi sosok yang memiliki contoh yang baik bagi anak-anak anda, misalnya anda bisa memberikan contoh menghabiskan waktu luang dengan membersihkan rumah, jalan-jalan ke perpustakaan, olahraga dan masih banyak yang lain. Dengan demikian anak anda akan paham dan tidak lagi kecanduan game online.

  1. Batasi bermain gadget.

Anda harus membatasi anak anda untuk bermain gadget, karena memang tidak bisa dipungkiri anak yang sering memegang gadget itu yang akan kecanduan dengan game online. Dengan anda memantau anak bermain gadget, maka anak akan sedikit demi sedikit terhindar dari game online.

Demikianlah tadi pembahasan tentang cara mengatasi anak yang kecanduan game online. Semoga dapat bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top