Parenting

Inilah Infomasi yang Salah Tentang Menyusui tapi Sudah Dianggap Umum oleh Ibu Menyusui

ibumenyusi

Pada saat awal menyusui anak banyak sekali informasi atau mitos yang menyesatkan. Sayangnya mitos dan informasi tersebut sudah dianggap umum oleh ibu menyusui.

Contoh kasus; biasanya seorang ibu mendapat tips dari temannya untuk mengusap putingnya supaya memudahkan saat menyusui. Namun apa yang terjadi, bukannya memudahkan justru membuat daerah sekitar puting menjadi nyeri. Mitos ini ternyata tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Namun mitos ini masih populer di kalangan ibu hamil dan menyusui. Kami mencoba meluruskan beberapa mitos dan informasi yang mungkin menyesatkan

ibumenyusi

Anda perlu mempersiapkan payudara khusus untuk menyusui

Selama hamil paudara Anda secara alami akan berubah sehingga sudah siap pada waktu menyusui. Dokter penyakit anak, dan ahli laktasi Christina Smillie, M.D dari Stratford, Connecticut menyatakan sebelum bayi lahir, area sekitar puting susu akan menebal dan kelenjar payudara akan memproduksi cairan sebagai perlindungan

Setelah bayi lahir dan Anda siap menyusui, tubuh akan menghasilkan hormone oxytocin lebih banyak dan membuat puting lebih lebut dan lentur untuk mulut bayi. Jika puting Anda datar mintalah bantuan kepada ahli laktasi dan minta diajarkan teknik menyusui.

Normal jika saat menyusui terasa sakit

Pada saat awal menyusui memang akan terasa tidak nyaman. Rasa sakit menunjukkan bahwa bayi Anda tidak menyusui dengan benar. “Daripada fokus ke puting Anda, ada baiknya Anda menekan payudara Anda dan gunakan rahang dan lidah si bayi untuk memompa ASI,” kata pakar parenting Jane Morton, M.D dari Stanford University, Ubah posisi menyusui Anda sampai bayi merasa nyaman. Memang membutuhkan kesabaran ekstra, tapi hasilnya akan setimpal.

Menyusui menyebabkan payudara kendur

Kenyataannya payudara kendur merupakan akibat dari kehamilan. Itu disebabkan secara hormonal berubah dan otot ligamen di area payudara kehilangan kelenturannya. Pada saat hamil berat badan bertambah dan bentuk payudara akan membesar, “Itulah yang menyebabkan payudara kendur,” kata Matthew R. Schulman, M.D, asisten bedah plastik dari Mount Sinai School, New York. Saat Anda mulai menyusui, dada Anda akan diisi dengan ASI, dan payudara bertambah besar. Payudara akan berubah dengan sendirinya jika Anda rutin menyusui. Saat berhenti menyusui, payudara akan mulai melunak dan ukurannya berubah seperti pada saat hamil. Payudara akan berubah total jika Anda bisa menurnkan berat badan secara ekstrim pasca kehamilan.

Makanan yang di konsumsi ibu bisa membuat bayi Kembung

ASI mendapat nutrisi dari aliran darah. “Artinya serat dan gizi lainnya yang didapat melalui makanan si ibu tidak akan membuat bayi bersendawa,” kata Dacia Montes, konsultan menyusui dari Oakland California. Jika Anda punya alergi, silakan mengkonsumsi brokoli, sambal dan kacang burrito. Beberapa bayi mampu menghasilkan enzim yang bisa mencegah dari alergi. Jika Bayi mengalami alergi segera hentikan pemberian ASI dan segera ke dokter untuk mencari penyebabnya. Jika tidak segera diatasai akan menyebabkan si bayi tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mainan Anak

Mengapa Bermain Sangat Penting bagi Anak-anak? Dengan Bermain Kemampuan Anak bisa Berkembang Secara Sempurna

meimeikarta

Bermain sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Dengan bermain kemampuan-kemampuan motorik dan kognitif anak Anda bisa berkembang secara sempurna. Dengan bermain anak-anak belajar berinteraksi, berlatih dan mengembangkan kemampuan-kemampuan dalam diri mereka.Selain itu, kemampuan-kemampuan dasar lainnya seperti perkembangan emosi dan psikis anak Anda akan semakin terasah dengan seringnya anak Anda bermain.

Jadi berilah waktu pada anak Anda bermain, jangan pernah menyepelekan waktu bermain bersama anak Anda. Dengan bermain dia mempelajari semua hal mengenai dirinya dan dunia luar serta bagaimana mengembangkan kemampuan semua indera-indera yang ada pada diri buah hati Anda. Lalu tipe permainan seperti apakah yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan juga tumbuh kembang anak Anda?

Simaklah uraian berikut ini yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda, para orangtua ketika akan bermain bersama buah hati Anda.

Permainan ditentukan oleh usia

Ketahuilah bahwa permainan yang baik haruslah membantu mengembangkan kemampuan fisik dan psikis anak Anda. Dan ketahui pula bahwa setiap usia memiliki tahapan-tahapan perkembangan yang harus dicapai. Jadi ada baiknya Anda bisa memilih permainan yang bisa membantu si kecil mencapai tahapan-tahapan perkembangan tersebut.

Sebagai contoh, anak yang berusia 20 bulan sedang senang-senangnya melakukan kegiatan panjat memanjat, maka permainan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuannya tersebut adalah ajak si kecil untuk berolahraga. Pilihlah olahraga yang mengharuskan dia melakukan kegiatan memanjat.

Carilah permainan yang mengharuskan si kecil berinteraksi dengan orang lain

Anak-anak usia 6 bulan-12 bulan mereka sedang berada dalam tahap berinteraksi dengan Anda dan orang di sekitarnya. Berinteraksi dengan orang disekitarnya sangatlah penting dalam tahap tumbuh kembang buah hati Anda. Pada usia ini anak Anda akan sangat menikmati ketika dia tersenyum, tertawa atau memperhatikan lawan bicaranya.

aka dari itu cobalah mengajak si kecil berbicara dan bermain permainan yang mengharuskan dia berinteraksi dengan Anda dan orang sekitar. Misalnya saja Anda mengajak si kecil bermain peekaboo atau cilukba, menggelitik perutnya untuk membuat si kecil tertawa, mengajak si kecil bercanda dengan mimik muka Anda yang dibuat lucu dan banyak berbicara padanya.

Bermain dengan benda-benda di sekitarnya

Anak yang berusia 4 bulan sampai 10 bulan, mereka sedang mengalami fase merasakan indera-inderanya seperti bagaimana menyentuh, memukul, berkata-kata, menendang, melemparkan benda-benda, mendorong dan lain-lain sebagainya. Jadi berilah ruang bagi si kecil untuk bisa mengembangkan indera-inreda pada dirinya dengan bantuan mainan-mainan yang ada di rumah Anda

Biarkan si kecil bermain dengan teman-temannya yang lain

Membiarkan anak Anda bermain sendiri diluar dengan teman-temannya sangatlah penting dan bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berinteraksi anak dengan lingkungan sekitar.

Bermain dengan teman-temannya akan Anda tak usah khawatir karena harus meninggalkan si kecil bermain sendiri, karena dengan begitu si kecil bisa mempelajari sendiri bagaimana cara berinteraksi dengan baik pada teman-temannya.

Karena Itu Penting Buat Orang Tua Mencari Hunian Yang Mendukung Kebiasaan Bermain Anak

Karena bermain adalah hal yang penting untuk perkembangan si kecil tentunya orang tua harus menyediakan fasilitas yang mendukung berbagai aktivitas bermain ini. Paling awal adalah dengan memberikan hunian yang nyaman dan memudahkan anak untuk beraktivias bermain.

Salah satunya adalah hunian di Meikarta. Apartemen yang dibangun di Meikarta berada di tengah kota baru di daerah Cikarang yang memiliki fasilitas lengkap dari perkantoran, pendidikan, pusat perbelanjaan, hiburan, pusat kesehatan dan rekreasi.

Faktor kenyamanan bagi penghuni apartemen jadi salah satu faktor penting. Hampir seluruh apartemen di Meikarta memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti lapangan tenis, taman bermain untuk anak, kolam renang, sauna, fitness center dan lainnnya.

Semua fasilitas tersebut dapat kita digunakan secara cuma-cuma oleh penghuni.Meikarta telah membangun Central Park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track,  membuat taman tersebut cocok digunakan untuk bersosialisasi, rekreasi dan bersantai, sehingga penghuni bisa menikmati kenyamanan.

Dengan segala fasilitas itu, berapa dana yang harus disiapkan ayah bunda? Harga apartemen di Meikarta Rp 5,8 juta per meter persegi, harga ini bisa naik sewaktu-waktu. Lalu disertai dengan kredit pemilikan rumah atau apartemen selama 20-25 tahun, dengan bunga dimulai dari 8,25 persen. Pembeli juga bisa membayar booking fee hanya Rp 2 juta dan selanjutnya uang muka sebesar 10 persen. Sementara biaya perawatan di Meikarta Rp5.000 per meter persegi.

Nah, tak sulit bukan untuk ayah bunda memperhatikan kepentingan bermain si kecil. Yuk perhatikan kebutuhan main mereka sedari sekarang!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Kesehatan Ibu & Anak

Menyusui untuk Memberikan ASI Ekslkusif Memang Butuh Perjuangan, Tapi Demi yang Terbaik untuk Buah Hati akan di Perjuangkan

perjuanganASI

Sudah semakin banyak ibu dan calon ibu yang sudah menyadari pentingnya ASI Ekskusif untuk buah hatinya.  Kini nemberikan ASI Ekskusif tentu saja menjadi keinginan para ibu. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi.

perjuanganASINamun bukan sesuatu yang mudah memberikan ASI Ekskusif. Memberikannya penuh tantangan dan perjuangan. Tantangan  ada dalam ibu itu sendiri, dari pasangan maupun dari lingkingan. Butuh perjuangan dan tidak mudah, terkadang harus ada yang di korbankan.

Tak Semua Ibu bisa memberi ASI nya, bukan karena sepenuhnya tidak bisa

Menerima ASI Ekskusif adalah hak setiap bayi. Dan memberi ASI adalah sebuah kewajiban yang harus dijalani oleh seorang ibu pada bayinya paling tidak sampai bayi berusia 6 bulan. Memang, ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Namun pada beberapa keadaan, seorang ibu sebaiknya menunda sampai menghentikan pemberian ASI dengan alasan manfaat kesehatan pada diri ibu dan bayi.

Perjuangan ketika Inisiasi Menyusui Dini (IMD), jangan menyerah

Moment pertama menyusui tentu sesuatu yg luar biasa bagi seorang ibu.  Jika ASI lancar, tentu membuat Ibu bahagia. Apalagi bisa terus-terusan lancar.

Akan tetapi jika tidak lancar atau kendala? Puting susu ibu yang  datar atau terbenam, memang kurang menguntungkan tetapi sebenarnya tidak selalu menjadi masalah. Pada puting susu ibu lecet dan sangat perih. Pada payudara bengkak sehingga badan demam. peradangan pada payudara dan masalah-pasalah lainnya.

Akan tetapi demi buah hati tercinta, tidak menyerah dan terus memotivasi diri. Memang berat tapi untuk buah hati harus di perjuangkan.

Jika ASI Belum Keluar dalam beberapa hari setelah melahirkan tentu saja Panik, walau tahu bayi dapat bertahan selama itu tanpa asupan apapun

Ibu paham bahwa bayi dapat bertahan selama itu tanpa asupan apapun, namun tetap saja masa-masa menunggu keluarnya ASI tersebut merupakan masa-masa yang menyesakkan dada. Godaan dan tekanan untuk memberikan susu Formula pun datang. Terkadang godaan banyak bermunculan justru dari orang-orang terdekat.

Memberikan ASI ekslusif memang membutuhkan Komitment banyak pihak. Tidak hanya Ibu dan pasangan, tapi semua keluarga besar

Memberikan ASI Ekskusif  tentu saja butuh komitment dari Ibu dan pasangannya. Termasuk ketegasan diri, membentengi anak agar tidak gampang menerima pemberian sufor atas beberapa saran dari keluarga besar.

Sebelum melahirkan, Ibu perlu mengkomunikasikan jika akan memberikan ASI Ekskusif pada si buah hati. Tak hanya pada suami, tetapi pada keluarga lainnya, seperti ayah dan Ibu kita serta mertua. Komunikasinyapun tidak cukup hanya sekali, perlu berkali-kali.

Setiap Tiap 2-3 jam sekali mama menyusui dan memompa

Demi memberikan ASI Ekskusif, Ibu rela dan iklas setiap 2-3 jam sekali menyusui dan memompa. Itu agar kebutuhan ASI Ekskusif buat hati tercukupi.

Apalagi untuk Ibu yang bekerja dan masih dalam waktu cuti. Selama masih libur adalah waktu terbaik untuk pumping dan menyetok persediaan ASI agar ketika waktu kerja, ASIP untuk buah hati tetap tersedia.

Bangun tengah malam untuk menyusui walau dari pagi sampe malam sudah beraktivitas

Walau harus terbangun tengah malam untuk menyusui langsung, walau seharian berakitivitas tidak menjadi masalah. Kantuk menyerang bukan halangan, lelah menerpa bukan jadi kendala karena yang terpenting buah hati mendapatkan ASI Ekskusif.

Setelah itu dilanjutkan dengan pumping asip utk stok bukan hal yg mudah tapi tetap dilakukan.

Ibu yang tak pernah bosa membersihkan botol-botol ASI

Ibu juga tidak penah bosa akan aktivitas steril botol-botol bekas ASIP dan pompanya. Mungkin kadang sampai harus menahan kantuk agar semua peralatan bisa kembali bersih dan hygienis-siap pakai besoknya,sehingga berangkat kantor semua sudah tinggal angkut.

Demi ASI Ekskusif, Badan tidak mudah kembali singset seperti dulu. Tapi tidak jadi masalah

Tentu saja ibu tidak bisa berharap badan bisa kembali langsing singset mempesona seperti dulu. Ibu harus merelakan, minimal setahun ini mengkesampingkan semua keinginan utk kembali tampil kurus dan seksi demi sang buah hati. Karena jika diet itu sama dengan mengurangi produksi ASI.

Merelakan diri mengurangi untuk Jalan. Kalaupun bisa ya, ya harus siap dengan semua kerepotan membawa peralatannya

Tentu sebelum hamil dan melahirkan, ibu bisa jalan bersama keluarga dan teman. Entah hanya sekedar belaja ke mall, nongkrong dll.  Setelah melahirkan tentu saja kegiatan itu harus dikurangi.  Kalaupun bisa ya, ya harus siap dengan semua kerepotan membawa perlajaran pompa ASI,beberapa botol,cooler bag dan blue ice dll.

Jalan harus wajib kubawa kemana mana adalah pompa ASI,beberapa botol,cooler bag dan blue ice

Ketika terpaksa harus jalan, ya ibu harus siap dengan peralatan ASI seperti pompa ASI, beberapa botol,cooler bag, blue ice dan lainnya. Ketika jalannya juga harus mencari tempat dan menyempatkan untuk memberikan ASI langsung atau sekedar untuk pumping.

Apalagi untuk Ibu yang bekerja. Waktu cuti habis dan bersiaplah dengan perjuangan ASI Ekskusif untuk Ibu bekerja

Rela meluangkan waktu di jam istirahat dan makan siang untuk pumping. kadang curi-curi waktu di jam kerja ketika kerjaan tidak menumpuk

Mengorbankan waktu istirahat dan makan siang untuk memerah demi buah hati. Kala teman-teman yang lain di makan siang, ibu malah merah. Kadang jika tidak bisa dilakukan di jam makan siang, ibu mencuri-curi waktu saat perkerjaan tidak terlalu banyak.

Menyenangkan jika kantorya menyediakan nursery room. Untuk yang tidak, kadang pumping harus di pantry, jika terpaksa harus di meja sendiri

Tidak semua kantor menyediakan nursery room  walaupun secara undang-undang mengharuskan. Ibu yang harus pumping tentu saja menyenangkan jika harus  nursery room. Jika tidak ada ada nursery room, kadang harus  pantry kantor atau di meja sendiri.

Selain tas untuk urusan kerjaan, satu tas perlatan ASI lagi yang wajib dibawan

Selain membawa tas untuk kerjaan kantor,  Ibu juga bawa satu tas lainnya. Tas ini wajib dobawa berisi pompa ASI,beberapa botol,cooler bag, blue ice dll. Tentu sangat melelahkan. Apalagi kalau harus naik kendaraan umum, di jakarta pula. ribetnya luar biasa.  tapi untuk persediaan ASI untuk sang buah hati, itu tetap dilakukan.

Panik dan Sedih jika tidak bisa pumping  karena kita tidak bisa meninggalkan urusan kantor

Jika sudah mendekati Waktunya pumping, tapi masih meeting. Waktunya pumping tapi kerjaan belum selesai. itu rasanya panik sekali, ada rasa sesak didada.

di Kantor menahan kantuk dan lelah luar biasa karena semalam harus begadang demi sang buah hati

Ngantuk di kantor adalah makanan hari-hari. di Kantor lelah karena sudah terlalu ribet dengan aktivitas rumah. Karena semalam sudah begitu sibuk untuk mengurus buah hati dan rumah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Parenting

Protein ASI Mungkin Bisa Cegah Penyakit Usus Berbahaya

Protein ASI Mungkin Bisa Cegah Penyakit Usus Berbahaya

Kesehatan Ibu & Anak

ASI Eksklusif Sudah Diatur oleh Negara, Ini Undang-Undang Kesehatan yang Mengatur Tentang ASI

UUDASI

ASI Eksklusif  sudah diatur oleh Negara.  Terdapat dalam Pengaturan mengenai pemberian air susu ibu (“ASI”) eksklusif diatur dalam Pasal 128 UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (“UU Kesehatan”)
Catatan AIMI tentang Pasal 128:
Tidak dijelaskan secara terperinci, apa sajakah kriteria “indikasi medis” yang dapat menyebabkan seorang ibu tidak dapat memberikan ASI. Dalam penjelasan hanya disebutkan bahwa indikasi medis ini ditetapkan oleh tenaga medis. AIMI menyarankan bahwa yang dimaksud dengan ”indikasi medis” tersebut hendaknya mengacu pada ketentuan World Health Organization (WHO) No. WHO/NMH/NHD/09.01 WHO/FCH/CAH/09.01 regarding Acceptable medical reasons for use of breast-milk substitutes tahun 2009.

UUDASI

Selain itu Pemberian ASI eksklusif juga telah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Kesehatan No. 48/MEN.PP/XII/2008, PER.27/MEN/XII/2008, dan 1177/MENKES/PB/XII/2008 Tahun 2008 tentang Peningkatan Pemberian Air Susu Ibu Selama Waktu Kerja di Tempat Kerja (“Peraturan Bersama”). Dalam Peraturan Bersama tersebut antara lain disebutkan bahwa Peningkatan Pemberian ASI selama waktu kerja di tempat kerja adalah program nasional untuk tercapainya pemberian ASI eksklusif 6 (enam) bulan dan dilanjutkan pemberian ASI sampai anak berumur 2 (dua) tahun (lihat Pasal 1 angka 2).

Kemudian, berdasarkan Peraturan Bersama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi bertugas dan bertanggung jawab mendorong pengusaha/pengurus serikat pekerja/serikat buruh agar mengatur tata cara pelaksanaan pemberian ASI dalam Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama dengan mengacu pada ketentuan Peraturan Perundang-undangan Ketenagakerjaan (lihat Pasal 3 ayat [2] huruf a).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top