Hiburan Anak

Hi Orang Tua, Kenali 5 Jenis Wisata untuk Anak, Tujuan dan Rekomendasinya

Di_Kampung_Main_Cipulir

Mecari tempat liburan untuk anak? Alternatifnya bisa ke taman, taman bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan untuk anak.  Selain taman, ada banyak tempat liburan anak yang bisa menjadi pilihan orang tua, bisa juga dilihat nih tempat liburan anak di Jakarta  .

 

Akan tetapi, sebelum merencakan liburan bersama anak, alangkah baiknya kenali terlebih dahulu 5 Jenis Wisata untuk Anak dibawah ini berserta Tujuan dan Rekomendasinya.

Wisata edukasi

Tujuan: Memperluas wawasan
Rekomendasi: Museum, Planetarium (Jakarta), Observatorium Bosscha (Bandung), Taman Pintar (Jogjakarta).

Sekarang saatnya kita menunjukkan kepada anak-anak secara langsung tempat-tempat yang biasa mereka lihat di buku. Dengan begitu, mereka akan mendapat pemahaman dan pengalaman nyata.

Wisata sehat

Tujuan: Mengajak anak-anak lebih banyak bergerak
Rekomendasi:Waterbom Park (Kuta, Bali), Outbondholic (Ancol, Jakarta), Kampung Main (Jakarta)

Meski tak hobi berolahraga atau lingkungan rumah kurang ramah, bukan berarti anak-anak boleh tinggal diam. Bagaimanapun, kegiatan fisik sangat penting bagi mereka. Para ahli dari Michigan State University, James M. Pivarnik, PhD, dan Karin A. Pfeiffer, PhD, menegaskan kita perlu mendorong anak untuk banyak bergerak, karena ini penting bagi kesehatan jantung, paru-paru, serta membentuk otot.

Wisata alam

Tujuan: Memperkenalkan anak pada kekayaan alam
Rekomendasi: Pulang ke kampung halaman, kebun binatang, kebun wisata Pasir Mukti (Bogor), Taman Wisata Mekarsari

Burung, serangga, sawah, pepohonan. Anak-anak pasti sudah hafal di luar kepala. Namun, pernahkah mereka melihat langsung dan menyentuh semuanya? Dengan memperkenalkan anak pada kekayaan flora-fauna sejak usia dini, mereka akan lebih menghargai dan terdorong untuk melestarikannya.

Wisata seni budaya

Tujuan : Mengajak anak memahami sejarah dan kekayaan seni-budaya
Rekomendasi: Menonton tari Kecak di Bali, Wisata Kota Tua (Jakarta), Sendratari Ramayana di Prambanan (Jawa Tengah)

Di_Kampung_Main_Cipulir

Kita beruntung tinggal di negeri yang memiliki warisan budaya beragam. Kita juga memiliki begitu banyak tempat bersejarah. Berkunjung ke tempat seperti ini membuat anak lebih menghayati pelajaran sejarah yang diajarkan di sekolah. Selain itu, mereka bisa lebih menghargai perbedaan.

Wisata kreatif

Tujuan: Mengasah kreativitas dalam menciptakan karya seni
Rekomendasi: Wisata keramik di Rumah Tanah Baru (Depok), workshop membatik (Museum Tekstil Jakarta), sentra pembuatan gerabah/tembikar Anjun Plered (Jatiluhur, Purwakarta)

Ada anak yang gampang bosan bila hanya diajak melihat-lihat saja. Rasa ingin tahunya yang tinggi membuat mereka ingin menciptakan sesuatu. Misalnya, saat melihat orang menari, dia jadi ingin menari sesuai gayanya. Untuk tipe anak seperti ini, kita bisa membawa mereka ke beberapa tempat yang juga membuka kursus singkat. Misalnya, membatik, membuat keramik, atau menggambar.

http://female.kompas.com/read/2011/07/04/18290218/5.Ide.Liburan.bersama.Anak

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hiburan Anak

Punya Banyak Waktu Bersama Anak? Ajak Saja Liburan Keliling Jakarta Saat Akhir Pekan

Menghabiskan waktu dengan keluarga jelas menyenangkan. Terutama untukmu yang sekarang sedang menikmati peran sebagai orangtua baru, rasanya setiap hari ingin rasanya pergi bersama si kecil. Tak perlu khawatir, selagi kamu menetap di Jakarta, sejatinya hal itu mudah kamu wujudkan. Sekalipun mungkin di hari biasa kamu akan disibukkan mengurusi keperluan keluarga, manfaatkan saja waktu di akhir pekan.

Ajak Si Kecil Berkunjung ke TMII Sekaligus Kenalkan Budaya Indonesia

Ini dia tempat yang dari dulu selalu jadi tujuan wisata warga Jakarta, bahkan destinasi ini juga populer bagi pengunjung dari luar Jakarta yang ingin berwisata di Jakarta. Hal ini terbukti dari ribuan pengunjung memadati tempat wisata ini, mayoritas terdiri dari anak-anak, kaum muda, dan orang tua.

child-childrens-baby-children-s

Tiket masuk ke TMII dibagi menjadi tiket pintu masuk perorangan normal yang terhitung untuk umur 3 tahun keatas Rp. 10.000/orang. Mengingat TMII ini merupakan tempat wisata yang cukup luas, akan lebih menyenangkan kalau bisa mengelilingi tempat ini dengan kendaraan pribadi. Penting diingat, jam operasional TMII adalah buka pada Pkl. 07.00 WIB sampai Pkl. 22.00 WIB.

Kalau Untukmu dan Buah Hati yang Ingin Berkeliling Taman Hiburan, Mungkin Taman Impian Jaya Ancol Bisa Jadi Pilihan Menarik

Nah untukmu yang lebih suka berkeliling taman hiburan sembari melihat pemandangan pantai, datang saja ke taman Impian Jaya Ancol tepatnya. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam tempat yang bisa kamu pilih untuk rekreasi. Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di Jakarta Utara, dan untuk dapat mencapai tempat ini juga sangat mudah karena kamu bisa naik kendaraan pribadi ataupun alat transportasi umum.

ancol
Tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol yaitu sebesar Rp 25.000/orang. Untuk menikmati kawasan tertentu, kamu masih harus membayar biaya tambahan. Tapi jangan khawatir, ada juga beberapa kawasan yang dapat kamu nikmati secara gratis.

Latih Si Kecil Untuk Tak Takut Ketinggian dengan Menikmati Pemandangan Apik dari Puncak Monas

Tempat yang paling ikonik ini bisa jadi pilihan saat kamu dan buah hati ingin berjalan-jalan santai tapi sekaligus pelesiran ke pusat kota. Monumen ini terbuka untuk umum dan buka setiap hari dari Pukul 08.00 hingga Pukul 15.00 WIB, kecuali pada Senin pekan terakhir setiap bulan biasanya ditutup untuk umum.

monas
Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, sebab untuk harga tiket masuknya, hanya dikenakan biaya Rp 5.000 per orang. Namun kalau kamu ingin mencapai puncak Monas, dikenakan biaya tambahan yaitu Rp 10.000 per orang. Murah meriah, bukan?

Sementara Untukmu yang Memburu Sore Hari Nan Santai, Coba Saja Sambangi Area Kota Tua

Ada sejumlah tempat historis di kawasan Kota Tua, seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah, dan masih banyak lagi museum yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta. Kamu punya banyak pilihan kalau menyambangi tempat ini.

kota tua

Selain itu, tidak hanya tempat-tempat historis, kamu juga dapat menikmati kuliner bersama si kecil dengan menyempatkan berkunjung ke Cafe Batavia atau Cafe Gazebo, serta kamu dapat menikmati aneka jajanan seperti gado-gado, soto, hingga kerak telor khas Jakarta.

Agar Lebih Seru Coba Ajak Berkendara Dengan Motor

Naik mobil mungkin nyaman, namun kalau anak sudah beranjak besar tak ada salahnya untuk mengajaknya jalan-jalan mengisi liburannya dengan naik motor. Sensasinya akan terasa berbeda, karena si kecil akan bersentuhan langsung dengan sekitarnya ketika dalam perjalanan. Ia jelas akan lebih banyak bicara menghadapi situasi jalanan secara langsung.

Tapi untuk mengajak si kecil tentunya diperlukan motor yang menjamin kenyamanannya. Salah satu yang bisa dijajal adalah Suzuki NEX II Sebagai keluaran terbaru, Suzuki NEX II tampil lebih besar dari generasi sebelumnya. Dari segi panjang, Nex II berukuran 1.890 mm, dengan lebar 675 mm dan tinggi 1.045 mm. Sedangkan generasi pertamanya, Nex, memiliki panjang  1.850 mm, lebar 665 mm, dan tinggi 1.035 mm. Meskipun berukuran lebih besar dari pendahulunya, Nex II masih memiliki prinsip sebagai kendaraan roda dua yang berukuran kompak dan ramping.

nex stronger red

Demi menunjang sisi kenyamanan pengendara, Suzuki pun melakukan perubahan pada posisi jok motor, agar rasa pegal saat riding tidak lagi menjadi musuh utama setiap pengendara. Nah, lebar jok dan panjang jok pun ditingkatkan, yang semula 240 mm dan 620 mm di Nex, menjadi 250 dan 690 untuk bagian lebar dan panjang pada Nex II. Tentunya membonceng anak akan lebih nyaman dengan komposisi macam ini. Ditambah lagi pijakan kaki alias floor boardingnya juga dilebarkan sehingga kaki bisa leluasa selama perjalanan

Menyalakan motor juga sudah dipermudah dengan sudah disematkannya teknologi Suzuki Easy Start System. Sistem kelistrikan ECU-nya akan memastikan listrik tetap stabil sampai motor menyala. Jadi tak ada lagi kekhawatiran motor akan susah hidup dalam kondisi dingin.

nex elegant premium blue

Sebagai pilihan Suzuki NEX II hadirkan 5 varian menarik, yakni Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium, Elegant dan Standard. Setiap varian dibedakan dari pilihan kelengkapan fitur dan aksesoris yang dimiliki.

1. Suzuki NEX II Standard
Varian NEX II Standard merupakan varian paling dasar dari seluruh pilihan yang tersedia di NEX II. Dibekali kelengkapan fungsional untuk keperluan sehari-hari yang ekonomis dan praktis. NEX II Standard tersedia dalam warna brilliant white, stronger red dan titan black.

2. Suzuki NEX II Sporty Runner
Menggambarkan ekspresi generasi muda yang sporty dan aktif. NEX II Sporty Runner dilengkapi dengan LED Headlight, USB Charger, Sporty Body Striping Set, Meter Visor, Cover Muffler + Hole dan Rim Decal. NEX II Sporty Runner tersedia dalam warna brilliant white, stronger red dan titan black.

3. Suzuki NEX II Fancy Dynamic
Terinspirasi dari kedinamisan dan kreatifitas generasi muda yang stylish, NEX II Fancy Dynamic dibekali fitur LED Headlight, LED Lamp Line, USB Charger, Dynamic Body Striping Set dan Rim Decal.

4. Suzuki NEX II Elegant
Varian NEX II Elegant merupakan pilihan yang lebih ekonomis dan fungsional dengan warna yang tetap mewah yaitu mat stellar blue dan solid black. NEX II Elegant menjadi pilihan bagi yang ingin mulai menunjukkan jati dirinya dengan cara yang mudah.

5. Suzuki NEX II Elegant Premium
Mewakili karakter berkelas, NEX II Elegant Premium dilengkapi dengan LED Headlight, USB Charger, Floorboard Guard dan Cover Muffler. Warna tampilan pun berbeda dan lebih mewah dengan pilihan mat stellar blue dan solid black.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Parenting

Bumi Semakin Tua, Ajak Si Kecil Peduli Lingkungan Mulai Dari Sekarang Bun

pexels-photo-193035

Banyak hal yang bisa kita tanamkan pada anak untuk bekal hidupnya kelak, salah satunya kepedulian terhadap lingkungan. Tentang bagaimana pemanasan global bisa memberikan pengaruh buruk pada kondisi bumi yang kita tinggali. Disamping itu si kecil juga perlu memahami bahwa kondisi lingkungan yang semakin buruk akan membunuh bumi secara perlahan. Dan sebagai anak yang akan bertumbuh semakin besar, si kecil akan menjadi sosok yang sangat berperan untuk hal ini.

Mulailah Dari Hal Kecil, Beri Pemahaman Pada Buah Hati Untuk Membuang Sampah Pada Tempatnya

Poin ini akan menjadi hal dasar untuk menanamkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Tunjukkan sikap yang memperlihatkan bahwa kita harus membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu buah hati pun akan mulai belajar untuk meniru sikap Bunda.

Selain itu kita juga perlu memberinya pemahaman akan bahaya membuang sampah sembarang. Pakailah objek nyata yang bisa kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Tentang bagaimana sampah yang dibuang di sungai dengan sembarangan akan mengakibatkan banjir. Pada momen tersebut, Bunda dapat sekaligus melatih buah hati untuk dapat membedakan jenis-jenis sampah yang ada. Jika si kecil sudah terbiasa sejak dini untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, hal ini akan menjadi kebiasaan yang akan selalu terbawa, bahkan hingga kelak ia dewasa.

Berikan Ruang Untuk Melakukan Beberapa Aktivitas Di Alam Bebas

Ada banyak hal yang sedang digalang oleh orang-orang untuk menanggulangi kondisi bumi. Kesempatan ini bisa kita gunakan untuk memberinya pemahaman pada buah hati. Kita bisa mengajak si kecil untuk ikut serta berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di alam bebas, misalnya menanam pohon. Beri tahu mereka bahwa setiap pohon sangat berperan dalam menopang bumi dan kehidupan manusia.

Pemahaman Untuk Peduli Terhadap Kelestarian Hewan Juga Harus Diajarkan

Mengajari si kecil untuk selalu berlaku baik terhadap orang lain dan lingkungan adalah penting yang memang harus diajarkan. Namun seringnya kita lupa untuk menyertakan kepedulian pada hewan sebagai faktor penting yang harus disematkan. Meski terdengar sepele, hal ini jadi faktor penting yang akan membantu buah hati untuk mengerti pentingnya menjaga kelestarian hewan.

Bunda Bisa Mengajak Buah Hati Untuk Berkreasi Dengan Barang-barang Bekas

Barang atau sampah anti lingkungan bisa kita jadikan objek untuk mengajari si kecil berkreasi dan mengembangkan imajinasinya. Selain memberinya kesenangan akan kegiatan yang dia lakukan, hal ini juga akan membuatnya sadar pentingnya menjaga lingkungan dari sampah yang sulit di uraikan oleh tanah, dan mengurangi pemakaian barang-barang anti lingkungan.

Ajak Dirinya Untuk Mulai Berhemat Pada Beberapa Hal Penting Yang Akan Membantu Kelestarian Lingkungan

Untuk kegiatan yang satu ini kita bisa melakukannya dari hal kecil yang dekat dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya dengan berhemat agar tidak terlalu konsumtif akan pengeluaran dan sumber daya alam yang ada. Salah satunya berhemat dalam hal pemakaian listrik yang sedang banyak dikampanyekan oleh media.

Kita bisa menjelaskan pada buah hati dengan cara yang sangat sederhana tentang apa yang akan terjadi dimasa depan bila memakai listrik dan air yang secara berlebihan. Untuk itu kita perlu mengoptimalkan pemakaian barang-barang elektronik sesuai dengan aturan dan porsinya. Ajak mereka untuk terbiasa mematikan segala barang elektronik yang tidak sedang dipakai. Buatlah hal tersebut semenarik mungkin sehingga menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Bunda Juga Harus Menjadi Contoh Yang Baik Dengan Menjadikan Semua Hal Tersebut Mudah Dipahami Oleh Si Kecil

Membuat si kecil mengerti dan paham akan pentingnya menjaga lingkungan jadi bagian tersulit yang akan kita hadapi. Sebisa mungkin kita harus bisa menjelaskannya dengan bahasa dan contoh yang mudah untuk dipahaminya. Meski ini adalah permasalahan yang cukup kompleks, percayalah mereka bisa dengan mudah memahaminya.

Kita juga harus jadi contoh yang baik untuknya. Karena segala sesuatu yang kita ajarkan padanya akan dengan senang hati dilakukan jika diikuti dengan contoh nyata. Dengan demikian dirinya akan tumbuh jadi seseorang yang peduli terhadap lingkungannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hiburan Anak

Tips jika Traveling Membawa Anak, untuk Liburan Seru yang Menyenangkan

travelingbersamaanak

Traveling  bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak, namun ada kalanya orangtua menganggap bahwa traveling membawa anak-anak pasti akan sangat merepotkan.  Apalagi jika anak-anak yang dibawa tidak cuma satu dan masih kecil atau balita.

Pasti sudah terbayangkan bagaimana nanti harus mengurusi anak di sepanjang perjalanan.  Mungkin ada yang rewel karena mengantuk, minta makan atau susu, ingin buang air kecil atau bahkan BAB.

Wah, pasti repot sekali!  Sebelum Anda urung mengajak anak-anak untuk traveling, sebaiknya simak dulu tips yang bisa dicoba jika traveling membawa anak berikut ini.

Persiapan sebelum traveling

Persiapan sebelum berangkat tentu sangat penting karena kalau tidak dipersiapkan baik-baik bisa saja terveling yang sudah direncanakan jauh-jauh hari berantakan begitu saja.  Persiapan yang paling penting adalah kesehatan anak-anak.

Jangan sampai anak-anak justru demam atau sakit selama di perjalanan sehingga traveling yang rencananya mau menikmati kegembiraan malah berganti kekhawatiran.

Menjaga kesehatan anak dengan memenuhi kebutuhan gizinya tentu bukan hanya dilakukan ketika akan melakukan traveling saja, tetapi wajib dilakukan sehari-hari.  Nah, jika akan bepergian maka penting bagi orangtua untuk mempersiapkan fisik anak agar tetap fit dan tidak gampang sakit.

Salah satunya bisa dengan memastikan bahwa anak-anak cukup istirahat dan tidak sedang kelelahan ketika akan berangkat traveling.  Pastikan juga untuk memilih tujuan traveling yang ramah anak ya!

Persiapan yang berhubungan dengan packing

Traveling membawa anak tentu membutuhkan banyak persiapan terkait barang bawaan yang akan dibawa.  Persiapan packing dengan membuat daftar barang yang akan dibawa sangat penting, karena bisa saja barang yang ketinggalan tidak mudah didapatkan di perjalanan atau di tempat tujuan.  Sehingga sangat penting untuk dipersiapkan dengan detail dan teliti.

Persiapan ketika melakukan packing juga harus disesuaikan dengan beberapa hal, yaitu berapa lama perjalanan akan dilakukan, ke mana tujuan traveling Anda bersama anak-anak, usia anak-anak yang akan diajak traveling, dan jenis transportasi yang digunakan.

Tentunya perbedaan usia anak-anak yang akan diajak traveling akan membuat daftar barang bawaannya berbeda juga kan?

Daftar barang yang harus dibawa ketika traveling membawa anak

Ada beberapa barang yang wajib dibawa ketika memutuskan traveling bersama anak, dan berikut ini adalah contoh daftar barang yang harus dibawa:

  • Pertama tentu saja tiket atau dokumen lainnya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan.  Tanpa kelengkapan dokumen maupun tiket perjalanan, tentu saja perjalanan yang sudah direncanakan bisa batal begitu saja.
  • Barang lain yang wajib dibawa ketika traveling membawa anak adalah susu.  Jika anak masih mendapatkan susu ekslusif maka sebaiknya membawa stok ASI yang sudah disimpan dalam botol agar lebih praktis, demikian juga dengan susu fomula.  Akan merepotkan jika menganggap bahwa nanti bisa membeli di tempat tujuan, sementara belum tentu Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk susu formula tersebut.
  • Berbagai jenis makanan, minuman dan perlengkapannya untuk bekal di perjalanan juga penting disiapkan, agar anak-anak bisa tetap ngemil di perjalanan, sedikit terhibur dan tidak bosan atau rewel selama di perjalanan.  Selain makanan dan minuman, jangan lupa juga membawa mainan kesukaan anak untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu anak Anda mulai bosan atau bahkan menanyakan mainan kesukaannya.
  • Barang lainnya yang wajib dibawa ketika traveling mengajak anak adalah pakaian dan alas kaki.  Pemilihan jenis pakaian bisa di sesuaikan dengan tempat yang akan dituju, sebagai contoh jika akan berlibur di pantai maka pakaian yang dikenakan pun harus sesuai dengan keadaan pantai yang cenderung panas.  Seperti pakaian yang berbahan tipis dan menyerap keringat, topi, tabir surya yang aman untuk anak dan perlengkapan lainnya yang mendukung.  Demikian juga jika akan traveling ke tempat yang bersuhu dingin, tentu jenis pakaian yang dibawa bisa menyesuaikan.
  • Jangan lupa juga untuk membawa vitamin dan obat-obatan yang penting sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu kondisi fisik anak menurun akibat kelelahan atau perubahan cuaca yang ekstrem.  Contoh obat yang perlu dibawa antara lain adalah obat demam, obat luka atau antiseptik, minyak kayu putih, lotion anti nyamuk, dan obat gigitan serangga.
  • Perlengkapan mandi juga menjadi barang yang wajib masuk dalam daftar bawaan ketika traveling membawa anak.  Mulai dari sabun, shampo bayi, pasta gigi, sikat gigi, handuk untuk anak hingga baby cream jangan sampai lupa untuk dibawa.   Jangan lupa juga untuk membawa diaper atau popok sekali pakai jika anak Anda masih menggunakan popok.
  • Kantong plastik kecil adalah barang sepele yang juga wajib dibawa karena bisa sangat berguna selama di perjalanan.  Sebagai contoh, untuk tempat pakaian kotor atau popok kotor yang akan dibuang nantinya.
  • Baby carrier atau stoller juga bisa dibawa untuk membantu anak selama liburan agar tidak merasa lelah ketika diajak jalan-jalan.

Selain itu, berbagai perlengkapan elektronik seperi ponsel, charger, power bank, dan kamera tidak boleh dilewatkan begitu saja.  Traveling membawa anak tentu akan menjadi kenangan sepanjang masa dengan merekam berbagai momen seru menggunakan kamera.  Nah, tunggu apalagi jangan biarkan traveling Anda tertunda hanya karena takut membawa anak turut serta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hiburan Anak

6 Tempat Liburan Anak di Jakarta

liburan anak, tempat liburan anak di jakarta

Liburan di Jakarta ada banyak pilihan untuk mengajak si kecil. Mal dan museum bisa jadi alternatif. Selain juga taman wisata seperti Ancol Taman Impian dan Taman Mini Indonesia Indah. Pilihan lain adalah Taman Margasatwa Ragunan.

liburan anak, tempat liburan anak di jakarta Tempat-tempat wisata di atas seakan destinasi wajib saat liburan di Jakarta, terutama bagi wisatawan dari luar daerah. Padahal, ada pula tempat-tempat wisata lainnya yang cocok untuk si kecil.

Kidzania. Wahana permainan ini berada di Lantai 6, Mal Pacific Place, Sudirman, Jakarta Selatan. Ada 71 paviliun yang setiap paviliun mewakili ratusan profesi mulai dari dokter, wartawan, polisi, hingga pemadam kebakaran.

Tempat ini ibarat kota lengkap dengan gedung-gedungnya. Pengunjung yang merupakan anak-anak menjadi pemeran utama dengan melakukan aneka profesi tersebut. Mereka menjalani profesi lengkap dengan perlengkapan dan seragam.

Tiket masuk di kisaran Rp 100.000-Rp 180.000 pada masa liburan, tergantung usia anak. Kidzania berlaku untuk anak-anak mulai dari 2 hingga 16 tahun. Ada dua sesi waktu, yaitu sesi 1 pada 9.00-14.00 dan sesi 2 pada jam 15.00-20.00. Datanglah di jam-jam sesi tersebut.

Phinisi Edutainment Park. Taman bermain ini berada di Lantai 9 dan 10, Mall Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. Di tempat ini, anak-anak bisa mengikuti kelas-kelas yang mengajarkan kebudayaan Indonesia.

Si kecil bisa belajar wayang, membatik, dan menari.  Setiap kelas, anak-anak akan dipandu oleh Children Attendance. Tempat ini cocok untuk anak usia 4 hingga 16 tahun. Tarif pada musim liburan mulai dari Rp 100.000-Rp 130.000.

Galeri Indonesia Kaya. Tempat ini berada di Lantai 8, West Mall Grand Indonesia Shoping Town, Jakarta Pusat. Sebenarnya, tempat ini galeri seni multimedia dan tempat pertunjukan. Tempat ini cocok untuk segala umur.

Mulanya, pengunjung disambut dengan orang berpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia yang muncul di layar multimedia. Selain itu ada pula video mapping wayang kulit. Lalu layar sentuh menampilkan obyek budaya dan wisata dari Indonesia.

Memang tempat ini ada banyak multimedia layar sentuh. Tak sedikit multimedia ini merupakan interaktif. Seperti pengunjung bisa berfoto dengan pakaian adat digital lalu diunggah ke sosial media. Ada pula permainan tradisional interaktif.

Sky Rink Jakarta. Tempat ice skating atau seluncuran es ini memang sudah ada sejak lama. Arena seluncuran es ini berada di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Tiket di masa liburan adalah Rp 70.000 untuk dua jam.

Harga tersebut sudah termasuk penyewaan sepatu. Namun belum termasuk biaya pelatihan maupun sewa sarung tangan dan kaus kaki. Jam buka dari 9.00 sampai 21.30. Akan tetapi ada hari-hari tertentu yang jam tutupnya lebih awal.

Planetarium. Planetarium Jakarta berada di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Tempat ini terbilang jadul karena sudah berdiri sejak 1969 dan salah satu tempat wajib dikunjungi anak-anak saat di Jakarta.

Di tempat ini, si kecil bisa menonton pertunjukkan teater bintang. Dengan narasi, anak-anak bisa melihat rasi bintang sampai meteor jatuh ke bumi. Anak-anak pun bisa belajar mengenai tata surya.

Tiket masuk terbilang murah hanya Rp 3.500 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk dewasa. jam pertunjukan untuk umum 16.30 di hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Sementara di hari Jumat pada pukul 16.30-17.30. Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu di pukul 14.30-15.30.

Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara Cibubur. Taman Lalu Lintas ini berada di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Taman yang tergolong luas dan terawat ini ibarat kota kecil. Tak sekedar lampu lalu lintas dan rambu-rambu tetapi ada pula stasiun kereta api sampai miniatur kota.

Si kecil bisa berkeliling taman ini sambil belajar mengenai lalu lintas. Selain dengan menyewa sepeda, juga bisa naik mobil-mobilan untuk anak-anak. Taman ini buka untuk umum hanya di akhir pekan.

 

Travel.kompas.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top