Parenting

Dear Ayah, Jangan Terlalu Sibuk. Tolong Luangkan Sedikit Waktu Untuk Bermain Dengan Anakmu!

ayahdekatanak

Posisi seorang ayah sebagai kepala rumah tangga membuatnya tak bisa meninggalkan pekerjaan begitu saja. Bahkan sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bekerja. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa banyak ayah yang kesulitan untuk menghabiskan waktu bersama anak.

Padahal bermain dengan anak akan menjadi momen berharga yang akan lekat pada ingatan mereka. Meski begitu kadang orangtua pun memiliki alasan tersendiri yang membuatnya tidak memiliki banyak waktu untuk anak-anaknya.

Kesibukan Kerap Kali Menjadi Alasan Terbesar Orangtua Hingga Tidak Sempat Bermain Dengan Anaknya

Kesibukan menjadi penyebab utama kebanyakan orang tua tidak sempat bermain-main dengan anaknya. Tuntutan pekerjaan yang harus membuat ayah harus bekerja membanting tulang dari pagi sampai malam, kerja lembur, tugas luar kota, dan kegiatan lainnya membuat hampir seluruh waktunya tersita. Ketika sampai di rumah, tubuhnya pun sudah capek dan tidak fit lagi. Tidak ada lagi yang ingin dilakukannya selain beristirahat, santai sambil nonton TV, dan aktivitas ringan lainnya.

Hal ini tidak salah karena memang sudah menjadi tuntutan kehidupan saat ini. Tapi jika anda sebagai ayah mau meluangkan waktu kosongnya sedikit saja untuk bermain bersama anak-anaknya, maka situasi pun bisa berubah. Dengan demikian hubungan antara ayah dengan anaknya pun akan lebih dekat

Kondisi Kesehatan Juga Bisa Menjadi Penyebabnya

Faktor kesehatan pun menjadi penyebab orangtua untuk tidak bisa bermain dengan anak-anaknya. Kondisi kesehatan seperti kelelahan, sakit punggung, encok, dan lain sebagainya serin gkali menyebabkan orangtua tidak bisa menemani anak-anaknya bermain. Selain itu, depresi, stres, dan juga frustasi juga menjadi penyebab lain mengapa para ayah tidak memiliki waktu untuk bermain dengan anaknya.

Sebenarnya jika mereka mau, maka hal itu bukanlah menjadi soal. Minum obat dan sedikit istirahat bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kebugaran tubuh anda agar bisa bermain-main bersama anak. Bermain bersama mereka justru menjadi obat yang paling mujarab untuk keluhan anda tersebut, terutama keluhan yang menyangkut kondisi fikiran dan emosi.

Padahal Ayah Memiliki Peranan Penting Dalam Perkembangan Anak Loh!

Begitu besarnya peran ayah dalam kehidupan seorang anak. hasil penelitian menyatakan bahwa seorang ayah yang penuh kasih sayang, memiliki peran, dan mendukung anaknya, maka hal itu akan menunjang daya fikir, bahasa, dan sosial. Disamping itu, kepedulian ayah juga akan berpengaruh pada prestasi anak, autentisitas, martabat, dan juga perasaan sejahtera si anak. Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang positif untuk perkembangan anak. Lalu bagaimana bisa seorang ayah acuh tak acuh pada hubungan tersebut jika pengaruhnya saja begitu besar.

Hingga Dewasa Pun Anak Laki-laki Dan Perempuan Sangat Membutuhkan Figur Ayah

Hubungan antara ayah dengan anaknya akan berpengaruh pada seluruh hidup dari anak tersebut, mulai dari lahir sampai mati, termasuk hubungan antara si anak dengan pasangan hidup dan juga terhadap teman-temannya. Hal ini akan terjadi dalam waktu yang lama atau bisa juga untuk selamanya. Anak perempuan akan mencari pasangan hidupnya yang memiliki sifat-sifat seperti ayahnya. Pengalaman indah yang sudah dia lewati bersama ayahnya itulah yang ingin dia rasakan selamanya. Figur ayah yang selalu melindungi, bisa menjadi teladan, dan sifat-sifat baik lainnya akan dijadikan pertimbangannya ketika memilih pasangan hidupnya.

Sedangkan bagi anak laki-laki, figur ayah adalah teladan yang baik. Mereka akan selalu mencari persetujuan ayah dalam segarla hal. Selain itu, sifat-sifat yang selama ini ditunjukan oleh seorang ayah juga akan ditiru oleh anaknya.

Mengingat Begitu Besarnya Pengaruh Seorang Ayah Pada Kehidupan Anak, Mulai Sekarang Luangkan Sedikit Waktu Anda Untuk Buah Hati!

Anak-anak sangat peka terhadap perilaku yang dicontohkan oleh orangtuanya. Perilaku yang anak tampilkan di rumah adalah cerminan dari apa yang dia dapatkan dari keluarganya. Anak perempuan yang dekat dengan ayahnya akan cenderung pandai untuk mengerjakan soal-soal matematika. Sedangkan anak laki-laki yang dekat dengan ayahnya akan cenderung memiliki prestasi yang baik. Untuk itu, jangan sia-siakan waktu anda bersama anak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top