Parenting

Bunda, Yuk Buat Suasana Hari Libur Di Rumah Jadi Menyenangkan Dengan Ide Kreatif Ini!

happy child2

Sebagai orangtua kadang kita bingung saat hari libur telah tiba, namun belum juga menemukan kegiatan yang sekiranya menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga. Hal itu jugalah yang menyebabkan anak menjadi bosan dan tidak nyaman berada di rumah saat liburan mulai tiba. Terlebih jika orangtua malah lebih asyik bermain gadget saat hari libur.

Jika hal itu dibiarkan terlalu lama akan berdampak tidak baik bagi perkembangan anak dan kedekatan antara anak dengan orang tua. Oleh karena itulah, orangtua harus kreatif dalam memilih ide untuk menikmati liburan di rumah bersama keluarga agar anak betah dan nyaman di rumah. Lalu, ide kreatif apa yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan bersama anak?

Ajaklah Si Kecil Untuk Berolahraga

Jika liburan akhir pekan atau liburan panjang mulai tiba, cobalah anda sebagai orang tua untuk selalu mengajak si kecil melakukan olahraga. Anda bisa mengajaknya jalan-jalan mengitari rumah, ikut senam pagi, atau berlari-lari di sebuah lapangan. Tentu dengan begitu anak anda akan merasa senang dan tidak akan bosan menikmati liburan bersama anda. Jadi lebih sehat juga tentunya.

Memasak Bersama Anak Dihari Libur Akan Membuat Si Kecil  Senang

Anda juga bisa mengajak anak untuk memasak di dapur. Mintalah si kecil untuk membantu memasak anda dengan memintanya untuk mengambilkan benda-benda yang yang ringan, seperti mengambilkan bumbu, mangkuk, mengupas bawang dan masih banyak lagi. Dengan begitu anak anda akan merasa senang dan tidak merasa bosan lagi saat menghabiskan liburan di rumah. Anak pun jadi terbiasa membantu anda.

Menggambar Dan Mewarnai Pun Tak Kalah Menyenangkan

Mengajak si kecil untuk menggambar dan mewarnai merupakan ide yang kreatif yang bisa dilakukan  untuk menikmati liburan bersama anak di rumah. Anda sebagai orangtua bisa mencari gambar yang menarik maupun lucu untuk diwarnai. Dengan begitu anak anda akan merasa bahagia karena bisa menggambar dan mewarnai dengan ditemani oleh orangtuanya saat hari libur. Jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi saat anak telah berhasil menyelesaikan karyanya.

Agar Si Kecil Peduli Pada Lingkungannya, Libatkan Dia Dalam Aktivitas Berkebun!

Jika memiliki taman atau kebun yang ada di rumah, anda bisa mengajaknya untuk menanam tanaman, menyiram tanaman, mencabut rumput dan membersihkan kebun. Dengan anda melatih hal tersebut pada anak maka si kecil akan dapat mengenali berbagai jenis tanaman dan juga cara menanamnya. Mengajak anak berkebun pun akan membuat dia mencintai alam.

Ajak Anak Untuk Merasakan Keseruan Permainan “Mencari Harta Karun”

Mencari harta karun ini merupakan permainan yang sangat menyenangkan. Pasti anak anda akan merasa senang jika diajak untuk berpetualang mencari harta karun. Apa lagi jika anak anda laki—laki, dia akan begitu senang dan antusias.

Anda bisa memulai permainan ini dengan menanyakan pada si kecil, “Nak, benda apa yang kamu inginkan di dunia ini?”. Jika dia telah menjawabnya, maka kita tinggal mengatur bagaimana permainan tersebut bisa berjalan seseru mungkin. Letakkan barang yang diinginkan anak tersebut di tempat tersembunyi, namun masih tetap dalam jangkauan anak. Pastikan juga  untuk meletakkan benda tersebut di tempat yang tidak membahayakan anak. Kita sebagai orangtua pun ikut berpetualang bersama mereka supaya terlihat seru dan asyik.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa menikmati hari libur di rumah pun bisa terasa menyenangkan, asal orangtua jeli mencari ide-ide kreatif. Selamat mencoba Bunda!

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Bunda, Yuk Buat Suasana Hari Libur Di Rumah Jadi Menyenangkan Dengan Ide Kreatif Ini! – MamaPedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top