Parenting

Bunda, Tidur Cukup Sangat Penting Untuk Pertumbuhan Anak. Ini Bahayanya Bila Anak Kurang Tidur

sleepy1

Seringkali orangtua kurang memperhatikan waktu tidur anak-anaknya. Di jaman seperti sekarang ini, banyak sekali faktor yang menyebabkan jam tidur anak berkurang, mulai dari faktor keluarga seperti kurang disiplinnya orangtua dalam memberlakukan jam tidur bagi anak hingga keasyikan si kecil bermain gadget.

Padahal idealnya anak tidur antara 9 – 11 jam per harinya. Ada 1 dari 5 anak jaman sekarang yang mengalami masalah kurang tidur ini. Dampak kurang tidur ini akan lebih terlihat jelas pada anak perempuan dibandingkan dengan anak laki-laki.

Kurang Tidur Pada Anak Dapat Berpengaruh Pada Perkembangan Otaknya

Sebagaimana hasil dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Human Neuroscience menyatakan bahwa kurang tidur pada anak dapat berpengaruh pada perkembangan otaknya. Penelitian tersebut dilakukan oleh dua orang profesor, Universitas Brown, Profesor dari Universitas Boulder Colorado dan juga Universitas Zurich. Menurut Salome Kurth, yaitu seorang peneliti dari University Hospital of Zurich menyatakan bahwa kemungkinan proses tidur akan melibatkan penyambungan saraf-saraf pada otak anak-anak. Kondisi tersebut jelas berpengaruh pada kematangan otak.

Juga Mampu Membuat Otak Anak Bekerja Lebih Lambat, Perkembangannya Pun Jadi Terhambat

Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa kebutuhan tidur ada pada otak belakang anak. Penelitian yang dilakukan terhadap 13 anak-anak usia antara 5 – 12 tahun menunjukkan bahwa waktu tidur yang singkat akan membuat otak anak-anak lebih lambat pada area otak belakangnya.

Hal itu berdampak cukup besar karena pada bagian otak belakang anak inilah yang memiliki fungsi untuk pergerakan, merencanakan, dan kemampuan-kemampuan spesial. Selain itu, kekurangan tidur pada anak juga akan mempengaruhi kadar myelin. Hal ini membuat otak anak bekerja lebih lambat dan dampaknya perkembangannya pun akan terhambat.

Bahkan Kurang Tidur Bisa Membuat Kemampuan Kognitifnya Jadi Tak Optimal

Sementara penelitian yang sama dilakukan di Inggris. Penelitian tersebut melibatkan 11 ribu anak-anak yang berusia 7 tahun. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada anak-anak yang memiliki kebiasaan tidur tidak teratur atau yang tidurnya diatas jam 21 malam memiliki skor membaca dan kemampuan matematika yang rendah. Hal itu disebabkan karena kemungkinan kurang tidur membuat ritme tubuh terganggu dan menghambat otak untuk menerima informasi terbaru.

Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Amanda Sacker University College London menyebutkan bahwa anak-anak yang memiliki waktu tidur tidak teratur merupakan refleksi dari kondisi keluarga yang kacau. Dampaknya hal itu berpengaruh pada kemampuan kognitifnya.

Daya Tubuh Yang Melemah Pun Ikut Menjadi Bagian Dari Akibat Kurang Tidur

Sementara Dr. Arifianto, SpA. dari Rumah Sakit Pasar Rebo mengungkapkan bahwa anak yang kurang tidur akan berdampak pada daya tahan tubuhnya. Anak-anak yang memiliki jam tidur yang teratur akan memiliki tubuh segar dan bugar sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hasil berbagai penelitian di atas jelas bahwa kurang tidur pada anak akan berakibat kurang baik. Beberapa orang pun mengaitkan antara buruknya mental seseorang dengan jadwal tidur yang tidak teratur.

Lantas Apa Yang Bisa Dilakukan Orangtua Agar Anaknya Bisa Tidur Teratur?

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendorong anak memiliki tidur yang teratur. Anda bisa menganjurkan mereka untuk berolahraga setidaknya 60 menit perharinya. Selain menyehatkan, olahraga juga akan menguras energi sehingga membuat tubuh membutuhkan waktu tidur yang lebih lama.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan meminta anak untuk menghindari minuman berkafein. Seperti kita tahu bahwa minuman berkafein seperti kopi akan menjauhkan rasa kantuk. Hal ini tentunya membuat waktu tidur pun menjadi berkurang.

Cara terakhir untuk membuat pola tidur anak yang teratur adalah tidak membiasakan anak untuk mengonsumsi makanan, terutama camilan manis sebelum tidur. Cara-cara tersebut dapat anda lakukan untuk menjadikan waktu tidur anak anda menjadi teratur dan kualitasnya pun jadi meningkat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top