Sponsored Content

Bunda, Perhatikan Hal Ini Ketika Memilih Jajanan Untuk Si Kecil Ya

Seiring perkembangannya, si kecil mulai ingin mencoba makanan ini dan itu. Sementara bunda pasti punya kekhawatiran memberikan jajanan yang tak sehat buat si kecil.

Sebetulnya tak terlalu rumit untuk bisa memisahkan mana jajanan yang baik dan mana yang tidak. Bunda hanya perlu melakukan dan mengajarkan hal-hal sederhana kepada buah hati.

Ajarkan Anak Untuk Memilih Tempat Membeli Jajanan Yang Baik

Penting untuk mengajarkan anak, di mana tempat membeli jajanan yang baik. Bunda bisa mencontohkan dengan mengajaknya membeli makanan atau minuman bersama.

jajanan

Hindari membeli jajanan yang tidak dalam kemasan dan dijual di tempat yang terbuka. Penting untuk memilih tempat yang bersih, tidak terkena matahari langsung serta tidak terkena hujan. Perhatikan juga apakah tempat tersebut berdekatan dengan jalan yang banyak debu dan asap kendaraan bermotor.

Hati-Hati Dengan Warna Yang Tidak Natural

Hati-hati dengan jenis makanan murah yang biasanya mengandung bahan pangan sintesis berlebihan atau bahkan bahan pangan berbahaya. Cermati bila bahan makanan itu memiliki warna yang cerah dan mencolok karena besar kemungkinan mengandung pewarna non makanan.

permen

Pastikan Sumber Informasi Bunda Akurat

Melengkapi diri dengan banyak informasi memang baik. Tapi harus diperhatikan juga sumber informasi yang bunda miliki. Karena tidak semua berita yang kita terima itu benar adanya.

Ambil contohnya Permen Pindy Susu. Si kecil pasti suka sekali dengan permen satu ini. Karena permen ini memiliki 3 rasa, yaitu susu, coklat and strawbery. Teksturnya yang lembut juga membuat anak nyaman menikmatinya.

pindy

Sementara kemarin sempat beredar isu hoax menyesatkan mengenai permen pindy susu ini. Nah, di sinilah peran bunda dalam memeriksa informasi tersebut menjadi penting. Tidak semua berita yang kita terima itu benar adanya. Bagaimana membedakan informasi hoax dan tidak?

Bunda harus melihat informasi dari sumber yang terpercaya. Untuk makanan dan obat, salah satu sumber yang bisa dijadikan rujukan adalah dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk Permen Pindy Susu sendiri, ternyata BPOM sudah menyatakan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi.

Darimana Bunda bisa yakin bahwa informasi semacam ini benar adanya? Jangan percaya informasi yang tak jelas sumbernya, Bunda bisa memeriksa langsung melalui situs resminya yang ada di sini.

Untuk Jajanan Siap Saji Lihat Kandungan Dalam Kemasannya

Kalau jajanan siap saji yang ada labelnya, harus dilihat kandungannya yang tertera ya bunda. Perhatikan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatannya. Semuanya harus tertera dengan jelas.

Selain kemasan, situs resmi produk makanan dan minuman juga umumnya menyebutkan kandungan yang terdapat dalam produk mereka. Coba tengok situs Permen Pindy Susu misalnya yang memuat informasi ini. Atau juga bunda bisa follow sosial media mereka di facebook PermenPindy, yang menceritakan kandungan susu dan manfaatnya yang terdapat dalam permen tersebut.

pindy2

Hindari membeli jajanan yang tidak mencantumkan kandungan dengan jelas. Jika bunda menemui istilah-istilah yang membingungkan, bisa coba cari arti kandungan tersebut melalui situs-situs yang bisa dipercaya atau tanyakan kepada ahli gizi kepercayaan bunda.

Tanggal Kadaluarsa Harus Selalu Bunda Perhatikan

Sebaik apapun makanan, akan menjadi tidak baik jika dikonsumsi melewati waktu yang ditentukan. Karena itu bunda juga perlu mengajarkan kepada anak untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa yang tercetak di dalam kemasan.

Bunda perlu mengingat kemasan makanan yang baik harus selalu menyertakan tanggal kadaluarsa ini. Jika tidak, bunda harus menghindari memberikan makanan atau minuman tersebut untuk anak.

3

Dengan mengikuti langkah ini bunda bisa merasa aman ketika memberikan jajanan untuk si kecil. Dan ingat ya bunda ajarkan kebiasaan baik ini sedari kecil sehingga anak-anak terbiasa. Bisa dimulai dari pra sekolah karena ketika itu mereka sudah mulai minta jajan, dan bunda bisa membimbingnya dengan informasi yang benar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top