Parenting

Bunda, Membacakan Jenis-jenis Buku Ini Ternyata Berpengaruh Baik Untuk Perkembangan Anak Loh!

child book (2)

Perlu anda tahu bahwa sebelum tidur merupakan waktu berharga dengan anak. Hal itu terjadi karena pada saat-saat seperti itu kondisi anak dalam keadaan yang rileks sehingga mereka siap untuk menerima sesuatu yang baru. Tentu saja waktu yang begitu berharga tersebut jangan sampai anda sia-siakan begitu ssaja. Banyak hal yang bisa anda lakukan bersama si kecil untuk mengisi ‘quality time’, yang salah satunya adalah dengan membacakan buku.

Membacakan buku pada anak sebelum tidur memiliki banyak manfaat. Sebagaimana hasil penelitian yang dikutip oleh parents.com yang menyatakan bahwa anak yang sudah memiliki kebiasaan membaca atau dibacakan sejak dini akan memiliki pengetahuan linguistik yang lebih banyak dan pengetahuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan perlakuan tersebut. Untuk itulah, mulai kebiasaan ini sejak dini untuk meningkatkan kemampuan anak-anak. Agar mendapat manfaat yang optimal, berikut jenis buku yang sebaiknya dibacakan untuk anak sebelum dia tidur.

Membacakan Buku Seri Pembentukan Karakter Akan Sangat Bermanfaat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ini adalah buku yang berisi tentang nilai-nilai dan karakter-karakter tentang kebaikan. Cari buku tentang karakter yang bahasanya mudah untuk dipahami dan diingat oleh si kecil sehingga mereka tidak kesulitan ketika harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bukan Hanya Berisi Kisah Indah, Dongeng anak Juga Banyak Mengandung Suri Teladan

Siapa yang tidak suka dengan dongeng? Sepertinya mulai dari anak-anak ssampai orang dewasa pun menyukai dongeng. Anda dapat membacakan sebuah dongeng untuk anak saat mereka akan beranjak tidur. Berbagai cerita dari seluruh Indonesia disajikan dalam bentuk cerita yang menarik dan mudah untuk dipahami. Dengan membacakan dongeng pada anak, maka selain akan menambah pengetahuannya juga hal itu akan membuat anak lebih mudah untuk memahami kearifan lokal.

Bunda Juga dapat Membacakan Kisah-kisah Religi

Jenis buku yang selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai bacaan menjelang anak tidur adalah buku-buku tentang kisah keagamaan. Membacakan buku kisah keagamaan pada anak akan membuat mereka mengidolakan tokoh-tokoh agamanya yang hebat-hebat tersebut. Selain itu, membacakan buku kisah keagamaan bagi anak juga akan membuatnya mudah untuk memahami ajaran agama.

Buku Seri Usborne Bisa Anda Pilih Untuk Menambah Pengetahuan Anak

Ini termasuk buku bacaan ringan yang isinya penuh dengan berbagai informasi yang menarik. itulah sebabnya jenis buku ini termasuk direkomendasikan untuk dibacakan pada anak menjelang tidur. Bukan hanya menjadi penghantar tidur, buku seri usborne juga bisa membuat pengetahuan anak semakin bertambah.

Bisa Juga Membacakan Ensiklopedia Anak

Ini adalah buku yang berisi tentang kehidupan anak-anak. membacakan buku ini akan membuat anak tidak sabar untuk menunggu ‘bedtime reading’ setiap harinya. Anda dapat mencari buku tentang pengetahuan sehari-hari yang perlu dipelajari oleh anak atau buku yang berisi tentang pengetahuan tentang dunia anak.

Kenalkan Dunia Pada Anak Lewat Atlas

Selain buku-buku yang berisi tentang pengetahuan umum dan cerita, atlas juga tidak kalah menariknya untuk dikenalkan kepada anak. Kenalkan kondisi geografis yang ada di sekitarnya, mulai dari geografis tempat anda dan anak tinggal sampai geografis negaranya. Jika sudah, tidak ada salahnya juga jika anda mulai mengenalkan keadaan geografis di negara lain. Hal ini akan menambah daya imajinasi anak tentang kondisi bumi yang menjadi tempat tinggalnya.

Majalah Anak Selalu Menarik Untuk Dibacakan Sebelum Tidur Bun!

Saat ini isi majalah anak begitu bervariasi, mulai dari berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak sampai dengan cerita-cerita anak. Semuanya tersaji di dalam majalah khusus anak, ditambah lagi dengan gambar-gambar yang menarik dan warna-warni tentunya akan membuat anak kian antusias. Untuk mudahnya, anda bisa berlangganan majalah anak.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mainan Anak

Mengapa Bermain Sangat Penting bagi Anak-anak? Dengan Bermain Kemampuan Anak bisa Berkembang Secara Sempurna

meimeikarta

Bermain sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Dengan bermain kemampuan-kemampuan motorik dan kognitif anak Anda bisa berkembang secara sempurna. Dengan bermain anak-anak belajar berinteraksi, berlatih dan mengembangkan kemampuan-kemampuan dalam diri mereka.Selain itu, kemampuan-kemampuan dasar lainnya seperti perkembangan emosi dan psikis anak Anda akan semakin terasah dengan seringnya anak Anda bermain.

Jadi berilah waktu pada anak Anda bermain, jangan pernah menyepelekan waktu bermain bersama anak Anda. Dengan bermain dia mempelajari semua hal mengenai dirinya dan dunia luar serta bagaimana mengembangkan kemampuan semua indera-indera yang ada pada diri buah hati Anda. Lalu tipe permainan seperti apakah yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuan juga tumbuh kembang anak Anda?

Simaklah uraian berikut ini yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda, para orangtua ketika akan bermain bersama buah hati Anda.

Permainan ditentukan oleh usia

Ketahuilah bahwa permainan yang baik haruslah membantu mengembangkan kemampuan fisik dan psikis anak Anda. Dan ketahui pula bahwa setiap usia memiliki tahapan-tahapan perkembangan yang harus dicapai. Jadi ada baiknya Anda bisa memilih permainan yang bisa membantu si kecil mencapai tahapan-tahapan perkembangan tersebut.

Sebagai contoh, anak yang berusia 20 bulan sedang senang-senangnya melakukan kegiatan panjat memanjat, maka permainan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuannya tersebut adalah ajak si kecil untuk berolahraga. Pilihlah olahraga yang mengharuskan dia melakukan kegiatan memanjat.

Carilah permainan yang mengharuskan si kecil berinteraksi dengan orang lain

Anak-anak usia 6 bulan-12 bulan mereka sedang berada dalam tahap berinteraksi dengan Anda dan orang di sekitarnya. Berinteraksi dengan orang disekitarnya sangatlah penting dalam tahap tumbuh kembang buah hati Anda. Pada usia ini anak Anda akan sangat menikmati ketika dia tersenyum, tertawa atau memperhatikan lawan bicaranya.

aka dari itu cobalah mengajak si kecil berbicara dan bermain permainan yang mengharuskan dia berinteraksi dengan Anda dan orang sekitar. Misalnya saja Anda mengajak si kecil bermain peekaboo atau cilukba, menggelitik perutnya untuk membuat si kecil tertawa, mengajak si kecil bercanda dengan mimik muka Anda yang dibuat lucu dan banyak berbicara padanya.

Bermain dengan benda-benda di sekitarnya

Anak yang berusia 4 bulan sampai 10 bulan, mereka sedang mengalami fase merasakan indera-inderanya seperti bagaimana menyentuh, memukul, berkata-kata, menendang, melemparkan benda-benda, mendorong dan lain-lain sebagainya. Jadi berilah ruang bagi si kecil untuk bisa mengembangkan indera-inreda pada dirinya dengan bantuan mainan-mainan yang ada di rumah Anda

Biarkan si kecil bermain dengan teman-temannya yang lain

Membiarkan anak Anda bermain sendiri diluar dengan teman-temannya sangatlah penting dan bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berinteraksi anak dengan lingkungan sekitar.

Bermain dengan teman-temannya akan Anda tak usah khawatir karena harus meninggalkan si kecil bermain sendiri, karena dengan begitu si kecil bisa mempelajari sendiri bagaimana cara berinteraksi dengan baik pada teman-temannya.

Karena Itu Penting Buat Orang Tua Mencari Hunian Yang Mendukung Kebiasaan Bermain Anak

Karena bermain adalah hal yang penting untuk perkembangan si kecil tentunya orang tua harus menyediakan fasilitas yang mendukung berbagai aktivitas bermain ini. Paling awal adalah dengan memberikan hunian yang nyaman dan memudahkan anak untuk beraktivias bermain.

Salah satunya adalah hunian di Meikarta. Apartemen yang dibangun di Meikarta berada di tengah kota baru di daerah Cikarang yang memiliki fasilitas lengkap dari perkantoran, pendidikan, pusat perbelanjaan, hiburan, pusat kesehatan dan rekreasi.

Faktor kenyamanan bagi penghuni apartemen jadi salah satu faktor penting. Hampir seluruh apartemen di Meikarta memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti lapangan tenis, taman bermain untuk anak, kolam renang, sauna, fitness center dan lainnnya.

Semua fasilitas tersebut dapat kita digunakan secara cuma-cuma oleh penghuni.Meikarta telah membangun Central Park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track,  membuat taman tersebut cocok digunakan untuk bersosialisasi, rekreasi dan bersantai, sehingga penghuni bisa menikmati kenyamanan.

Dengan segala fasilitas itu, berapa dana yang harus disiapkan ayah bunda? Harga apartemen di Meikarta Rp 5,8 juta per meter persegi, harga ini bisa naik sewaktu-waktu. Lalu disertai dengan kredit pemilikan rumah atau apartemen selama 20-25 tahun, dengan bunga dimulai dari 8,25 persen. Pembeli juga bisa membayar booking fee hanya Rp 2 juta dan selanjutnya uang muka sebesar 10 persen. Sementara biaya perawatan di Meikarta Rp5.000 per meter persegi.

Nah, tak sulit bukan untuk ayah bunda memperhatikan kepentingan bermain si kecil. Yuk perhatikan kebutuhan main mereka sedari sekarang!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top