Parenting

Bunda Memang Sibuk Hampir Sepanjang Hari, Tapi Jangan Lupa ‘Me Time’ 10 menit Setiap Harinya

piant1

Jadi seorang ibu berarti sudah siap dengan tanggung jawab yang besar karena pasti banyak waktu yang tersita demi memperhatikan buah hati sekaligus mengurusi banyak hal rumah tangga lainnya. Bukan hanya memandikan si kecil, memberi makan dan menyusui si kecil, hingga menyuci pakaian seluruh anggota keluarga, Bunda pun juga harus membereskan rumah, menyiapkan menu makanan, dan sederet aktivitas lainnya.

Menurut survei terhadap 1,000 orang ibu yang dilakukan Procter and Gamble, bekerja sama dengan  Social Issues Research Centre (SIRC), seorang ibu normalnya akan menghabiskan waktu 1.430 menit dalam sehari untuk mengurusi segala kebutuhan anggota keluarga, terutama si kecil yang masih bayi. Sementara, hanya 10 menit yang bisa Bunda gunakan sebagai me time atau melakukan kegiatan yang diinginkan dan disukai.

Kendati begitu, tak usah mengeluh Bun, sepuluh menit memang bukan waktu yang lama, tapi kalau Bunda dapat memanfaatkan waktu ini dengan efektif, maka sangat terasa lho manfaatnya. Mengutip dari The Bump, inilah sederet ide yang dapat Bunda lakukan saat me time selama 10 menit setiap harinya.

  1. Meditasi,  cukup berdiam diri dan menutup mata untuk membersihkan pikiran

Sepuluh menit cukup kok Bun untuk melakukan meditasi. Caranya, cukup berdiam diri dan menutup mata untuk membersihkan pikiran. Lakukan hal ini di tempat yang tenang ya Bun. Di sela-sela meditasi, Bunda pun bisa menarik napas dalam-dalam supaya tubuh semakin rileks.

  1.  Olahraga selama sepuluh menit justru bisa membantu Bunda jadi lebih bersemangat

Kelihatannya memang melelahkan, tapi olahraga selama sepuluh menit justru bisa membantu Bunda jadi lebih bersemangat. Tentunya Bunda harus lebih selektif dalam hal menentukan olahraga yang tepat. Cukup cari saja olahraga yang ringan dan tak terlalu menguras tenaga.

  1. Mengobrol dan menghubungi orang-orang terbaik dimana kamu bisa berbagi cerita satu sama lain.

Mengobrol bukan berarti bergosip. Bunda harus meninggalkan kebiasaan lama semacam bergosip. Justru gantilah kebiasaan tersebut untuk memakai waktu 10 menit untuk menghubungi orang-orang terbaik dimana kamu bisa berbagi cerita satu sama lain.

  1. Demi Menunda Lapar, Siapkan Stok Camilan dalam Jumlah Besar ya Bun

Seringkali karena mudah lelah, Bunda jadi rentan makan berkali-kali dalam sehari tanpa memikirkan jumlah kalori yang diasup. Padahal, kebiasaan semacam ini hanya memicu obesitas lho Bun. Justru akan lebih baik kalau Bunda menjaga pola makan sekaligus menentukan kapan Bunda perlu mengemil. Akan lebih baik kalau waktu 10 menit tadi dimanfaatkan untuk menyiapkan camilan cepat atau makanan yang Bunda sukai.

  1. Menulis buku harian,  menulis di buku harian adalah suatu terapi

Kapan terakhir kali Bunda mulai menulis lagi? Ingatkah betapa nyamannya menuangkan isi pikiran lewat tulisan? Karenanya, sangat dianjurkan Bunda bisa memanfaatkan 10 menit selama sehari untuk bisa kembali menulis di buku harian. Percayalah, menulis di buku harian adalah suatu terapi jika Bunda sedang merasa sangat kewalahan dengan aktivitas sehari-hari.

  1. Sempatkan Waktu untuk Memanjakan Diri

Memang jarang sekali ada tempat yang mau menyediakan spa dalam durasi 10 menit saja. Untuk itu kalau Bunda ingin memanjakan diri tapi waktunya terbatas, cukup pakai waktunya untuk mengaplikasikan masker wajah dan mata saja Bun.

  1. Mendengarkan musik yang membuat Bunda jadi lebih bahagia

Selama 10 menit, ada beberapa lagu yang bisa Bunda putar. Bukankah menyenangkan, istirahat sejenak sembari ditemani lagu-lagu favorit? Mendengarkan musik yang membuat Bunda jadi lebih bahagia akan menempatkan diri dalam suasana hati yang baik dan memberi energi yang berlimpah. Selamat mencoba ya Bun!

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Buzz

Ikuti 8 Tips Praktis Menghabiskan Lebih Banyak Waktu dengan Keluarga Anda

prioritasIbu

Memasak makanan, mencuci, dan bekerja memang penting, tetapi bukan berarti sedikit waktu yang dihabiskan tidak bisa berkualitas. Memang semua kegiatan seperti bekerja, pernikahan, anak-anak, dan memberi makan keluarga adalah prioritas yang sama-sama penting. Tetapi, ada pendekatan yang baik yang bisa membuat Ibu merasa semua terkendali.

Ikuti tips praktis ini untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda.

Buat Ceklis Prioritas, buat menjadi 3 kategory: Jangan, Delegasikan, dan Lakukan 

Bagilah daftar prioritas Anda menjadi tiga kategori: Jangan, Delegasikan, dan Lakukan.” Telitilah setiap hal yang ada di ceklis dan tanyakan pada diri sendiri apakah Anda harus melakukannya. Jika Anda melakukan hal tersebut karena merasa bersalah atau kebiasaan, pindahkan tugas tersebut ke bagian ‘Jangan’.

Untuk hal-hal yang bisa dilakukan atau dibantu, tuliskan di kolom ‘Delegasikan’. Anda bisa meminta tolong pasangan, anak yang lebih besar, pengasuh, rekan kerja, asisten rumah tangga, atau bahkan tetangga jika memungkinkan.

Untuk hal yang harus dilakukan, gambar atau tempelkan stiker lucu di dekat hal yang Anda ingin lakukan, tanda Rupiah untuk hal yang melibatkan uang uang, dan gambar jam di samping tugas-tugas yang akan menghemat waktu. Simbol-simbol ini akan mengingatkan Anda mengapa hal ini penting untuk dilakukan.

Gunakan Apa yang telah Anda Punya

Mengambil keuntungan dari setiap sumber daya yang ada. Minta tolong pengasuh Anda untuk persiapan makan malam, mengambil mainan, atau mengisi kembali tas popok.

Cari tahu apakah ada layanan katering yang sehat di sekitar Anda atau tetangga yang dapat memasakkan makan malam Anda. Koordinasikan tugas per lokasi sehingga Anda dapat menyelesaikan sebanyak mungkin kegiatan dalam satu waktu. Jika teman atau anggota keluarga menawarkan untuk membantu, jangan malu untuk menerimanya.

Tetapkan tugas-tugas tertentu, seperti membersikan halaman atau garasi. Jangan mengambil terlalu banyak keuntungan dari kemurahan hati seseorang, dan jangan lupa untuk menawarkan sesuatu atau ucapan terima kasih, seperti mengundang makan malam atau memberikan hadiah.

Libatkan Anak, Ingatlah bahwa pekerjaan seorang ibu adalah mengajarkan anak untuk menjadi mandiri.

Anda mungkin dapat melipat pakaian dan menata meja lebih cepat dari anak 5 tahun. Tetapi, bila Anda termasuk anak-anak, Anda dapat mengubah pekerjaan menjadi ikatan waktu saat mengajar keterampilan yang berharga.

Ingatlah bahwa pekerjaan seorang ibu adalah mengajarkan anak untuk menjadi mandiri. Anak kecil dapat membereskan mainannya kembali. Motivasi anak untuk melakukannya bersama-sama.

Jangan Buang Waktu Berharga untuk hal-hal yang sepele

Jika Anda menghabiskan berjam-jam setiap harinya mencari kaus kaki atau kunci yang hilang, ciptakan sebuah sistem yang terorganisir sehingga barang sehari-hari untuk setiap anggota keluarga memiliki tempat yang sama.

Aturlah kait atau keranjang kecil dekat pintu untuk kunci rumah. Letakkan kauskaki baru di tempat yang sama atau di masing-masing sepatu di malam harinya. Lakukan pemeriksaan sebelum tidur untuk memastikan bahwa pakaian hari berikutnya dan sepatu dapat mudah ditemukan.

Jika Anda harus memeriksa pekerjaan atau e-mail pribadi, lakukan sebelum anak-anak bangun di pagi hari atau setelah mereka tidur. Hal yang sama berlaku untuk berbicara di telepon. Tunggu sampai anak-anak di tempat tidur sebelum Anda melakukannya

Gunakan kecanggihan teknologi memungkinkan Anda menghemat waktu dan tenaga

Cari aplikasi yang memuat situs belanja satu atap yang memungkinkan Anda menghemat waktu dan uang dengan membeli bahan makanan, kebutuhan pokok, sampai obat pada waktu yang sama – atau membayar rekening listrik dan telepon secara otomatis.

Untuk menghindari konflik penjadwalan dan menentukan waktu luang, tandai tanggall penting seperti pertemuan orangtua-guru, arisan, liburan sekolah, kunjungan lapangan dan perjalanan bisnis – ke dalam kalender pada ponsel cerdas Anda. Unduh pula sebuah aplikasi yang akan melakukan sinkronisasi kalender seluruh keluarga di ponsel yang berbeda.

Buat Makanan Beku ini untuk menyelamatkan Anda jika terpaksa lembur dan tidak punya waktu untuk memasak.

Jika Anda membuat nugget ayam atau baso, bekukan untuk beberapa kali makan. Potong-potong sayuran dan tempatkan dalam wadah kedap untuk hari berikutnya. Masak sisa sop Anda untuk toping pizza wajan sederhana keesokan paginya.

Carilah resep yang mudah dibuat dan menghemat waktu di internet. Siapkan sayuran beku dan buah-buahan di freezer.

Semuanya ini dapat menyelamatkan Anda dari menit-menit terakhir bergegas ke toko jika Anda lupa lauk atau makanan penutup. Tips ini juga memberikan diri Anda istirahat sekali-kali ketika Anda terpaksa lembur dan tidak punya waktu untuk memasak.

Kenali Diri dan Prioritas Anda

Ketika Anda menyerah mencoba untuk menjadi sempurna, Anda menciptakan lebih banyak waktu. Berhentilah membandingkan diri Anda dengan supermom – mitos yang memiliki semuanya bersama-sama di tempat kerja dan di rumah. Supermom hanyalah mitos.

Cari tahu apa prioritas Anda dan kejar hal tersebut. Memang terkadang ada yang harus dikorbankan. Prioritas setiap orang berbeda. Karena itu, lakukan hal-hal yang membuat Anda relaks dan Jika Anda merasa lebih tenang dengan tidak ada kertas di meja ruang makan, libatkan anak-anak dalam membantu Anda membersihkannya.

Jika Anda dapat hidup dengan kertas beberapa saat, Anda bisa memilih untuk memasak dengan anak-anak dan mencoba resep baru. Daripada mengubah siapa Anda demipekerjaan rumah, lakukan sebaliknya: lakukan hal-hal yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Luangkan waktu pada apa yang penting bagi Anda.

Buat Tradisi Baru dan Nikmati waktu kebersamaan dengan keluarga Anda.

Jangan menunggu untuk liburan atau liburan untuk berkumpul. Minggu sarapan, Jumat permainan malam, akhir pekan belanja, atau berkebun bisa menjadi hiburan untuk menyatukan keluarga.

“Carilah waktu yang sama danlakukan secara berkala. Apapun tradisi yang Anda pilih, pastikan semua orang, termasuk orang tua, menghormati waktu yang ditetapkan. Setiap orang harus terlibat. Tidak ada SMS, tidak ada Facebook, dan tidak ada TV. Nikmati waktu kebersamaan dengan keluarga Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top