Mainan Anak

Bunda, Jangan Salah Pilih! Inilah Jenis-Jenis Permainan Yang Dapat Merangsang Motorik Anak Laki-Laki

taman-bermain anak

Memilih jenis permainan untuk anak tidaklah semudah yang dianggap. Memilih permainan untuk anak bukan hanya karena mainan tersebut sedang populer di kalangan anak-anak saja, atau karena anak menyukai permainan tersebut. Tapi ada banyak hal yang harus dipertimbangkannya.

Salah satu pertimbangan dalam memilih mainan anak adalah jenis kelamin anak. tentu tidak semua mainan dapat dan pantas dimainkan oleh seluruh anak. ada jenis mainan tertentu yang memang dibuat khusus untuk anak laki-laki ataupun untuk anak perempuan.

Sebagai contoh adalah mainan boneka. Boneka sangatlah identik dengan mainan untuk anak perempuan. Sedangkan jika boneka ini dimainkan oleh laki-laki, maka tentu saja sangatlah tidak cocok. Oleh karena itu, pilihlah mainan yang bukan hanya aman untuk si kecil, tapi juga harus disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin anak. lalu permainan apa sajakah yang tepat untuk anak laki-laki?

5 jenis mainan yang dapat merangsang motorik untuk anak laki-laki

Bagi anda yang memiliki anak laki-laki, di bawah ini ada 5 macam permainan yang tepat untuknya:

  1. Sepeda

Siapa yang tidak kenal dengan sepeda? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun mengenal jenis transportasi yang satu ini. meskipun kini telah banyak bermunculan kendaraan modern yang dilengkapi dengan mesin, namun keberadaan sepeda masih populer di tengah masyarakat. anda dapat memanfaatkan sepeda ini untuk melatih motorik anak. Motorik anak, seperti kekuatan otot, keseimbangan tubuh, visualisasi, dan kecakapannya dalam membaawa sepeda akan terlatih melalui jenis permainan yang satu ini. sebaiknya pilihlah sepeda sesuai dengan usianya. Mulai dari usia 3 – 5 tahun, sepeda untuk anak-anak, hinga untuk orang dewasa semuanya telah tersedia.

  1. Bola

Bagi anak laki-laki, bermain bola merupakan sesuatu yang mengasyikan. Meskipun memang tidak semua anak laki-laki suka dengan bola tapi tidak ada salahnya jika anda memperkenalkan olahraga yang satu ini. ada banyak yang bisa anda kenalkan melalui bola ini, seperti sepak bola, baseball, basket, bahkan golf. Ajarkan anak untuk memikirkan strategi bermain bola agar dapat memenangkan pertandingan. Selain dapat mengasah kemampuan berfikirnya, bermain bola juga bisa membuat tubuh anda dan anak menjadi sehat.

  1. Kotak umpet

Meskipun saat ini kita berada di jaman yang modern, namun jenis permainan yang satu ini tetap menarik untuk diterapkan kepada anak. ajaklah anak untuk bermain kotak umpet bersama anda dan anggota keluarga lainnya. jika memungkinkan, dorong dia untuk bermain kotak umpet ini bersama dengan teman-temannya.

  1. Puzzal

Jika ketiga permainan di atas adalah jenis permainan outdoor, maka untuk yang ketiga ini termasuk permainan indoor. Untuk tahap awl, buatlah anak agar tertarik untuk menyatukan bagian-bagian gambar yang terpisah untuk kemudian disatukan menjadi sebuah gambar yang utuh. Anda dapat membimbingnya untuk memainkan permainan ini. manfaat dari permainan ini adalah untuk mengasah kemampuan imajinasi dan visual anak.

  1. Lego

Pada dasarnya lego adalah jenis permainan yang bisa dipake oleh anak laki-laki dan perempuan. Namun jika anda membelikannya khusus untuk anak laki-laki, maka pilihkan lego dengan tema superhiro seperti batman, ironman, dan sebagainya. anda juga bisa memilihkan lego dengan tema lalu lintas di sekitar. Buatlah anak untuk tertarik memainkan permainan tersebut. Sesekali anda pun dapat menanyakan apa yang sedang anak kerjakan dengan legonya. Dengan begitu kemampuan verbalnya akan terlatih.

Pilihlah kelima jenis permainan di atas sesuai dengan situasi dan kondisi anak laki-laki anda. dengan begitu manfaat yang timbul dari permainan tersebut pun bisa dirasakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top