Parenting

Bunda, Inilah Pentingnya Kedekatan Antara Orang Tua Terhadap Anaknya

Anakdekatdenganayah

Kedekatan antara orang tua dengan anaknya merupakan hal yang sangat penting dalam keluarga. Orang tua memiliki peranan yang sangat besar untuk membangun kedekatan tersebut. Kedekatan ini bisa diartikan sebagai sebuah hubungan yang terjalin secara timbal balik antara orang tua dengan anaknya  serta kebersamaan antara orang tua dengan anaknya, baik secara emosi maupun secara fisik. Hal ini terjadi karena adanya hubungan batin yang terjalin antara orang tua dengan anaknya. Ikatan batin tersebut terbentuk saat usia anak antara 0 sampai 2 tahun, atau pada saat tahun-tahun awal usia anak. dan ikatan batin tersebut bisa terjalin dengan baik jika kebutuhan-kebutuhan si kecil dapat terpenuhi dengan baik.

Kebutuhan-kebutuhan anak saat tahun-tahun awal usianya

Ada beberapa kebutuhan anak yang akan berpengaruh pada ikatan batin yang terjalin antara orang tua dengan anaknya, yaitu:

  1. Tatapan mata
  2. Sentuhan
  3. Senyuman
  4. Gerakan
  5. Makanan

Penuhilah kelima kebutuhan anak di tahun-tahun awal usianya karena hal tersebut akan memiliki pengaruh yang besar terhadap ikatan batin yang terjalin antara orang tua dengan dirinya.

Kebutuhan anak akan sentuhan orang tuanya terpenuhi saat ibu memberikan ASI kepadanya. Saat itu ibu akan memeluk dan menatap mata si kecil. Melalui proses tersebut maka akan terbentuk ikatan batin antara ibu dengan anaknya. Anak mulai belajar percaya bahwa dunia di luar aman untuk dirinya. Dia juga mulai belajar untuk percaya kepada orang lain. Rasa aman dan percaya kepada seseorang merupakan salah satu bekal bagi anak untuk menelusuri dunia luar.

Pentingnya kasih sayang orang tua kepada anaknya

Kedekatan akan selalu bergandengan dengan kasih sayang orang tua kepada anaknya. Dua faktor ini menjadi dasar untuk pengembangan kepribadian yang baik pada diri anak nantinya. Selain itu, kedekatan yang baik dan kasih ssayang yang cukup akan berpengaruh juga pada kecerdasan anak.

Cara untuk meningkatkan kedekatan kepada anak

Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, bagaimanakah cara untuk meningkatkan kedekatan antara orang tua dengan anak? di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Memanfaatkan waktu liburan dengan efektif

Manfaatkanlah waktu liburan dengan sebaik mungkin. Anda bisa sebentar mengabaikan kesibukan atau rasa capek demi untuk mendekatkan hubungan emosional antara anda sebagai orang tua dengan anak-anak. lakukanlah hal-hal yang jarang dilakukan atau tidak pernah dilakukan secara bersama-sama. momen-momen seperti ini akan sangat indah dan bisa membuat hubungan yang terjalin antara orang tua dan anak-anak menjadi lebih dekat.

  1. Dongeng

Anda bisa mendongengkan sebuah cerita kepada anak. cara ini bisa dilakukan saat waktu santai anak ataupun saat sebelum tidur. Namun yang banyak dilakukan adalah saat anak akan tidur. Melalui cara ini, anda bisa membangun hubungan yang lebih dekat terhadap anak. selain itu, dongeng juga bisa menjadi cara untuk mengenalkan nilai-nilai kebaikan kepada anak.

  1. Melakukan komunikasi

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat jarak dan aktivitas bukan penghalang untuk terjalinnya komunikasi yang baik. Anda bisa meneleponnya atau menghubungi melalui orang yang terpercaya. Hal ini sebagai bentuk perhatian anda terhadap anak. selain itu, langkah tersebut juga bisa menjadi cara bagi anda untuk mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukannya. Namun yang harus diperhatikan adalah lakukan komunikasi secukupnya saja karena komunikasi yang terlalu sering justru akan membuat anak merasa selalu diawasi.

Begitu pentingnya kedekatan antara orang tua dengan anak. anak yang tidak memiliki kedekatan yang baik akan cenderung agresif, pemarah, dan memiliki rasa percaya diri yang rendah. Untuk itu, mulai sekarang bangunlah hubungan kedekatan itu dengan anak-anak kita.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top