Parenting

Bunda, Ingin Agar Si Kecil Cepat Berbicara? Lakukan 6 Tips Di Bawah Ini!

terlambatbicara

Jika kita perhatikan, setiap anak memiliki perkembangan yang tidak sama, termasuk juga waktu baginya untuk bisa berbicara. Pada umumnya, anak akan mulai belajar berbicara saat usianya memasuki 3 tahun awal. Namun begitu, saat usia anak antara 12 – 18 bulan, seharusnya dia sudah bisa mengucapkan antara 1 – 5 kata dengan jelas.

Misalnya saja kata ayah/bapak/papah, ibu/mamah, maem, bola, dan lain sebagainya. kata-kata tersebut termasuk mudah untuk diucapkan sehingga pada umumnya mereka sudah bisa mengucapkannya saat berusia antara 12 – 18 bulan. Selain itu, ada juga kata-kata yang kurang jelas tapi dia bisa mengucapkan sebagian. Misalnya num (minum), icak (cicak), dan lain sebagainya. dan sebagai orang tua, anda harus bisa memahaminya.

Tips menjadikan anak cepat berbicara

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk mempercepat anak berbicara, yaitu:

  1. Sering-seringlah mengajak berbicara

Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar anak cepat berbicara adalah dengan sering-sering mengajaknya untuk berbicara. Memang kelihatannya dia belumlah mengerti apa yang anda katakan. Namun saat dia sudah mampu berbicara, kata-kata tersebut akan diekspresikannya. Untuk itu, ajaklah anak berbicara sesering mungkin agar dia memiliki perbendaharaan kata yang banyak.

  1. Buat suasana bicara yang menyenangkan

Buatlah suasana yang semenarik mungkin saat anda mengajaknya untuk berbicara. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat suasana pembicaraan menjadi menyenangkan, salah satunya adalah dengan mempraktekan secara langsung apa yang anda bicarakan kepada anak. misalnya saja saat anda berbicara tentang hujan. Maka usahakan pembicaraan itu terjadi pada saat sedang turun hujan. Tidak ada salahnya juga anda memperbolehkan si kecil untuk mengenadahkan tangannya di bawah air hujan. Ini bertujuan agar si kecil tahu apa itu hujan dan apa itu basah.

  1. Hati-hati dalam memilih kata-kata

Perlu anda tahu bahwa anak-anak memiliki daya tangkap yang tajam. Dia akan menangkap apapun yang anda lakukan, termasuk juga ucapan-ucapan anda. bisa dibayangkan jika yang anda ucapkan adalah kata-kata buruk, maka dia pun akan mengucapkan kata-kata tersebut saat sudah bisa berbicara nanti. Untuk itu, berhati-hatilah saat melakukan segala sesuatu di depan anak.

  1. Berbicara mulai dari ketertarikan anak

Memang ada banyak sekali hal yang bisa anda bicarakan bersama si kecil. Namun akan lebih efektif jika pembicaraan tersebut dimulai dari hal-hal yang membuatnya menarik. misalnya saja saat anak anda sedang memperhatikan langit yang biru. Maka manfaatkanlah waktu tersebut untuk berbicara tentang langit. Dan yang harus anda ingat adalah saat anda sedang berbicara, buat anak untuk fokus terhadap anda atau terhadap sesuatu yang sedang anda bicarakan.

  1. Memberikan makanan padat

Ini merupakan langkah dalam hal pemenuhan kebutuhan nutrisi. Makanan yang padat akan melatih otot-otot bicaranya. Yang harus diingat adalah sesuaikan makanan padat itu dengan usia anak saat itu. jangan sekali-kali memberikan makanan yang teksturnya terlalu keras untuk usianya.

  1. Lakukan dengan sabar

Semua proses di atas harus anda lakukan dengan penuh kesabaran karena hal ini akan sangat membantu anda untuk menemukan berbagai cara yang tepat untuk membuat si kecil cepat berbicara.

Di atas merupakan tips yang bisa anda lakukan untuk membuat anak cepat berbicara. Lakukan tips di atas sesering mungkin sehingga anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan yang juga tidak boleh anda lupakan adalah lakukanlah dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Karena hal itu akan sangat membantu si kecil untuk mempercepat proses bicaranya.

Itulah pembahasan mengenai tips agar si kecil cepat berbicara. Semoga pembahasan tersebut bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top