Parenting

Bun Saat Anak Bertanya Mengapa Kita Harus Menolong Orang Lain, Begini Jawabannya

mom girl

Anak kecil memang masih sangat lugu dan polos. Namun dibalik semua itu, dia pun kadang mengajukan pertanyaan kritis yang membuat orangtua bingung menjawabnya. Seperti pertanyaan “Bunda, mengapa kita harus menolong orang?”. Meski pertanyaan tersebut terlontar dari mulut si kecil yang masih polos, kadang kita harus berpikir keras terlebih dulu untuk memberikan jawaban yang tepat.

Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut? Tentu anda tidak bisa memberikan jawaban asal-asalan. Kurang tepat memberikan jawaban bisa saja berpengaruh buruk pada anak, bahkan berakibat fatal pada tumbuh kembangnya. Nah Bunda, berikut ini adalah jawaban yang bisa anda berikan saat anak bertanya, “Mengapa kita harus menolong orang lain?”

Manusia Adalah Makhluk Sosial Yang Tidak Bisa Hidup Tanpa Orang Lain

Anda bisa tanyakan kembali pada anak, “Nak, kamu terbayang tidak kalau di dunia ini hidup sendirian? Tanpa Bunda, tanpa Ayah, tanpa Tante, dan tanpa saudara-saudara yang lain?”. Setelah anak menjawab tidak atau menggelengkan kepala maka anda bisa jelaskan padanya bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Dengan saling tolong menolong tentu kita akan bisa menjalani semuanya dengan lebih mudah. Agar si kecil lebih paham anda bisa mengatakan, “Misalnya kamu jatuh dan terluka, akan merasa lebih senang jika ada yang membantu bukan?”

Menolong Orang Lain Akan Membuat Kamu Mendapat Pertolongan Saat Membutuhkan

Anda bisa memberikan jawaban kepada anak lewat kisah seekor harimau dan tikus. Cerita tentang manfaat tolong menolong. Pada awalnya harimau yang merupakan raja hutan hendak memangsa tikus, namun kemudian membatalkan niatnya. Tak lama kemudian harimau terperangkap oleh jaring pemburu, maka si tikus dengan sigap membantu dengan menggigit jaring sehingga harimau bisa terbebas. Dengan mencontohkan cerita tersebut maka si kecil akan memahami bahwa tolong menolong itu amatlah penting.

Saat Menolong Orang Lain, Itu Artinya Kamu Sedang Menolong Dirimu Sendiri Nak!

Mungkin ketika mendengar jawaban seperti itu anak anda tidak begitu paham, lantas dia akan balik bertanya “Apa maksudnya Bunda?”. Anda bisa menjawabnya begini, “Tentu kalau kita bisa menolong orang akan merasa senang, kan?”

Benar, kebahagiaan karena bisa menolong orang lain adalah upah tak ternilai yang akan kita dapatkan. Bahkan kita pun jadi merasa berarti karena bisa menolong mereka yang membutuhkan.

Katakan Bahwa Lebih Baik Tangan Di Atas Daripada Di Bawah

Katakan pada anak anda bahwa tangan di atas jauh lebih baik. Jelaskan padanya, bahwa arti dari tangan di atas adalah lebih baik memberi ketimbang menerima. Jadi, dengan demikian, anak anda akan mengerti maksud dari ungkapan tersebut.

Menolong Orang Lain Itu Penting Agar Hidup Terasa Ringan

Katakan pada anak anda bahwa memberikan pertolongan pada orang lain itu penting. Dengan begitu saat sedang mendapatkan kesulitan pun akan ditolong juga oleh orang lain. Sebaliknya kalau tidak pernah menolong pun, orang-orang pun juga akan malas untuk membantu.

Anda dapat menjelaskan poin-poin di atas dengan bahasa anak. Usahakan untuk menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh agar anak tidak salah paham. Dengan begitu anak pun akan memiliki kebiasaan untuk menolong orang lain, meski anda tidak memintanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top