Sponsored Content

Bun, Perhatikan Lima Aspek Ini Saat Si Kecil Hendak Masuk Sekolah

pexels-photo-1720188

Bagi orangtua yang memiliki anak usia tiga sampai lima tahun, tentu sudah mulai memikirkan bagaimana cara mempersiapkan anak mereka menyambut hari pertama masuk TK ataupun SD. Pengalaman yang masih sedikit seringkali membuat para orangtua muda didera kecemasan karena khawatir buah hati mereka justru rewel saat memasuki kelas.

Padahal, di momen seperti ini, Bunda tak perlu merasa cemas berlebihan. Dibanding terjebak pada rasa cemas, lebih baik Bunda ajarkan beberapa hal pada bah hati supaya ia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Mengutip dari berbagai sumber, ini dia tips yang bisa Bunda berikan untuk si kecil agar tak perlu rewel saat sudah mulai masuk sekolah.

Jelaskan Dulu Padanya Tentang Kegiatan di Sekolah

Si kecil mungkin akan bertanya-tanya, kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan selama berada di sekolah. Nah, disinilah peran Bunda untuk bisa memberikan bayangan mengenai sekolahnya, Bunda bisa menceritakan hal apa saja yang busa dan tidak bisa mereka lakukan saat berada di sekolah.

Mulai dari bertemu dengan teman baru, guru kelas, sampai pelajaran apa saja yang akan mereka terima. Dengan paparan sederhana dari ibunya, disertai dengan gambaran, anak pun jadi lebih mudah memahami tentang sekolah dan hal-hal yang ada di dalamnya sehingga ia pun tak perlu takut melangkahkan kaki ke dalam ruangan kelas.

Pastikan Si Kecil Sudah Memiliki Rasa Percaya Diri dan Berani Menghadapi Hari Pertamanya di Sekolah

Agar si kecil bisa bersosialisasi dengan baik, jangan lupa untuk membantunya meningkatkan kepercayaan diri pada buah hati ya Bun. Sedari dini, Bunda bisa membiasakan mereka bertemu orang banyak tanpa selalu bergantung orang tuanya.

Misalnya saat berada di supermarket, Bunda bisa menyuruh anak bertanya pada karyawan mengenai letak produk yang ingin dibeli. Rasa percaya diri yang terbentuk akan berpengaruh pada sikap sosialisasi yang dimiliki sang anak. Keberanian anak pun akan meningkat dengan sendirinya.

Ajarkan Si Kecil Mengenai Sosialisasi ya Bun

Selain membimbingnya agar semakin percaya diri, maka Bunda perlu mengajarkan mengenai pentingnya bersosialisasi. Bunda harus mengenalkan dan menjelaskan jika si kecil harus berinteraksi atau membuka obrolan dengan teman-temannya.

Bahkan sedari dini, kenalkan juga etika yang baik dalam berteman, baik dengan teman sebaya atau teman yang lebih tua. Stimulasi anak dengan membiasakan mengucapkan kata-kata yang sopan agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik.

Bunda Bisa Mengunjungi Sekolahnya Sembari Membantu Si Kecil Meyakinkan Jika Sekolah Adalah Tempat yang Menyenangkan

Demi membuat si kecil beradaptasi dengan lingkungan di sekolahnya, jangan lupa sebelum resmi bersekolah, ajak si kecil terlebih dahulu untuk mengunjungi sekolahnya. Setidaknya satu hari sebelum hari pertama dimulai. Cara ini bisa membuat si kecil beradaptasi dengan baik bahwa sekolah adalah tempatnya menempuh pendidikan. Demi membuat si kecil jadi lebih familiar terhadap lingkungan sekolahnya, Bunda bisa mengenalkan ruang kelas, kantin, taman bermain, atau bangunan lain yang berdiri di sekeliling sekolahnya.

Kendati mungkin masih ada beberapa anak yang merasa takut untuk pergi ke sekolah pada hari pertama, cobalah usir ketakutan tersebut dengan meyakinkan mereka jika sekolah bukanlah tempat yang mengerikan. Ceritakan hal yang seru terkait kegiatan sekolah atau karakter teman yang akan mereka temui saat berada di sekolah. Ungkapkan keseruan lainnya yang bisa membuat bayangan anak mengenai sekolah berubah menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

Selama Dalam Kurun Waktu Tertentu, Antarkan Buah Hati ke Sekolah

nex-brilliant-white3

Bun, jangan lupa, sediakan waktu untuk mengantar buah hati ke sekolah ya. Demi menunjang aktivitas ini, sediakan kendaraan yang bersahabat. Dan roda dua macam Suzuki Nex II, bisa jadi kendaraan yang menyenangkan ketika Bunda harus mengantar si kecil ke sekolah.

Sebagai informasi untuk bunda, motor ini tampil dengan konsep compact, slim dan awesome, yang kemudian diterjemahkan dalam desain yang simple dan clean. Jadi tak heran jika tampilan visual sesuai dengan tren saat ini Bun.

Salah satu perubahan signifikan lain yang juga bisa Bunda rasakan adalah Floorboarding atau sandaran kaki yang lebih besar dibanding generasi pertamanya. Jadi Bunda akan merasa lebih nyaman, karena ruang kaki terasa lebih lega. Tak hanya itu saja bun, fitur lainnya ada juga ruang kompartemen yang disematkan pada sisi kiri dan kanan. Dengan tujuan, bunda bisa membawa barang bawaan yang lebih banyak.

Selain itu, berbeda dengan generasi Nex terdahulu yang cuma punya satu varian, Suzuki Nex II kini punya opsi 5 varian berbeda loh Bun. Mulai dari Sporty Runner, Fancy Dynamic, Elegant Premium, Elegant dan Standart. Dimana setiap variannya ini dibedakan dari pilihan kelengkapan fitur dan aksesoris yang dimiliki.

Bagaimanapun, menyediakan waktu mengantar buah hati ke sekolah itu perlu. Aktivitas itu akan jadi cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sang anak. Jangan lupa memeluk atau mencium si kecil juga ya bun. Hal itu bertujuan untuk meyakinkan dirinya jika sekolah akan membuatnya tenang dan nyaman.

Jika perlu, antarkan anak sampai ke ruang kelasnya dan tunggu anak sampai ia mendapatkan tempat duduk. Semangati diri mereka agar mampu berkenalan dengan teman barunya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top