Kesehatan Ibu & Anak

Bun, Berikan Stimulus yang Tepat Guna Merangsang Pertumbuhan Gigi si Kecil

adult-baby-biting-1693744 (1)

Tahukah Bunda, pada dasarnya setiap bayi mengalami proses tumbuh kembang gigi pertama di usia 6-12 bulan. Berdasarkan panduan American Academy of Pediatric Dentistry, gigi sulung pada bayi dimulai dari usia 6 bulan hingga lengkap di usia 3 tahun. Proses tumbuh gigi sendiri biasanya diawali dengan gusi yang kemerahan, dan terkadang bengkak karena adanya buldging atau penebalan gusi karena proses tumbuh gigi.

Nah, biasanya saat hal ini berlangsung, bayi akan menjadi sedikit rewel lantaran ia merasakan kondisi yang tak nyaman pada gusinya bahkan kadang membuatnya jadi sukar makan. Bahkan seringkali pada bayi usia 7 bulan, belum ditemukan tanda-tanda akan tumbuh gigi pada gigi seri bawah maupun atas.

Kondisi ini terbilang wajar mengingat proses tumbuh gigi seri pertama bawah dan atas sendiri bervariasi dari usia 6 hingga 12 bulan. Pada usia 6-12 bulan umumnya gigi yang akan tumbuh lebih dulu adalah 2 gigi seri bawah dan dilanjutkan dengan 2 gigi seri atas.

Namun, jika si kecil belum menunjukkan tanda-tanda tumbuh gigi, beberapa hal yang dapat Bunda lakukan meliputi:

Mulailah Perbanyak Konsumsi Makanan dengan Tekstur yang Lebih Kasar

Di usianya, si kecil harus diberikan makanan bertekstur berupa snack ya Bun. Karena selain mengenyangkan, snack juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. Namun, jenis snack seperti apa yang paling baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil? Untuk snack time sendiri, Bunda dapat memberikannya finger food berupa sayuran atau buah dengan tekstur halus namun cukup padat seperti: Wortel, brokoli, kembang kol, ketimun, pepaya, pisang, melon.

Ajarlah Untuk Menggosok Gusi dengan Kasa 1 Kali Sehari

Selain memberikan snack, Bunda juga dapat menstimulasi dengan membantunya Untuk bayi yang belum tumbuh gigi, area gusi sebaiknya tetap dibersihkan dengan kasa sebelum tidur. Penggunaan kain kasa yang dililitkan pada jari bertujuan untuk mebersihkan gusi dari sisa makanan sekaligus dapat memperlancar peredaran darah di gusi bayi. Sambil dibersihkan, usahakan juga untuk memijatnya dengan lembut guna merangsang pertumbuhan giginya ya Bun.

Dan Berikan Teether dari Bahan Karet yang Aman

Cara terakhir untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi adalah dengan penggunaan teether. Mainan gigit atau teether bisa dalam bentuk ring ataupun sikat gigi karet yang mudah digenggam. Meskipun teether disarankan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi, namun tetap saja penggunaan teether harus dibawah pengawasan orangtua.

Bun, pastikan teether si kecil terbuat dari bahan yang bebas BPA atau Bisphenol-A, yaitu bahan kimia plastik yang dapat meniru estrogen dan berbahaya bagi sistem hormon tubuh. Hal ini sangat berbahaya bagi ibu hamil, bayi dan anak-anak. Cara mengetahui teether tersebut aman adalah dengan mencantumkan tulisan BPA free dalam kemasannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top