Parenting

Bukan Hanya Ikutan Tren, Playdate Pun Punya Banyak Manfaat Keren!

testt11

Belakangan, playdate memang menjadi sebuah tren ya Bun. Bunda pasti pernah merancang kegiatan ini bersama teman yang memiliki anak dengan usia sebaya bukan? Yup, playdate memang menjadi ajang bermain sekaligus bersosialisasi para Bunda ditengah kesibukannya. Tapi tahukah Bunda, playdate tak hanya jadi tempat bermain. Banyak lho manfaat keren yang diciptakan dari kegiatan playdate.

Melatih Anak untuk Bersosialisasi Sejak Dini dan Jadi Lebih Aktif Bergerak

Bun, bagaimanapun si kecil terlahir untuk jadi makhluk sosial saja yang perlu bersosialisasi, si Kecil juga harus diajarkan untuk bersosialisasi sejak dini agar ia mampu beradaptasi dengan orang baru atau lingkungan baru dengan mudah nantinya. Sementara itu, playdate bisa dijadikan semacam ruang sosial si kecil dalam mengenal orang lain di tengah keterbatasan lingkuang bermain yang mungkin kurang mendukung. Bunda yang memiliki anak pemalu atau pendiam rasanya harus mencoba mengajak anak untuk playdate dengan anak lainnya agar secara perlahan sifat pemalunya dapat berkurang.

Belum lagi untuk anak-anak yang aktif bergerak, Bunda bisa menyusun rencana bersama teman mengenai playdate seru yang bisa dilakukan bersama dan membuat anak aktif bergerak. Bermain bola, berlari atau menikmati jalan kaki bersama di taman bisa menjadi pilihan permainan yang bisa menuntut anak untuk aktif bergerak.

Mengajarkan Buah Hati untuk Berbagi

Tak hanya bersosialisasi, manfaat playdate lainnya yaitu mengajarkan si kecil untuk berbagi mainan dengan teman sepermainannya lho Bun. Dengan mengajaknya playdate, si anak bisa memahami bahwa perlu untuk berbagi satu sama lain saat sedang main bersama.

Merangsang Emosi Serta Perkembangan Motoriknya Juga Lho Bun

Karena bertemu dengan anak yang berbeda karakter, maka manfaat playdate lainnya yang bisa diperoleh adalah terangsangnya kecerdasaan emosi si Kecil. Karena pada dasarnya playdate dapat memberikan pelajaran tentang mengolah emosi kepada anak dalam membangun empati, negoisasi, dan tenggang rasa ataupun menghargai sudut pandang anak lain saat bermain bersama. Selama playdate, si kecil tak akan terpaku pada gawai sehingga mengasah kemampuan motoriknya dengan baik, Bun. Dengan berbagai macam pilihan mainan yang bisa dilakukan sesuai dengan usianya, pengetahuan anak juga akan semakin bertambah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top