Kesehatan Ibu & Anak

Bila Mata Berkantung Karena Sering Begadang , Olahan Tomat dan Bahan-bahan di Dapur Bisa Jadi Obatnya Lho Bun

pexels-photo-257794

Kulit di bawah mata terlihat sangat sensitif kalau dibandingkan bagian tubuh yang lain nih Bun. Bahkan seringkali sirkulasi darah yang tak normal bisa membuat perubahan warna sehingga membuat area di bawah mata jadi membentuk lingkaran hitam. Nah, Bunda pasti akrab kan mendapati mata berkantung? Salah satu cara menghilangkan masalah tersebut ternyata bisa dengan memanfaatkan tomat lho Bun.

Tomat yang punya sifat untuk mencerahkan kulit gelap. Yup! Sayuran yang satu ini mengandung vitamin A, B, dan C yang dapat membantu regenerasi serta meremajakan kulit yang kusam. Tomat pun mengandung antioksidan yang memang bisa menangani kulit gelap dan masalah pigmentasi pada kulit. Nah Bun, ini mungkin saatnya Bunda menyiapkan solusi alami hanya berbekal tomat dan bahan-bahan  yang ada di dapur.

  1. Tomat dan Lemon: caranya cukup campurkan 1 sdt jus tomat dan 1 sdt jus lemon. Kemudian pakai kapas kering yang kemudian dibasahi pada campuran tomat dan lemon tersebut. Taruh kapas yang sudah basah di area lingkaran mata yang menghitam dan biarkan selama 10 menit. Setelahnya Bunda cukup cuci muka seperti biasa. Untuk hasil maksimal, gunakan racikan ini rutin selama dua kali sehari ya Bun
  1. Tomat, Mint dan Timun: Timun berfungsi untuk membuat kulit tetap terhidrasi. Sementara daun mint membantu menghilangkan pigmentasi di bawah mata. Nah untuk membuat racikan ini, cukup campurkan satu buah tomat yang sudah dilumatkan dicampur dengan 5-6 helai daun mint serta setengah buah timun yang sudah dihaluskan. Jadikan campuran tersebut seperti pasta. Kemudian cukup oleskan pasta di area mata yang menghitam dan diamkan selama 10-15 menit ya Bun.
  1. Tomat dan Lidah Buaya: sementara tomat berfungsi mencerahkan kulit, kalau lidah buaya bisa membantu dalam menghidrasi kulit lho Bun. Cara membuat racikan ini pun serupa dengan racikan yang sebelumnya. Cukup ambil daun lidah buaya segar dan pisahkan kulit dan gel putih dengan sendok. Kemudian haluskan tomat dan jadikan pasta tomat, baru kemudian campurkan ke dalam racikan gel lidah buaya. Oleskan racikan tersebut di bawah mata dan kemudian bilas dengan air dingin setelah 15 menit.
  1. Tomat dan Kentang: cukup kupas kulit kentang dan potong dadu ya Bun. Lalu haluskan hingga membentuk pasta kentang. Setelahnya hancurkan juga tomat dan kemudian campurkan pasta kentang dan tomat dalam sebuah wadah. Oleskan pasta tersebut ke area lingkaran mata dan diamkan selama 10 menit ya Bun. Dibanding beli bahan yang bisa menguras kantong, lebih baik pakai bahan-bahan alami dan cara pembuatannya pun mudah kan Bun?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Penyebab Telat Haid Tak Selalu Karena Terjadinya Kehamilan

Telat Haid

Umumnya, salah satu tanda kehamilan yang paling dikenali adalah telat menstruasi. Tapi tak selamanya kondisi telat datang bulan menjadi tanda Bunda sedang hamil, justru bisa jadi ada gangguan kesehatan yang sedang mengancam tubuh Bunda. Lantas, apa saja ya penyebab perempuan bisa sampai mengalami kondisi demikian? Berikut ini sederet pemicu menstruasi bisa telat datang, Bun.

1. Didera Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCS merupakan salah stau gangguan ketidakseimbangan hormon kehamilan dimana wanita memiliki folikel (lapisan yang melindungi sel telur) tambahan sehingga membuat sel telur dilepas lebih lama dari biasanya. Kadang kala bila tak ada telur yang dilepaskan, maka tak terjadi menstruasi.

2. Sedang Mengalami Stress

Bun, stress juga bisa memicu Bunda jadi penyebab haid datang terlambat. Ini karena stress sendiri memengaruhi hipotalamus sehingga menyebabkan gangguan hormon yang menstimulus indung telur. Seorang perempuan yang sedang dilanda stres umumnya mengalami menstruasi yang tidak teratur.

3. Penurunan berat badan berlebihan

Apakah Bunda sedang dalam proses diet? Atu sedang mengonsumsi obat penurun berat badan? Akhirnya berat badan yang berkurang drastis pun bisa menyebabkan gangguan hormon yang menyebabkan mensturasi datang terlambat.

“Kehilangan berat badan dan anoreksia berat dapat mematikan hormon stimulasi folikel (FSH) dan hormon luteinizing (LH) yang mengatur ovarium,” kata dr. Vyas, spesialis kandungan dari Houston Methodist Obstetrics and Gynecology Associates.

4. Tumor pituitari

Kendati kondisi ini langka, justru terkadang prolaktima (sejenis tumor pituitari) yang bertugas untuk mengatur hormon prolaktin untuk produksi ASI adalah penyebab telat haid. Jadi bisa Bunda mengalami sakit kepala, penglihatan buram dan muncul cairan dari payudara kendati tak menyusui, sebaiknya periksakan diri Bunda ke dokter guna mengetahui kemungkinan memiliki tumor ini.

5. Kelenjar tiroid terlalu aktif

Bun, penyebab telatnya haid yakni karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Nah, kelenjar tiroid ini memiliki fungsi mengatur metabolisme tubuh sehingga kadar hormon pun terkontrol. Sementara itu, perubahan hormon juga dikaitkan dengan perubahan gula darah. Karena inilah penderita diabetes yang gula darahnya tidak mampu dikontrol mengalami haid tidak teratur.

6. Olahraga yang Berlebihan

Faktanya, olahraga berat dan berlebihan bisa memicu wanita tak mengalami menstruasi selama tiga siklus berturut-turut atau lebih. Kondisi ini umumnya terjadi pada atlet. Jangan paksakan untuk berolahraga ketika Bunda sedang cedera atau cuaca kurang mendukung.

7. Kadar hormon prolaktin terlalu tinggi

Bun, seorang wanita sedang menyusui biasanya tidak haid, bahkan pada beberapa kasus seorang wanita berhenti haid saat memasuki periode ini. Tanda-tanda kadar hormon prolaktin yang terlalu tinggi dapat terlihat dari keluarnya cairan seperti susu dari puting payudara, baik saat Anda hamil, menyusui, atau tidak keduanya.

Namun kendati tak mensturasi, bukan berarti Anda tidak bisa hamil, pembuahan tetap bisa terjadi meski Anda tidak mendapatkan haid. Setelah menyapih, siklus menstruasi Anda bisa kembali normal dalam waktu 6-8 minggu.

8. Kebiasaan Merokok

Penyebab telat haid juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan seorang wanita yang sering merokok, Bun. Zat-zat yang ada di dalam rokok seperti nikotin, bisa memengaruhi hormon progesteron dan estrogen di mana kedua hormon itu memainkan peran penting dalam siklus menstruasi.

9. Kenaikan Berat Badan

Tidak hanya menurunnya berat badan secara drastis yang menjadi penyebab telat haid, ternyata bertambahnya berat badan juga bisa memicu perubahan hormonal dalam tubuh wanita. Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang wanita yang indeks massa tubuhnya berada pada angka 25-30 atau lebih, mempunyai risiko tinggi mengalami telat haid. Guna mengatasi hal ini, Anda disarankan untuk melakukan olahraga dan diet.

10. Menopause Dini

Perempuan di bawah usia 40 tahun biasanya rentan mengalami menopause dini. Untuk itu, perlu diketahui, sebelum seorang wanita mengalami menopause siklus haidnya menjadi tidak teratur. Selain itu wanita pun juga akan mengalami beberapa gejala menopause seperti vagina kering dan berkeringat di malam hari.

Bahkan ada situasi dimana wanita akan sulit mengendalikan buang air kecil serta  area kulit, mata hingga mulut menjadi lebih kering. Menopause pada sebagian besar wanita mengakibatkan gangguan emosi hingga menurunnya gairah seksual. Namun, akan lebih baik apabila menopause dipastikan oleh dokter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Tanda Pasti Hamil yang Dialami Para Calon Bunda

Tanda pasti hamil

Tanda tanda kehamilan penting untuk diketahui karena tidak sedikit wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil, terutama pada masa-masa hamil muda. Tanda awal kehamilan memang sulit diketahui karena ciri-ciri yang muncul biasanya tidak terlalu siknifikan dan bisa saja memiliki gejala yang sama dengan haid.

Beberapa wanita juga mungkin dapat merasakan ada yang berbeda, namun kebanyakan menganggapnya sebagai tanda tubuh sedang kurang sehat dibanding mengira sebagai tanda awal kehamilan. Mengetahui tanda tanda hamil sangatlah penting agar dapat Bunda dapat menjaga kesehatan dirinya dan janin. Nah berikut ini ulasan tanda-tanda hamil muda pada perut Bunda.

Mudah Lelah

Bun, perasaan mudah lelah akan dirasakan oleh para calon Bunda yang sedang hamil muda. Ini karena perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron saat hamil mempengaruhi fisik Bunda. Karenanya, saat sedang hamil, biasanya Bunda jadi tak sekuat biasanya dan mudah merasa lelah sekalipun melakukan aktivitas yang sederhana dan tak terlalu berat. Biasanya perasaan mudah lelah akan dirasakan wanita yang sedang hamil 1 minggu.

Mengalami Kram Perut

Kram perut juga akan dirasakan oleh wanita yang sedang hamil muda. Umumnya rasanya seperti kram perut saat menstruasi. Untuk mengatasinya, apalagi bila kram perut terasa mengganggu, Bunda dapat meredakan rasa sakit dengan mengompreskan bantal penghangat di perutnya dan jangan lupa untuk beristirahat cukup.

Payudara Mengalami Perubahan Bentuk dan Menjadi Lebih Lembut

Tanda Bunda sedang mengandung juga dapat dikenali saat payudara mengalami rasa nyeri atau bahka ngilu di sekitar payudara. Bila dilihat lebih jeli, payudara mengalami perubahan ukuran dan membesar bahkan lebih lembut saat dipegang.

Jadi, bila Bunda belum melakukan cek kehamilan namun muncul tanda-tanda ini, barangkali memang ada janin di dalam perut Bunda. Tak hanya payudara, bokong pun ada kemungkinan mebesar. Bahkan ada beberapa wanita yang mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Mengalami Morning Sickness

Pernah dengar istilah ini, Bun? Morning Sickness sendiri adalah istilah dimana seorang perempuan yang sedang hamil muda merasakan mual dan muntah-muntah terutama di pagi hari saat Bunda baru bangun tidur. Sejatinya tak semua calon ibu akan mengalami morning sickness saat ia mengandung janinnya. Tapi di kebanyakan kasus, wanita yang punya firasat atau memang sedang hamil maka akan rentan mengalami gejala muntah-muntah.

Keluar Flek Darah

Tak hanya orang yang sedang haid saja yang akan mengeluarkan flek darah dari miss V. Wanita yang sedang hamil pun bisa mengalami hal serupa. Kendati mirip, flek darah yang keluar di masa-masa awal kehamilan berbeda dengan flek yang keluar saat menstruasi.

Umumnya, flek darah tanda kehamilan itu berwarna lebih pucat daripada darah haid yang kamu alami. Warna flek darah yang pucat ini muncul akibat dari implantasi embrio ke dalam dinding rahim.

Lebih Sering Buang Air Kecil

Adanya tekanan di bagian kandung kemih akibat pertumbuhan janin di rahim akan membuat wanita yang sedang hamil menjadi lebih sering buang air kecil lebih daripada biasanya. Hal itu juga berlaku bagi perempuan yang tidak banyak minum air. Meskipun kondisi ini akan melelahkan kamu bolak balik ke kamar mandi, wanita yang sedang hamil tidak boleh menahan-nahan rasa ingin buang air kecil agar tidak meracuni janin ya Bun.

Indera Penciuman Menjadi Lebih Tajam

Di awal-awal kehamilan, bisa saja Bunda memiliki ketidaksukaan terhadap suatu makanan atau buah yang memiliki aroma tajam. Dan hal ini hanya dirasakan di momen hamil, aroma sesuatu yang awalnya biasa saja saat ia tidak hamil, saat ia sedang hamil bisa membuatnya tidak nyaman, seperti aroma tubuh suaminya. Hal ini dikarenakan pada perempuan yang tengah hamil muda, indera penciuman menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Mom Life

Cara Berhubungan Intim untuk Pasutri Baru

Cara Berhubungan Intim bagi Pengantin Baru

Untuk pasutri yang baru pertama menikah, momen malam pertama tentu akan jadi pengalaman yang penuh kejutan. Ada yang meninggaalkan cerita menyenangkan, namun tak sedikit yang mengaku tak puas dengan momen malam pertama mereka. Akhirnya mereka enggan melakukannya lagi. Bun, sejatinya cara berhubungan intim yang benar adalah tidak asal penetrasi, tapi juga harus memberikan kepuasan bagi dua belah pihak.

Jadi, jangan sampai istri mengutamakan suami namun lupa untuk membuat dirinya puas juga. Janganlah jadi pasangan yang pasif, berusahalah ekspresif agar kehidupan percintaan Bunda dan suami lebih menggairahkan ke depannya. Untuk pengantin baru, berikut ini tips-tipsnya.

Mempersiapkan Diri

Ingatlah bahwa kini di depan Anda ada seseorang yang telah Anda pilih menjadi suami, imam Anda dan akan selalu menjaga Anda sampai maut memisahkan. Untuk itu, buang segala macam ketakutan dan yakinlah bahwa dia tak akan pernah menyakiti Anda dengan sengaja.

Persiapan diri pun dapat dilakukan dengan memakai baju seksi di malam pertama. Berikan penampilan terbaik dan munculkan rasa siap untuk memasuki fase baru dalam kehidupan sebagai seorang wanita. Tapi kalau Anda belum siap atau terlalu gugup, tak ada salahnya terbuka pada suami dan mengatakan yang sejujurnya. Jangan tergesa-gesa, jangan sampai malam pertama jadi malam yang traumatis jika Bunda tak benar-benar siap untuk menjalaninya.

Singkirkan Rasa Malu dan Beranilah Berekspresi dengan Rasa Percaya Diri yang Penuh

Saat Anda sah menjadi istri, jangan ragu untuk ‘melayani’ suami dan mencumbunya sepenuh hati. Munculkan rasa percaya diri dan tak usah malu untuk mengatakan apa yang Anda inginkan. Jika mungkin sebelumnya masih malu-malu, mungkin ini saatnya melampiaskan semua. Tapi tak perlu buru-buru, resapi setiap sentuhan dan belaian dengan lembut. Nikmati setiap detiknya, agar malam pertama lebih berkesan dan indah untuk dikenang.

Pemanasan

Jangan takut dengan rasa sakit yang akan dirasakan saat berhubungan intim. Sebab hal ini bisa dicegah dengan foreplay yang baik hingga tubuh Anda memproduksi cukup pelumas untuk memuluskan jalan suami saat melakukan penetrasi. Ketika tubuh Anda siap menerima tubuh suami, rasa sakit tidak akan terlalu terasa, Anda pun bisa fokus menikmati setiap sensasinya.

Pastikan Bunda Tahu Cara Melakukan Foreplay

Lepaskan pakaian dengan perlahan, Anda juga bisa membantu pasangan melepaskan bajunya. Lepaskan baju satu per satu, bisa diselingi dengan ciuman di area terbuka, atau sambil berciuman bibir serta meraba. Tak perlu buru-buru, kunci menikmati malam pertama adalah bisa bereksperimen dengan berbagai cara.

Saling membelai, meraba, mencium, dan mencoba hal-hal baru yang membuat pasangan terbakar gairah. Jangan malu, jangan ragu. Ini saatnya Anda berdua saling mengeksplorasi tubuh pasangan, menemukan titik-titik rangsangan yang bisa membuat pasangan menggila.

Jangan Ragu Memberikan Ciuman dan Belaian

Setiap pasutri perlu tahu, ciuman adalah awal dari keintiman. Bahkan ciuman bisa membuat wanita terbakar gairah apalagi diiringi dengan belaian di sekujur tubuh. Untuk itu, berikan ciuman dan belaian pada suami Anda dan temukan titik sensitif yang membuatnya bergairah. Jangan ragu untuk mengatakan bahwa Anda pun butuh dicumbu bahkan kalau bisa dibuat orgasme sebelum melakukan penetrasi.

Orgasme sebelum penetrasi terutama penting bagi wanita di malam pertamanya. Hal ini akan membantu tubuhnya menjadi rileks, dan mengeluarkan pelumas alami yang bisa membuat penetrasi lebih mudah dan tidak terasa menyakitkan.

Saatnya Penetrasi

Waktu tepat melakukan penetrasi akan datang sendiri ketika kalian berdua sudah siap. Tak perlu menentukan berapa lama kalian melakukan pemanasan sebelum penetrasi, begitu siap, maka kalian berdua yang akan merasakannya, dan tahap berikutnya bisa dilaksanakan dengan baik.

Baru setelah penetrasi, kalian dapat menentukan gerakan mana yang membuat nyaman. Bagi suami, bergeraklah dengan ritme yang stabil dan tanyakan pada istri apakah dia menikmati gerakan ini. Pastikan istri juga mendapatkan kenikmatan dalam bercinta, jangan hanya fokus pada kepuasan suami.

Klimaks

Ketika Anda berdua mencapai klimaks, nikmati setiap sensasinya, jangan menahan diri, resapi orgasme Anda selama mungkin. Peluk pasangan dengan erat ketika orgasme datang, supaya dia tahu kalian ada di puncak kepuasan bersama-sama.

Tidak ada yang ditinggalkan. Katakan pada suami kalau wanita suka dipeluk setelah berhubungan seks, dan pria suka mendengar istrinya merasakan kepuasan setelah bercinta. Lakukan kedua hal ini untuk menambah keintiman kalian berdua.

Momen Pasca Orgasme

Setelah mencapai puncak kepuasan, jangan langsung tidur. Gunakan waktu ini untuk lebih mempererat emosi. Bicaralah tentang masa depan yang kalian rencanakan, bicarakan tentang harapan dan impian Anda berdua dari pernikahan yang baru dimasuki. Jangan lupa untuk membersihkan diri setelah berhubungan seks, agar tidak terkena infeksi saluran kemih. Anda berdua bahkan bisa mandi bersama untuk menambah keintiman di malam pertama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top