Hiburan Anak

Berbagi Cerita, Berbicara dan Bernyanyi Setiap Hari Membantu Perkembangan Anak. Sudahkah Melakukannya Hari ini?

dongeng anak

 

Waktu yang Anda habiskan untuk memeluk anak-anak Anda, melihat mereka terlibat dalam sebuah kisah yang diceritakan kepada mereka dari bibir Anda sendiri, adalah pengalaman yang tak ternilai. Di atas nilai sentimental, semakin banyak penelitian yang membuktikan bagaimana membaca memberikan banyak keuntungan dalam masa perkembengan anak-anak.

Mengapa Membaca Itu Penting Untuk Bayi dan Anak-Anak

Berbagi cerita, berbicara dan bernyanyi setiap hari membantu perkembangan anak Anda.

Anda membantu anak Anda menjadi akrab dengan suara, kata-kata, bahasa dan nilai dari sebuah buku. Ini semua membangun keterampilan keaksaraan awal anak Anda, membantu dia untuk berhasil di kemudian hari.

Membaca cerita memicu imajinasi anak Anda, merangsang rasa ingin tahu dan membantu perkembangan otak. Ilustrasi menarik dan pola kata – seperti sajak – bisa mengajarkan anak Anda berbicara tentang apa yang dia lihat dan berpikir, dan membantunya memahami pola-pola bahasa.

Menjelajahi cerita juga membantu anak Anda belajar perbedaan antara ‘nyata’ dan dapat membantu mengembangkan ide mereka sendiri.

Membaca atau bercerita juga bisa cara yang aman untuk mengeksplorasi emosi yang kuat, yang dapat membantu anak Anda memahami perubahan, serta peristiwa baru atau menakutkan. Buku tentang pergi ke dokter gigi atau rumah sakit, mulai dari perawatan anak atau membuat teman baru akan membantu anak Anda belajar tentang dunia di sekelilingnya. Berbagi cerita dengan anak Anda tidak berarti Anda harus membaca

Membaca adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kesiapan sekolah. Ketika Anda membaca untuk anak Anda, Anda sedang membangun kosakata, bahasa dan keaksaraan keterampilan mereka, sambil meningkatkan konsentrasi, rasa ingin tahu dan memori.

Sukses di Sekolah. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan banyak buku di rumah cenderung lebih sukses di sekolah.

Membaca bersama-sama membangun hubungan keluarga yang kuat. Dengan berpelukan bersama-sama dengan buku yang bagus, Anda mengajarkan anak Anda bahwa membaca adalah menyenangkan-bahkan untuk orang dewasa.

Buku adalah cara yang bagus untuk mengajar anak-anak bagaimana menangani pengalaman baru dan situasi tertekan. Cerita dapat membantu anak-anak memahami, berbicara tentang dan menangani segala sesuatu dari mulai sekolah baru sampai hilangnya hewan peliharaan.

Hanya dengan melihat buku dengan anak Anda, Anda bisa menjadi pendongeng yang hebat dan contoh yang baik untuk menggunakan bahasa dan buku. Anak Anda akan belajar dengan menonton Anda memegang sebuah buku dengan cara yang benar dan melihat bagaimana Anda bergerak melalui buku dengan lembut memutar halaman.

Membaca cerita dengan anak-anak memiliki manfaat untuk orang dewasa juga. Waktu khusus ini dapat memperkuat  ikatan dan membantu membangun hubungan Anda, meletakkan dasar untuk anak Anda secara sosial, komunikasi dan keterampilan interpersonal.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membaca Dan Bercerita

dongeng anak, gambar dongeng anak

Pada saat tidur, waktu mandi, waktu buang air, di kereta, di bus, di dalam mobil, di taman, di kereta dorong bayi, di ayunan, ketika Anda berada di ruang tunggu… setiap saat adalah saat yang tepat untuk bercerita! Anda dapat membuat buku sebagai bagian dari rutinitas harian Anda – membawa mereka dengan Anda untuk berbagi dan menikmatinya dimana saja.

Mengetahui kapan harus berhenti bisa sama pentingnya dengan menemukan waktu untuk berbagi cerita di tempat pertama. Perhatikan reaksi anak Anda untuk cerita, dan berhenti jika dia tidak menikmatinya. Anda selalu dapat mencoba sebuah buku cerita di lain waktu.

Jika Anda tidak memiliki buku, atau tidak dapat bercerita, jangan khawatir. Ada banyak cara lain untuk membaca bersama anak Anda untuk dapat berbagi huruf, kata-kata dan gambar. Sebagai contoh, Anda dapat melihat:

• Kemasan barang yang ada di rumah atau di supermarket, terutama kemasan makanan
• Label pakaian – apa yang tertulis pada label t-shirt? Apa warnanya?
• Surat dan catatan – apa saja yang tertulis disana? Siapa yang mengirim mereka?
• Rambu-rambu atau poster di toko-toko, atau di bus dan kereta api – menunjuk rambu atau plang yang memiliki huruf sama dengan nama anak Anda
• Menu restoran- ini bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak untuk melihat dan mengetahui apa yang mereka ingin makan.

Tips Untuk Berbagi Buku Dengan Bayi Dan Anak Kecil

• Buatlah rutinitas dan cobalah membaca setidaknya satu buku setiap hari. Sebuah kursi membaca di mana Anda berdua nyaman dapat menjadi bagian dari rutinitas Anda membaca.
• Matikan TV atau radio, dan tentukan tempat yang tenang untuk membaca sehingga anak Anda dapat mendengar suara Anda.
• Pegang anak Anda dekat atau di lutut Anda saat Anda membaca, sehingga dia bisa melihat wajah Anda dan buku yang dibaca.
• Cobalah suara lucu dan suara  aneh- bermain dan bersenang-senanglah!
• Libatkan anak Anda dengan mendorong pembicaraan tentang gambar, dan dengan mengulang kata-kata yang akrab dan frase.
• Kunjungi perpustakaan setempat Anda – tempat gratis untuk bergabung dan meminjam.
• Biarkan anak Anda memilih buku ketika ia cukup tua untuk mulai bertanya.
• Bersiaplah untuk membaca buku-buku favorit lagi dan lagi!
• Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, mereka dapat berbagi buku dengan anak-anak Anda yang lebih muda, atau Anda dapat membaca semua bersama-sama. Bergiliran, mengajukan pertanyaan dan mendengarkan jawaban merupakan keterampilan penting yang akan membantu anak Anda ketika dia mulai belajar membaca.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu, Kirimkan Foto Terbaik Keluargamu

momenkeluarga

Zaman dahulu kenangan keluarga diceritakan hanya melalui kisah-kisah verbal orang tua kepada anak cucunya. Kemudian datang era tulisan, dimana kenangan dituliskan dalam buku tulis dan untuk diberikan kepada generasi selanjutnya.

Lalu cara itu berganti ketika Kodak memperkenalkan kamera portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Momen-momen penting keluarga tersimpan manis dalam album-album foto atau pigura yang dipajang di ruang-ruang tamu.

Tapi kemudian cara itu mulai luntur ketika datang era telepon pintar. Foto-foto kebersamaanmu Kini seringnya hanya tersimpan dalam penyimpanan gadget atau dalam unggahan sosial media. Saat itu pula kita tak lagi melihat keberadaan foto-foto itu sepenting ketika era dalam album dahulu.

Berapa banyak foto yang hilang karena gadgetmu bermasalah dan harus direset? Bagaimana pulak dengan foto jalan pertama si kecil yang kini hilang karena akun sosial mediamu diretas orang tak bertanggung jawab?

Ah, apakah kamu termasuk orang yang sangat telaten menyimpan semua foto-foto kenangan itu? Kamu menyimpan salah satu foto terbaik momen bersama keluargamu yang mungkin tak pernah terulang?

Kirimkan foto terbaikmu itu, agar semua bisa belajar dari kasih dan sayangmu bersama keluarga. Foto terbaik akan memenangkan Smartpone dan Smartfren MIFI

Ikuti Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu

Upload

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top