Kesehatan Ibu & Anak

Bayi Anda Mengalami Biang keringat? Beginilah cara mengatasinya!

newborn-baby-feet-basket-161709

Seperti yang telah kita pahami bersama bahwa biang keringat adalah ruam kecil yang memiliki warna merah dan menonjol serta gatal-gatal. Hal itu dapat menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit.

Biang keringat ini dikenal juga dengan nama ruam panas atau meliria ini tidak hanya dialami oleh bayi saja, tetapi orang dewasa pun juga bisa mengalaminya ketika cuaca sedang panas atau ketika berada dalam ruangan yang lembab.

Perlu anda ketahui bahwa biang keringat yang terjadi pada bayi biasanya muncul pada bagian leher, dan kadang terjadi pada bagian ketiak, lipatan siku dan juga selangkangan. Sementara untuk orang dewasa biang keringat akan terjadi pada lipatan-lipatan kulit yang bergesekan dengan baju.

Tips mengatasi biang keringat pada bayi

Meski pun biang keringat yang terjadi pada bayi bukanlah hal yang serius, tetapi anda harus berusaha untuk menghilangkannya, sebab jika tidak bayi anda akan rewel dan menangis karena rasa gatal dan perih yang dideritanya. Nah berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

  1. Menghindarkan bayi dari tempat yang panas dan lembab.

Kondisi yang terlalu panas akan membuat bayi anda mengalami keluar banyak keringat. Dengan demikian, ruam akan terjadi semakin parah. Maka dari itulah, pastikan anda membawa bayi anda di tempat yang sejuk untuk menghindari panas.

  1. Menjaga kulit supaya tetap dingin.

Untuk menjaga kulit supaya tetap dingin dan tidak berkeringat, anda bisa mengganti pakaian si kecil ketika sudah penuh dengan keringat. Anda bisa mengelap keringat yang menempel pada tubuh si kecil supaya kering dan tidak basah karena keringat. Jika udara terlalu panas, anda bisa mengipasi bayi anda dari kejauhan, dengan demikian bayi tidak lagi berkeringat.

  1. Janganlah memakai pakaian yang terlalu longgar.

Sebaiknya anda jangan memakaikan bahan pakaian yang terbuat dari kain sintetis pada bayi anda, seperti halnya polyester atau nilon. Karena kain dengan bahan tersebut lebih banyak menyerap panas dan membuat bayi anda makin berkeringat.

  1. Selalu menjaga kebersihan pada bayi anda.

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan yang cukup, misalnya ketika bayi anda memakai pempes, ketika sudah penuh segeralah diganti, sebab jika tidak bisa juga menimbulkan keringat. Jika sudah begitu maka bayi anda akan rewel dan menangis terus.

  1. Taburi talek.

Jika bayi anda mulai rewel karena merasa gatal-gatal dan perih yang disebabkan biang keringat, maka cobalah untuk memberikan talek diseluruh tubuhnya. Dengan demikian, bayi anda akan merasa tenang karena tidak ada keringat yang menempel.

  1. Olesi bedak dingin.

Jika anda sudah mencoba memakai talek tetapi bayi anda masih rewel karena merasa gatal-gatal, maka anda bisa mencoba untuk memakaikan bedak dingin pada si kecil. Caranya sangat mudah, seduhlah bedak dingin dengan air hangat, kemudian diamkan sebentar sampai dingin. Setelah dirasa sudah dingin, barulah oleskan pada bagian yang terkena biang keringat. Dijamin bayi anda akan tenang dan tidak lagi rewel.

  1. Olesi minyak telon.

Anda juga bisa memakai minyak telon untuk mengurangi rasa perih dan gatal-gatal yang disebabkan karena biang keringat. Namun pilihlah minyak telon yang tidak terlalu panas, sehingga bayi anda akan merasa nyaman.

  1. Rajin mandi.

Usahakan untuk bayi anda mandi sehari dua kali, sebab jika tidak akan banyak kotoran yang menumpuk di dalam tubuh bayi anda dan itu menimbulkan terjadinya biang keringat. Dengan rutin mandi dua kali sehari, maka bayi anda akan merasa segar dan biang keringat dapat teratasi dengan mudah.

Nah jika biang keringat yang terjadi pada bayi anda semakin parah, maka cobalah untuk konsultasi ke dokter. Jangan menunda, sebab kesehatan bayi anda adalah hal yang paling penting.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi biang keringat pada bayi. Semoga dapat bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top