Parenting

Bayi anda Menangis terus? Atasi dengan langkah-langkah berikut ini!

Bayi anda Menangis terus- Atasi dengan langkah-langkah berikut ini!

Mungkin anda sebagai orang tua merasa risau ketika bayi menangis terus menerus, terlebih lagi jika tanpa sebab yang pasti tentu membuat anda sebagai orang tua merasa bingung. Diberi asi menolak, digendong tetap menangis dan diberi makan semakin menangis. Lalu bagaimana cara mengatasi bayi yang terus menangis? Tenang, dalam artikel ini penulis akan mencoba untuk memaparkan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi bayi yang menangis terus.

Penyebab bayi menangis terus

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasi bayi yang menangis terus, kita ketahui terlebih dahulu penyebab bayi menangis terus. Berikut ini adalah beberapa sebab kenapa bayi anda sering menangis terus.

  1. Bayi menangis karena menginginkan sesuatu.

Ketika bayi merasa lapar atau gerah atau tidak nyaman dengan keadaannya, maka dia akan menangis. Karena memang dengan cara seperti itulah mereka berkomunikasi dan itu sebagai wujud untuk menyampaikan bahwa dia sedang tidak nyaman atau sedang memerlukan sesuatu Misalnya, dia merasa haus, merasa lapar, badan terasa gatal, tidak suka terlalu sering diletakan di ranjang dan lain sebagainya.

  1. Kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan yang baru.

Menurut seorang pakar bernama Harvey Karp, MD, dokter anak sekaligus pengarang buku dan pembuat film dokumentasi The Happiest Baby on the Block,   dia mengatakan bahwa sebagian besar bayi menangis karena mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Mereka masih merasa asing dengan cahaya, tekstur, suara, dan juga sensasi-sensasi baru seperti: rasa lapar atau keinginan untuk membuang angin itu sangat mengganggu bagi kehidupan bayi.

  1. Karena ada gangguan dari luar.

Jika bayi anda terus menangis tanpa sebab yang pasti dan itu tiba-tiba, bayi anda mungkin sedang diganggu oleh makhluk lain yang tidak bisa dilihat oleh kita sebagai orang tua. Seperti yang telah kita tahu bahwa bayi masih sangat suci sehingga kemungkinan untuk diganggu oleh makhluk halus sangatlah terjadi. Meski itu terkadang diartikan sebagai mitos orang jawa, namun tidak ada salahnya kita sebagai orang tua menjaga bayi dengan semaksimal mungkin.

Tips mengatasi bayi yang menangis terus

Setelah kita mengetahui penyebabnya, kini kita akan mengettahui pula cara mengatasi bayi yang menangis terus. Berikut ini adalah beberapa cara untuk anda.

  1. Bedong bayi.

Bedong bayi anda menggunakan kain yang lembut dan halus. Berada dalam bedongan bisa membuat tubuh bayi berkedut dan bisa membantu mereka terlepas dari rasa capek hingga akhirnya akan tertidur dengan sangat pulas.

  1. Posisikan bayi meringkuk ketika sedang anda gendong.

Ketika bayi berada dalam rahim dia menghabiskan sebagian waktunya dalam posisi meringkuk. Nah anda bisa menggendong bayi anda dengan posisi meringkuk atau bisa juga membaringkannya dengan posisi tersebut atau posisi telungkup bisa membuat bayi merasa lebih nyaman. Perlu anda tahu hanya meletakan bayi anda dalam posisi seperti itu apabila dia terus menerus menangis dan pastikan anda terus mengawasinya. Namun dalam kondisi biasa selalu posisikan bayi anda dalam posisi terlentang. Ingat, posisikan bayi seperti di atas ketika mennangis saja, dan jangan terlalu lama.

  1. Bisikan sesuatu pada bayi.

Ketika bayi anda menangis terus cobalah bisikan kata-kata yang halus, menenangkan, dan anda juga bisa bernyanyi lirih untuk bayi anda. Dengan demikian, bayi anda akan merasa tenang dan tidak menangis lagi.

Ketika bayi anda menangis terus anda bisa mencoba untuk mengayun-ayunkan bayi dengan gerakan konstan, itu akan mengingatkan bayi anda saat bayi anda masih berada dalam rahim. Dengan begitu bayi anda akan merasa tenang dan nyaman bersama anda.

  1. Menghisap jari bayi.

Menghisap jari merupakan sebuah relaksasi yang baik bagi bayi. Tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa langkah tersebut adalah langkah yang terakhir setelah keempat hal itu tidak berhasil untuk menenangkan bayi anda yang menangis terus.

Jika bayi anda menangis terus menerus, anda bisa menyentuh bayi dengan sangat lembut. Sebab sentuhan yang ditimbulkan dari anda akan dapat menstimulasi resepter perasaan nyaman di dalam otak bayi anda. Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa sentuhan lembut dari seorang ibu disepanjang tubuhnya lebih efektif jika dibandingkan dengan sentuhan pendek dengan cepat. Sentuhlah pada bagian pipi, kaki, punggung, atau perut bayi anda.

Anda bisa menyanyikan dengan suara lembut dan dengan tempo yang lambat. Sebab tubuh manusia akan merespon musik dengan cara menyamakan dengan denyut jantung serta indera perasa yang sesuai dengan tempo musik yang akan didengar.

  1. Memandikan bayi.

Suara air dan perasaan hangat yang ditimbulkan dari air tersebut juga bisa mengatasi bayi anda yang menangis terus. Anda bisa ikut mandi bersamanya karena kontak kulit antara anda dengan bayi anda sangat bermanfaat untuk menenangkan bayi anda.

  1. Tetap tenang.

Perlu anda tahu bahwa bayi juga bisa merasakan ketegangan yang dirasakan oleh orang tuanya, dan dia akan lebih cenderung bereaksi terhadap hal-hal tersebut. Jadi, pastikan jangan sampai tangisannya membuat anda merasa panik, stres atau frustasi karena hal tersebut justru akan memperburuk tangisan bayi anda.

  1. Bisikan doa.

Jika tangisan bayi semakin kencang dan tidak berhenti maka anda bisa membisikan doa ditelinga bayi anda. Sebab tangisan bayi tersebut bisa saja terjadi karena adanya gangguan dari makhaluk halus dari luar. Dengan adanya doa maka bayi anda akan tenang dan merasa nyaman kembali.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi bayi yang menangis terus. Semoga dapat bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu, Kirimkan Foto Terbaik Keluargamu

momenkeluarga

Zaman dahulu kenangan keluarga diceritakan hanya melalui kisah-kisah verbal orang tua kepada anak cucunya. Kemudian datang era tulisan, dimana kenangan dituliskan dalam buku tulis dan untuk diberikan kepada generasi selanjutnya.

Lalu cara itu berganti ketika Kodak memperkenalkan kamera portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Momen-momen penting keluarga tersimpan manis dalam album-album foto atau pigura yang dipajang di ruang-ruang tamu.

Tapi kemudian cara itu mulai luntur ketika datang era telepon pintar. Foto-foto kebersamaanmu Kini seringnya hanya tersimpan dalam penyimpanan gadget atau dalam unggahan sosial media. Saat itu pula kita tak lagi melihat keberadaan foto-foto itu sepenting ketika era dalam album dahulu.

Berapa banyak foto yang hilang karena gadgetmu bermasalah dan harus direset? Bagaimana pulak dengan foto jalan pertama si kecil yang kini hilang karena akun sosial mediamu diretas orang tak bertanggung jawab?

Ah, apakah kamu termasuk orang yang sangat telaten menyimpan semua foto-foto kenangan itu? Kamu menyimpan salah satu foto terbaik momen bersama keluargamu yang mungkin tak pernah terulang?

Kirimkan foto terbaikmu itu, agar semua bisa belajar dari kasih dan sayangmu bersama keluarga. Foto terbaik akan memenangkan Smartpone dan Smartfren MIFI

Ikuti Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu

Upload

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top