Parenting

Bantu Buah Hati Menghadapi Hari Dengan Memberinya Manfaat Baik Dari Sarapan Gandum Utuh Bun

sereal

Sarapan merupakan aktivitas pada pagi hari yang jangan sampai terlewatkan begitu saja. Selain sebagai sumber energy, sarapan juga menjaga daya tahan sehingga tak gampang terserang penyakit. Terutama untuk menghindarkan diri dari penyakit maag yang kebanyakan dikarenakan kerap meninggalkan sarapan.

Untuk mendapatkan sarapan yang berkualitas tak melulu harus dengan nasi putih. Sarapan dengan jumlah karbohidrat terlebih tanpa diimbangin dengan serat justru akan menimbulkan rasa kantuk. Untuk itu gandum utuh dapat menjadi alternatif yang sangat bagus untuk menu sarapan buah hati.

Sarapan sereal yang terbuat dari gandum utuh dan segelas susu sudah cukup sebagai pembangkit energi pagi. Selain mudah untuk membuatnya, menu sarapan yang satu ini juga sehat dan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Lalu apa saja kebaikan sarapan gandum utuh?

Gandum Utuh Kaya Kandungan Nutrisi Sehingga Cocok Untuk Sarapan

Gandum utuh terdiri menjadi 3 bagian, yaitu dedak atau kulit, biji, dan endosperma. Di dalam whole grain sendiri terkandung berbagai zat bioaktif, seperti serat, antioksidan, vitamin, dan juga berbagai zat fitokimia. Melihat kandungan nutrisinya yang begitu beragam, rasanya Bunda tak perlu ragu untuk menyajikan sereal dari gandum utuh sebagai sarapan untuk buah hati.

Kandungan Serat Tinggi Dalam Gandum Utuh Sangat Baik Untuk Pencernaan

Manfaat lainnya dari konsumsi gandum utuh adalah dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Hal itu disebabkan di dalam gandum utuh terdapat serat dalam jumlah yang tinggi. Serat inilah yang membuat pencernaan menjadi lancar. Apa agi jika konsumsi gandum utuh juga diiringi dengan buah atau sayuran yang tentu sangat baik untuk menutrisi tubuh.

Rutin Mengonsumsi Gandum Utuh Mampu Menurunkan Resiko Kanker Usus

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan yang ada di dunia ini, termasuk juga kanker usus. Dengan mengonsumsi gandum utuh secara rutin maka penyakit tersebut dapat dihindari. Kandungan serat yang tinggi dalam gandum utuh dapat membuat sistem pencernaan jadi lancar. Dengan demikian resiko kanker usus pun dapat menurun.

Bahkan Dapat Mengurasi Resiko Terkena Diabetes Tipe 2

Jika dulu penyakit diabetes kebanyakan menyerang para orang tua saja, tapi kini penyakit tersebut dapat menyerang siapa saja. Namun anda tidak perlu khawatir, dengan mengonsumsi gandum utuh secara teratur maka resiko anak untuk terkena penyakit diabetes tipe 2 pun dapat jauh berkurang. Lagi-lagi hal itu disebabkan karena tingginya kandungan serat yang ada di dalamnya.

Selain serat, gandum utuh juga mengandun magnesium yang mana dapat bertindak sebagai mineral co-faktor untuk lebih dari 300 enzim. Enzim-enzim inilah yang terlibat dalam penggunaan insulin dan juga sekresi di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, konsumsi gandum utuh secara teratur akan mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Faktor-faktor tersebutlah yang menjadikan gandum utuh sangat baik untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2 pada anak.

Hanya Dengan Menambahkan Sayur Atau Buah Favorit Anak Pada Sereal, Maka Anak Pun Akan Lahab Makan

Banyak orang yang kurang lahab saat sarapan. Bukan hanya pada orang tua saja tapi hal itu juga terjadi pada anak-anak. tapi dengan menyediakan sereal bersama sayur dan buah-buahan yang menjadi kegemaran anak, maka sarapan pun menjadi aktivitas yang menyenangkan. Anak akan makan lahab dengan sendirinya jika menu makanan yang anda sediakan adalah menu yang menjadi favoritnya.

Sudah tahu kan apa saja manfaat dari sarapan gandum utuh? Untuk itu mulai sekarang anda dapat mengonsumsi gandum utuh sebagai menu sarapan anda dan keluarga. Selain praktis, jenis sarapan yang satu ini juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top