Kesehatan Ibu & Anak

ASI Tidak Keluar dengan Lancar? Coba Ikuti 8 Cara Ini Agar Produksinya Berlimpah

buisui

Memberikan ASI secara eksklusif pada anak yang baru lahir merupakan impian bagi semua ibu di dunia. ASI megandung semua nutrisi yang baik yang dibutuhkan oleh bayi hingga batas usia tertentu. Memberikan buah hati Anda ASI yang cukup dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya melawan serangan dari luar. Membuatnya tidak mudah alergi, lebih sehat, dan sebagainya.

Masalah yang sering dialami oleh ibu menyusui adalah tidak lancarnya air susu yang keluar, sehingga volume yang dihasilkan per harinya tidak banyak alias sedikit.

Jangan panik ketika ASI  yang keluar tidak banyak, karena masalah seperti ini umum terjadi pada ibu yang menyusui. Salah satu penyebab ASI yang diproduksi tidak berlimpah adalah faktor kelelahan. Maka dari itu, 8 cara ini bisa Anda ikuti guna menghasilkan produksi ASI yang berlimpah.

RAJIN MELAKUKAN PIJATAN DAN MEMBERSIHKAN PUTING PAYUDARA

Ketika memasuki trisemester yang ke-3, disarankan untuk rajin membersihkan puting susu agar akses keluar air susu selalu lancar setiap kali akan digunakan. Cara membersihkannya cukup dengan menggunakan baby oil sebelum mandi.

Lakukan gerakan memilin-milin puting pada lipatan di ujung puting. Lakukan kegiatan ini secara rutin selama beberapa hari sekali agar anak Anda bisa merasakan air susu yang lancar masuk ke dalam mulutnya.

GUNAKAN POMPA ASI AGAR ASI LEBIH LANCAR SAAT KELUAR

Dewasa ini telah banyak para ibu muda yang memanfaatkan alat pemompa ASI untuk memperbanyak air susu yang keluar. Memompa ASI bisa menjadi cara agar tetap bisa menyusui anak ketika belum memiliki keterampilan yang cukup utuk menyusuinya secara langsung saat menggendongnya. Kesalahan posisi pada saat menyusui dapat berakibat pada ASI yang tidak keluar dengan lancar pada saat menyusuinya.

Tujuan memompa menggunakan alat pompa adalah untuk memberi rangsangan dan simulasi pada payudara. Jadi jagan terlalu fokus pada berapa banyak ASI yang akan didapat ketika memompa.

KONTAK LANGSUNG DENGAN ANAK DAPAT MEMPERLANCAR PRODUKSI ASI

Anak yang disusui dalam keadaan telanjang dan mendapatkan kontak langsung dengan kulit tubuh ibu dapat menjadi cara untuk memperbanyak ASI yang keluar. Kontak fisik dan kedekatan emosi yang terjadi antara ibu dan anak akan memerintahkan otak Anda untuk memproduksi  ASI yang lebih banyak.

ISTIRAHAT YANG CUKUP PENTING DILAKUKAN OLEH IBU YANG MENYUSUI

Untuk menjaga kestabilan produksi ASI, seorang ibu menyusui disarankan untuk melakukan istirahat yang cukup. Atur jadwal sebaik mungkin untuk bisa tidur ketika bayi sedang tertidur pulas. Manfaatkan waktu dan kesempatan untuk beristirahat sebaik mungkin.

Hindari kegiatan yang terlalu berat karena akan berdampak pada berkurangnya volume ASI yang dihasilkan. Tubuh dan pikiran yang sehat berasal dari istirahat yang cukup. Jika mulai merasa lelah, baringkan dri sejenak sebelum mulai menyusui lagi.

KELOLA STRES DAN JANGAN TERLALU BANYAK CEMAS

Selama menjalani masa menyusui, usahakan untuk mengelola stres sebaik mungkin. Stress memang tidak berhubungan langsung dengan berkurangnya jumlah ASI yang dihasilkan, namun diduga dapat menghambat proses keluarnya ASI. Selain itu disarankan pula untuk tidak mudah cemas ketika ASI yang dikeluarkan sedikit jumlahnya.

Kesehatan mental dan fisik sangat diperlukan bagi ibu yang sedang menyusui anaknya. Selama ibunya sehat, ASI akan terus diprodusi dan buah hati pun akan bisa menikmati terus ASI yang dikeluarkan sang ibu.

KOMPRES PAYUDARA KETIKA TERASA KERAS DENGAN HANDUK HANGAT

Ketika Anda merasakan payudara mulai terasa keras, bayi tidak dapat menghisap air susu di dalamnya. Lakukanlah kegiatan pengompresan dengan menggunakan handuk hangat. Cara ini dapat membuat payudara menjadi lunak dan ASI keluar lebih lancar.

KONSUMSI PARE UNTUK MEMPERBANYAK JUMLAH ASI YANG KELUAR

Terdapat beberapa makaan yang dapat membantu memperbanyak ASI yang keluar. Makanan yang umum dikonsumsi adalah wortel, daun katuk, papaya, bayam, dan havermouth. Mengonsumsi makan tersebut menjadi cara alami yang bisa dilakukan dibanding memperbanyak ASI dengan makan obat-obatan atau suplemen yang mengadung bahan kimia.

Selain yang sudah disebutkan di atas, konsumsi jus pare mentah atau makan pare  mentah bisa menjadi cara untuk meningkatkan produksi ASI dalam waktu singkat.

MENYUSUI ANAK 2-3 JAM SETIAP HARI AGAR PRODUKSI ASI TETAP LANCAR DAN TIDAK BERKURANG

Bayi Anda membutuhkan susu setiap 2-3 jam setiap hari. Bila Anda rutin menyusui setiap 2-3 jam setiap hari sampai bayi kenyang, payudara akan memproduksi ASI sebanyak kebutuhan waktu tersebut. Produksi ASI untuk jangka waktu 2-3 jam akan bertambah dalam kurun waktu 3-7 jamsesuai dengan instruksi yang diberikan oleh otak. Bila ibu jarang menyusui dan waktu menyusui tidak konsisten, bukan tidak mungkin produksi ASI akan berkurang. Disarankan habiskan ASI di satu payudara baru berpindah pada payudara yang lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top