Parenting

Anak Sulit Makan, Tentu Membuat Bunda Resah. Atasi Dengan Tips Ini!

child-1566470_640

Saat usia anak telah menginjak 6 bulan, maka sebagai orangtua kita harus mempersiapkan menu makanan pendamping ASI. Hal ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Namun ternyata tidak selamanya pemberian makanan pendamping ASI untuk si kecil dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Tak jarang si kecil ngambek dan tidak mau melahap makanan yang sudah kita siapkan. Ada juga beberapa balita yang hanya mau mengkonsumsi jenis makanan tertentu saja (picky eather). Bahkan ada balita yang hanya mengemut makanannya saja. Hal-hal itu tentu membuat kita sebagai orangtua merasa bingung.

Padahal si kecil membutuhkan asupan gizi tambahan dari makanan pendamping ASI tersebut. Nah Bunda, jika pemberian makanan pendamping ASI  untuk buah hati belum juga sesuai harapan, jangan lantas patah arang. Beberapa tips di bawah ini akan membuat si kecil lahap makan.

Sajikan Makanan Dalam Porsi Kecil Bun, Sebab Lambungnya Belum Bisa Menampung Makanan Terlalu Banyak

Sebagaimana postur tubuhnya yang masih kecil dan mungil, lambungnya pun memiliki ukuran yang sama. Jika disediakan makanan dengan porsi yang banyak maka kemungkinan besar si kecil tidak akan bisa menghabiskannya. Oleh karena itu akan lebih baik bila Bunda menyajikan makanan sesuai dengan porsinya.

Berikan Makanan Yang Bervariasi Pada Anak Bun, Dengan Demikian Si Kecil Tak Bosan

Mungkin anak anda merasa bosan dengan jenis makanan tertentu. Untuk mengatasinya siapkan beberapa jenis makanan lalu hidangkan. Biarkan dia memilih sendiri jenis makanan apa yang disukainya. Bunda tidak harus membuatnya dari bahan yang berbeda. Bisa saja dari bahan yang sama dibuat beberapa jenis makanan yang berbeda. ini tentu akan lebih menarik dibandingkan dengan ketika anda menyiapkan dalam bentuk menu yang sama.

Sajikan Makanan Dalam Bentuk Semenarik Mungkin

Setelah beberapa menu makanan berhasil anda buat, maka langkah yang selanjutnya adalah menyajikannya dengan menarik. Untuk mempermudahnya, Bunda bisa mencari tahu apa saja hal yang menjadi kesukaan si kecil, mulai dari mainan, film beserta tokohnya, bentuk, dan sebagainya. Setelah itu, buatlah makanan dengan tema kesukaan si kecil.

Misalnya saat anda membuat nasi goreng untuk si kecil, sajikan nasi goreng tersebut dengan bentuk bebek kecil yang lucu atau bentuk seperti teddy bear. Bentuk-bentuk ini tentu akan lebih menarik dibandingkan dengan ketika Bunda menyajikannya di atas piring begitu saja.

Buat Suasana Makan Jadi Menyenangkan Agar Anak Tak Merasa Tertekan

Buatlah waktu makan menjadi saat yang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh si kecil. Anda harus menghindari pemberian hukuman, mengancam, atau menakut-nakuti. Cara-cara itu tidak efektif karena bukannya si kecil mau makan tapi justru dia akan merasa tertekan saat waktu makan tiba. Dan bukan tidak mungkin jika hal itu dapat menyebabkan trauma bagi si kecil.

Bunda Juga Bisa Membiasakan Anak Untuk Makan Teratur

Selain waktu makan yang menyenangkan, biasakan si kecil makan dengan teratur. Anda dapat membuat jadwal makan untuk si kecil sesuai dengan kebutuhannya. Buatlah jadwal kapan si kecil harus makan nasi, harus makan camilan, harus minun susu, dansebagainya. Dengan begitu dia akan terbiasa makan secara teratur.

Beri Cemilan Sehat Untuk Dimakan Si Kecil Di Sela-sela Aktivitasnya

Semakin bertambah usianya maka secara otomatis aktivitasnya pun semakin banyak. Hal ini akan membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya agar tetap makan, siapkan camilan sehat dalam porsi yang kecil. Latih agar dia makan sendiri.

Melibatkan Anak Saat Menyiapkan Makanan Akan Membuat Buah Hati Jadi Antusias Untuk Makan Loh Bun

Mungkin anda adalah orang yang berfikir bahwa melibatkan si kecil untuk menyiapkan makanan hanya akan memakan lebih banyak waktu. Tapi tahukah Bunda bahwa hal itu ternyata dapat membuat si kecil menjadi mau makan. Dia akan merasa usahanya dalam menyiapkan makanannya sendiri dihargai oleh anda.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top