Parenting

Anak Orang Lain Membuat Gaduh Di Tempat Umum Dan Menganggu Anak Anda? Begini Cara Tepat Mengatasinya

pexels-photo-128893

Pada dasarnya tingkah laku anak kecil selalu berhasil membuat orang dewasa gemas dan jatuh hati. Namun, terkadang kita juga akan merasa tidak nyaman ketika melihat anak orang lain yang membuat gaduh di tempat umum. Hendak menegur rasanya tak enak, tapi jika tidak ditegur hanya membuat anda kian jengkel. Harus bagaimana?

Menurut seorang pakar psikolog anak Irma Gustiana, M.Psi, Psi, wajar memang  jika kita hendak menegur seorang anak, namun dengan catatan harus menggunakan kata-kata yang sopan dan baik sehingga orang tuanya pun dapat menerima saran atau arahan kita yang memang notabene orang asing. Sebagai contoh saja, ketika kita melihat seorang anak yang bermain dengan cara mendorong-dorong sehingga mengakibatkan anak terdesak, kita bisa menegur anak tersebut dengan kalimat “Dik, sabar ya, nanti pasti kebagian mainannya!”

Dari hal di tersebut, dapat diambil kesimpulan, bahwa ada beberapa trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak orang lain yang gaduh di tempat umum. Usahakan jangan membentak anak ya Bun!

Jangan Pakai Emosi Bunda!

Memang ketika kita melihat anak orang lain yang bikin onar di tempat umum merasa jengkel, marah dan sangat mengganggu. Tetapi, sebaiknya kita tidak boleh emosi, namun cobalah untuk menegur dengan kata-kata yang halus. Jika dengan kata halus tidak mempan, cobalah dengan kata-kata candaan. Dengan begitu dia akan lebih memahami maksud anda.

Akan Jauh Lebih Baik Bila Anda Tidak Menyebutnya “Anak Nakal”

Pasti anda merasa tidak terima jika anak anda dikatakan nakal oleh orang lain yang tidak dikenal kan? Maka dari itulah, ketika melihat anak orang lain gaduh atau membuat onar di tempat umum jangan sekali-kali menyebutnya nakal. Misalnya saja “Kamu nakal sekali, anak siapa sih?”. Alih-alih membuat keadaan jadi lebih baik baik, hal itu justru akan menyinggung perasaan orangtuanya. Bukan tak mungkin orangtuanya malah akan balik memarahi anda. dan membuat situasi jadi kian tak terkendali. Oleh karena itu, jika ingin menegur anak orang lain hindari kata nakal. Atur intonasi bicara anda, berbicara dengan nada geram  juga tak akan memperbaiki kondisi.

Berusahlah Untuk Mengomunikasikan Dengan Orang Tuanya

Ketika kita melihat anak orang lain yang sudah mulai rusuh cobalah perhatikan di mana orangtuanya berada. Setelah anda mengetahui keberadaan orangtuanya, cobalah menyampaikan keluhanmu pada mereka perihal kenakalan anaknya. Ucapkan dengan kalimat yang sangat sopan dan santun. Langkah tersebut juga dapat meminimalisir anak merasa malu karena ditegur atau dimarahi oleh orang lain yang belum dikenal sebelumnya.

Berbicaralah Pada Anak Tersebut Dengan Tutur Kata Yang Baik Bunda!

Ketika anda melihat anak orang lain mulai mengusik ketenangan anak anda, maka cobalah untuk mengajak dia berbicara. Ajaklah berbicara dengan tutur kata yang halus, seperti misalnya “Adik, jangan gitu ya, mainannya sama-sama biar banyak teman,”. Dengan begitu anak secara perlahan akan mengerti dan memahami sehingga bisa menjadi teman baik bagi anak anda. Bukankah segala sesuatu yang disampaikan dengan hati pasti akan sampai ke hati pula?

 

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Anak Orang Lain Membuat Gaduh Di Tempat Umum Dan Menganggu Anak Anda? Begini Cara Tepat Mengatasinya – MamaPedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top