Parenting

Agar Anak Bahagia dan Percaya Diri, Ini 7 Cara Mendidik Anak yang Baik

karakteranak

Setiap orang tua tentu ingin anaknya bahagia dan tumbuh menjadi anak yang baik, cerdas, dan percaya diri. Untuk itu, Anda harus bisa mendidiknya sedini mungkin.

Beberapa orang tua berpikir bahwa cukup dengan memasukkan anak ke sekolah, maka tidak perlu lagi mendidiknya di rumah.  Padahal, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter dan kepribadian anak.

Apabila orang tua bisa mendidik anak dengan baik, maka anak akan merasa lebih bahagia dan tumbuh menjadi orang yang percaya diri serta mempunyai kehidupan sosial yang baik.

Berikut tujuh cara mendidik anak yang baik:

1. Ajarkan Anak untuk Mandiri dan Bertanggung Jawab

Anda bisa mengajari anak agar tumbuh menjadi orang yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada Anda. Jangan terlalu posesif terhadap anak. Berikan anak kepercayaan untuk melakukan apa ia mau, namun tetap dalam pengawasan Anda. Ajari juga agar anak memahami seperti apa melakukan sebuah tanggung jawab. Misalnya, anak selalu merapihkan semua mainan setelah ia selesai menggunakannya.

2. Asah Rasa Ingin Tahu Anak Sedini Mungkin

Anak biasanya memiliki tingkat rasa ingin tahu yang tinggi. Ia akan bertanya mengenai benda-benda di sekelilingnya. Selalu usahakan untuk menjawab semua pertanyaan anak dengan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami olehnya. Sebisa mungkin jangan menjawab “tidak tahu”. Libatkan diri Anda ketika anak tertarik untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

3. Tumbuhkan Rasa Simpati dan Empati dalam Diri Anak

 Ajari anak Anda agar tumbuh menjadi orang yang selalu menghargai orang lain dan peduli terhadap orang-orang di sekelilingnya. Tumbuhkan rasa simpati dan empati dalam diri anak. Misalnya, memberi sumbangan untuk anak yatim piatu. Jelaskan pada anak mengapa ia harus berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

4. Selalu Hargai Pendapat Anak

Berikan anak kebebasan untuk berpendapat. Anda sebagai orang tua harus bisa mendengarkan apapun yang anak utarakan. Apabila ada pendapat anak yang menurut Anda kurang tepat, jangan langsung memarahinya, tapi berikan respon dan penjelasan yang positif. Begitu juga sebaliknya. Apabila anak memberikan pendapat yang baik, maka jangan ragu untuk memujinya.

5. Sirami Anak dengan Cinta, Kasih Sayang, dan Perhatian

Anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tuanya. Maka, jangan pernah bosan untuk selalu memberikan perhatian, cinta, dan kasih sayang untuk anak Anda. Semua itu akan menjadikan anak nyaman dekat dengan Anda dan menaruh kepercayaan terhadap Anda.

6. Berikan Contoh yang Baik karena Anak Suka Meniru Perilaku Orang Tuanya

Jadilah role model atau panutan yang baik untuk anak Anda. Jaga perilaku dan ucapan Anda ketika sedang berada di dekat anak, karena ia suka meniru apa yang dilakukan dan dikatakan oleh orang tuanya.

7. Ajari Anak Agar Bisa Belajar Menerima Kenyataan

Anak Anda juga perlu tahu bagaimana menerima kenyataan dalam hidup yang tidak sesuai ekspektasinya. Misalnya, anak kalah dalam lomba di sekolah. Anda bisa mengatakan padanya bahwa yang penting ia sudah berusaha dan bisa mendapatkan pengalaman baru. Katakan juga padanya bahwa kalah menang adalah hal yang wajar dalam sebuah perlombaan.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Agar Anak Bahagia dan Percaya Diri, Ini 7 Cara Mendidik Anak yang Baik | Triple "F" Corner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu, Kirimkan Foto Terbaik Keluargamu

momenkeluarga

Zaman dahulu kenangan keluarga diceritakan hanya melalui kisah-kisah verbal orang tua kepada anak cucunya. Kemudian datang era tulisan, dimana kenangan dituliskan dalam buku tulis dan untuk diberikan kepada generasi selanjutnya.

Lalu cara itu berganti ketika Kodak memperkenalkan kamera portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Momen-momen penting keluarga tersimpan manis dalam album-album foto atau pigura yang dipajang di ruang-ruang tamu.

Tapi kemudian cara itu mulai luntur ketika datang era telepon pintar. Foto-foto kebersamaanmu Kini seringnya hanya tersimpan dalam penyimpanan gadget atau dalam unggahan sosial media. Saat itu pula kita tak lagi melihat keberadaan foto-foto itu sepenting ketika era dalam album dahulu.

Berapa banyak foto yang hilang karena gadgetmu bermasalah dan harus direset? Bagaimana pulak dengan foto jalan pertama si kecil yang kini hilang karena akun sosial mediamu diretas orang tak bertanggung jawab?

Ah, apakah kamu termasuk orang yang sangat telaten menyimpan semua foto-foto kenangan itu? Kamu menyimpan salah satu foto terbaik momen bersama keluargamu yang mungkin tak pernah terulang?

Kirimkan foto terbaikmu itu, agar semua bisa belajar dari kasih dan sayangmu bersama keluarga. Foto terbaik akan memenangkan Smartpone dan Smartfren MIFI

Ikuti Kompetisi Foto Wefie Momen Cinta Keluargamu

Upload

 

 

 

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Agar Anak Bahagia dan Percaya Diri, Ini 7 Cara Mendidik Anak yang Baik | Triple "F" Corner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top