Hiburan Anak

6 Tempat Liburan Anak di Jakarta

liburan anak, tempat liburan anak di jakarta

Liburan di Jakarta ada banyak pilihan untuk mengajak si kecil. Mal dan museum bisa jadi alternatif. Selain juga taman wisata seperti Ancol Taman Impian dan Taman Mini Indonesia Indah. Pilihan lain adalah Taman Margasatwa Ragunan.

liburan anak, tempat liburan anak di jakarta Tempat-tempat wisata di atas seakan destinasi wajib saat liburan di Jakarta, terutama bagi wisatawan dari luar daerah. Padahal, ada pula tempat-tempat wisata lainnya yang cocok untuk si kecil.

Kidzania. Wahana permainan ini berada di Lantai 6, Mal Pacific Place, Sudirman, Jakarta Selatan. Ada 71 paviliun yang setiap paviliun mewakili ratusan profesi mulai dari dokter, wartawan, polisi, hingga pemadam kebakaran.

Tempat ini ibarat kota lengkap dengan gedung-gedungnya. Pengunjung yang merupakan anak-anak menjadi pemeran utama dengan melakukan aneka profesi tersebut. Mereka menjalani profesi lengkap dengan perlengkapan dan seragam.

Tiket masuk di kisaran Rp 100.000-Rp 180.000 pada masa liburan, tergantung usia anak. Kidzania berlaku untuk anak-anak mulai dari 2 hingga 16 tahun. Ada dua sesi waktu, yaitu sesi 1 pada 9.00-14.00 dan sesi 2 pada jam 15.00-20.00. Datanglah di jam-jam sesi tersebut.

Phinisi Edutainment Park. Taman bermain ini berada di Lantai 9 dan 10, Mall Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. Di tempat ini, anak-anak bisa mengikuti kelas-kelas yang mengajarkan kebudayaan Indonesia.

Si kecil bisa belajar wayang, membatik, dan menari.  Setiap kelas, anak-anak akan dipandu oleh Children Attendance. Tempat ini cocok untuk anak usia 4 hingga 16 tahun. Tarif pada musim liburan mulai dari Rp 100.000-Rp 130.000.

Galeri Indonesia Kaya. Tempat ini berada di Lantai 8, West Mall Grand Indonesia Shoping Town, Jakarta Pusat. Sebenarnya, tempat ini galeri seni multimedia dan tempat pertunjukan. Tempat ini cocok untuk segala umur.

Mulanya, pengunjung disambut dengan orang berpakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia yang muncul di layar multimedia. Selain itu ada pula video mapping wayang kulit. Lalu layar sentuh menampilkan obyek budaya dan wisata dari Indonesia.

Memang tempat ini ada banyak multimedia layar sentuh. Tak sedikit multimedia ini merupakan interaktif. Seperti pengunjung bisa berfoto dengan pakaian adat digital lalu diunggah ke sosial media. Ada pula permainan tradisional interaktif.

Sky Rink Jakarta. Tempat ice skating atau seluncuran es ini memang sudah ada sejak lama. Arena seluncuran es ini berada di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Tiket di masa liburan adalah Rp 70.000 untuk dua jam.

Harga tersebut sudah termasuk penyewaan sepatu. Namun belum termasuk biaya pelatihan maupun sewa sarung tangan dan kaus kaki. Jam buka dari 9.00 sampai 21.30. Akan tetapi ada hari-hari tertentu yang jam tutupnya lebih awal.

Planetarium. Planetarium Jakarta berada di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat. Tempat ini terbilang jadul karena sudah berdiri sejak 1969 dan salah satu tempat wajib dikunjungi anak-anak saat di Jakarta.

Di tempat ini, si kecil bisa menonton pertunjukkan teater bintang. Dengan narasi, anak-anak bisa melihat rasi bintang sampai meteor jatuh ke bumi. Anak-anak pun bisa belajar mengenai tata surya.

Tiket masuk terbilang murah hanya Rp 3.500 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk dewasa. jam pertunjukan untuk umum 16.30 di hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Sementara di hari Jumat pada pukul 16.30-17.30. Sedangkan di hari Sabtu dan Minggu di pukul 14.30-15.30.

Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara Cibubur. Taman Lalu Lintas ini berada di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Taman yang tergolong luas dan terawat ini ibarat kota kecil. Tak sekedar lampu lalu lintas dan rambu-rambu tetapi ada pula stasiun kereta api sampai miniatur kota.

Si kecil bisa berkeliling taman ini sambil belajar mengenai lalu lintas. Selain dengan menyewa sepeda, juga bisa naik mobil-mobilan untuk anak-anak. Taman ini buka untuk umum hanya di akhir pekan.

 

Travel.kompas.com

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Hi Orang Tua, Kenali 5 Jenis Wisata untuk Anak, Tujuan dan Rekomendasinya | Sayangi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top