Parenting

Anak Anda Sudah Sekolah? Ini 6 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Belajar

6 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Belajar

Apa yang anda lakukan jika anak anda tidak mau disuruh belajar? Apakah marah? Membentak? Atau memukulnya? Tidak selamanya anak akan rajin belajar sesuai dengan yang kita harapkan. Kadang karena berbagai macam sebab, seperti karena ada acara di TV yang menurutnya menarik, lagi asyik dengan mainannya, atau karena berbagai sebab lainnya membuat anak menjadi malas belajar. Andalah yang sebagai orang tua seharusnya bisa terus menjaga semangat belajar anak agar jangan sampai kendor. Tapi bagaimana caranya?

Inilah yang sering kali menjadi kebingungan dari para orang tua. Mereka sering merasa tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi anaknya yang susah disuruh belajar. Akibatnya para orang tua tidak jarang yang melakukan cara-cara yang kurang baik, seperti membentak, marah-marah, bahkan ada yang sampai memukulnya. Tentu saja cara seperti itu tidak akan baik bagi anak. selain anak akan menjadi ketakutan, cara-cara seperti itu justru membuat belajar anak tidak sepenuh hati sehingga dia belajar hanya untuk memenuhi keinginan dari orang tua saja, dan akibatnya apa yang dipelajarinya belum tentu masuk atau bisa dia pahami. Untuk itu, disini akan dijelaskan tentang cara-cara yang tepat untuk mengatasi anak yang tidak mau disuruh belajar.

Inilah 6 cara mengatasi anak yang tidak mau belajar:

  1. Mendampingi saat anak belajar

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah mendampingi anak saat waktunya dia untuk belajar. Cara ini bisa membuat si anak menjadi lebih semangat dalam belajar karena dia merasa anda sebagai orang tua memperhatikan dirinya. Anda dapat memulai untuk mengajaknya saat waktu belajarnya tiba. Dengan begitu anak merasa ada seseorang yang mengawaasi dan memperhatikan aktivitas belajarnya.

  1. Sabar

Terkadang mood anak untuk belajar tidak seebagus seperti biasanya. Pada saat itulah biasanya anak akan sedikit lebih susah untuk menangkap penjelasan dari anda. tugas andalah yang harus bisa menahan segala emosi dari dalam hati. Anda harus paham dengan kondisi seperti itu sehingga anda akan memiliki kesabaran yang cukup untuk menghadapi anak anda tersebut.

  1. Membeli perlengkapan dengan motif kesukaan anak

Sebagai orang tua tentu anda tahu motif-motif apa yang menjadi kesukaan anak anda. misalnya dia suka dengan kartun spiderman atau frozen, maka belilah peralatan belajar yang memiliki motif tersebut. Dengan begitu anak akan selalu semangat ketika disuruh belajar.

  1. Menciptakan suasana belajar sambil bermain

Sebisa mungkin anda dapat menciptakan permainan yang bisa dijadikan sebagai cara untuk belajar si anak. mungkin karena materi yang harus dipelajarinya terlalu susah bagi si anak, atau bisa jadi anak ingin refreshing sebentar. Jika anda melihat tanda-tanda seperti itu maka sudah saatnya anda membuat permainan yang bisa menghiburnya.

  1. Games yang mendidik

Tidak ada salahnya jika sebentar saja anda mengajak anak untuk bermain hp. Anda bisa mengunduh berbagai games yang mendidik di google playstore. Tapi ingat jangan sampai kebablasan yang membuat anak menjadi ketagihan dengan hp. Anda harus bisa mengontrolnya agar dia bermain games dibawah pengawasan anda.

  1. Hadiah

Cara yang lainnya untuk mengatasi anak yang susah belajar adalah dengan memberikan sebuah hadiah untuk dia. Misalnya saja anda bisa menjanjikan hadiah bagi anak anda jika dia bisa mendapatkan rengking pertama atau rengkin satu. Atau anda bisa juga menjanjikan hadiah jika anak bisa belajar 2 jam dalam sehari. Dan masih banyak hadiah-hadiah lainnya yang bisa anda janjikan kepada si anak. dengan begitu anak akan tersemangati untuk terus belajar dengan giat.

Dari keenam cara di atas semuanya dapat anda terapkan untuk mengatasi anak anda yang susah diajak untuk belajar. Anda juga bisa menambah cara yang lain yang sesuai dengan kondisi anda disana.

Demikian tadi pembahasan tentang 6 cara mengatasi anak yang susah disuruh belajar. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top