Parenting

Apakah Anak Anda Susah Tidur? 5 Cara Mengatasi Anak Sulit Tidur

5 Cara Mengatasi Anak Sulit Tidur

Apakah anak anda susah tidur? Menghadapi kondisi seperti ini tentunya membuat anda kesal campur jengkel. Bagaimana tidak saat waktunya anak seharusnya sudah tidur tapi dia justru terus bermain, kadang malah disertai rewel atau menangis terus. Tentu saja waktu yang seharusnya anda gunakan untuk aktivitas atau untuk beristirahat tapi karena anak belum tidur maka anda pun harus menemani dan mengawasinya.

Ada berbagai macam sebab yang membuat anak susah tidur. Diantara penyebab anak susah tidur adalah karena faktor keturunan. Jika anda atau pasangan anda memiliki keturunan yang sulit untuk tidur maka anak anda pun bisa jadi akan mengalaminya. Faktor lainnya adalah karena kondisi badan anak sedang tidak fit, misalnya saja sedang sakit. Rasa sakit dapat membuat badan menjadi tidak nyaman sehingga susah untuk tidur. Dan yang paling penting untuk anda ketahui adalah tentang pola tidur si anak. Perlu anda tahu bahwa setiap orang memiliki pola tidur yang berbeda. Ada yang ketika berbaring langsung bisa tertidur, ada yang harus dengan simulasi seperti dongeng, permainan dan sebagainya baru bisa tidur, ada yang bisa tidur dalam waktu yang lama, ada yang sebentar tidur dan sebentar bangung, dan lain sebagainya. untuk mengetahui hal ini maka anda harus bisa mengamati pola tidur si anak dan anda baru bisa menyimpulkan apakah anak anda memang susah tidur atau memang pola tidurnya yang seperti itu. tapi jika memang anak anda susah tidur, maka disini akan dijelaskan bagaimana tips untuk mengatasinya.

Inilah 5 cara mengatasi anak sulit tidur:

  1. Menentukan jadwal tidur anak

Ini adalah cara pertama yang bisa anda lakukan. Tentukan waktu kapan dia harus tidur dan kapan dia harus bangun. Tentukan juga jadwal tidur siangnya. Jalankan jadwal ini sebaik-baiknya agar anak menjadi terbiasa dengan jadwal tidurnya.

  1. Kenalkan pada anak perbedaan pagi, siang dan malam

Ketika pagi hari, buka jendela kamar dimana anak anda tidur. Ini sebagai cara untuk mengenalkan pada anak bahwa pagi hari adalah waktunya untuk bangun. Kemudian pada siang harinya ajaklah anak untuk tidur kembali. Jangan terlalu lama saat tidur siang, karena anak yang kebanyakan tidur saat siang akan membuat dia sulit tidur saat malam hari. dan malam hari suruh kembali anak untuk tidur. Berikan juga penjelasan bahwa malam hari adalah waktunya untuk tidur sehingga harus berhenti dari semua aktivitas, termasuk aktivitas bermain.

  1. Memperhatikan kebersihan

Sebelum anak anda tidur, pastikan bahwa semuanya sudah bersih. tangan, kaki, dan gigi pastikan sudah dibersihkan semuanya. Bersihkan juga tempat tidur anak jangan sampai banyak debu atau pasir yang dapat menganggu kenyamanannya dalam tidur. Anda juga bisa mengatur suhu kamar. Misalnya cuaca sedang dingin maka anda dapat memberinya selimut.

  1. Buat aktivitas sebelum tidur

Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa anda lakukan menjelang anak tidur. Misalnya Satu jam sebelum anak tidur anda bisa mengajak dia untuk bercakap-cakap. Atau anda bisa mendongeng sebelum anak tidur. Ini dapat membuat anak menjadi lebih nyaman saat tidur.

  1. Jauhi kebisingan

Seperti orang dewasa yang terganggu dengan suasana yang bising, anak pun juga sama. untuk itu, jauhi kebisingan saat anak mau tidur. Anda bisa mengecilkan volume TV, radio, atau suara obrolan di sekitar kamar anak. dengan begitu anak pun akan cepat tertidur.

Demikianlah pembahasan tentang 5 caara mengatasi anak sulit tidur. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top