Hiburan Anak

100 Ibu dan Anak Keliling Jakarta Bareng Orami

orami

Orami Community, wadah untuk bertemunya para ibu se-Indonesia dalam saling dukung dan menambah ilmu parenting, baru saja menggelar “Jelajah Jakarta: Keliling Kota Jakarta dan Museum dengan Jakarta City Tour Bus”. Acara yang digelar dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ini berlangsung di dua museum besar ibukota, yakni Museum Nasional Indonesia dan Museum Bank Indonesia.

Selain berkeliling museum, sebanyak 100 ibu dan anak ini juga mengikuti aktivitas seru, yakni bernyanyi dan mendongeng bersama Rumah Dongeng Pelangi di FX Sudirman. Head of Community Orami, Bunga Mega menyatakan, selain merayakan Hari Ulang Tahun Jakarta, acara ini diadakan untuk mengajak anak-anak mengenal kebudayaan dan sisi kota Jakarta, serta merekatkan hubungan orangtua dan anak melalui pengalaman seru jalan-jalan menggunakan kendaraan umum di Kota Jakarta.

“Kami juga berharap melalui event jalan-jalan ini Orami bisa semakin dapat menjangkau banyak orangtua dan semakin dipercaya untuk menjadi parenting partner seluruh keluarga Indonesia,” tutupnya.

Orami.co.id sendiri merupakan market leader situs e-commerce untuk produk Ibu dan bayi. Di luncurkan pada 8 Februari 2013, Orami.co.id menawarkan pengalaman belanja kebutuhan Ibu dan Bayi dengan pilihan produk terlengkap dan gratis biaya kirim.

Nikmati juga beragam pilihan sistem pembayaran yang aman, promo menarik setiap harinya dan fasilitas pembayaran di tempat (COD). Pada tahun 2018, Orami.co.id berkembang menjadi sebuah solusi menyeluruh bagi Bunda dengan diluncurkannya komunitas online dan offline serta konten tertulis dan video.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hiburan Anak

Rayakan Ultah Si Kecil Tanpa Menguras Dompet Ayah dan Bunda

5-years-old-adorable-beautiful-2388657

Anak kecil akan suka bila ulangtahunnya dirayakan. Namun bagi orangtua, mengadakan perayaan semacam ini perlu banyak pertimbangan dan persiapan. Apalagi urusan biaya ya Bun. Sekalipun tak banyak teman-teman yang diundang, persiapan menjelang pesta si kecil pasti akan menguras dompet ayah dan Bunda.

Tenang Bun, urusan anggaran bisa disiasati lho. Tak perlu takut acara jadi membosankan, justru beberapa trik ini dapat Bunda lakukan demi menekan anggaran serta tak mengurangi keseruan pesta ulangtahun si kecil.

Katakan Pada Si Kecil Kalau Bunda Akan Merayakan Ulangtahunnya di Rumah

Ya Bun, hal pertama yang dapat Bunda lakukan untuk menghemat pengeluaran adalah merayakan pestanya di rumah saja. Dengan begini Bunda tak perlu membayar tempat atau menyewa ruangan untuk mengadakan pesta. Tapi pastikan Bunda memilih dekor atau aksesori yang tepat supaya anak-anak tetap leluasa. Bagi yang rumahnya memiliki teras atau halaman belakang, manfaatkan saja ruang tersebut, Bun.

Tetaplah Buat Kegiatan Seru

Bun, alih-alih memanggil MC atau badut, lebih baik alokasikan dana yang ada untuk membeli peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan seru yang Bunda rancang. Nah, salah satu kegiatan yang seru sekaligus murah meriah yaitu mencari harta karun.

Bunda hanya perlu persiapan matang di hari-hari sebelumnya untuk mempersiapkan kegiatan ini. Anggaran mungkin akan dipakai untuk menyetak peta harta karun yang sesuai dengan denah rumah. Nah, dengan kegiatan ini, Bunda juga dapat menyelipkan beberapa hadiah di titik tertentu.

Percayalah, efek kejutan dan sukarnya menemukan harta karun akan jadi cerita seru untuk anak-anak yang ada di pesta si kecil.

Sewa Mainan juga Tak Kalah Seru Lho Bun

Tak mau repot menjaga mood anak-anak yang berkumpul saat pesta ulang tahun? Sewa saja mainan. Belakangan ini sudah banyak jasa sewa mainan yang tersedia lho Bun. Pilih saja yang paling dekat dengan area rumah sehingga memudahkan Bunda saat hendak mengambil dan mengembalikan mainan.

Ada banyak mainan yang biasanya ditawarkan oleh penyedia jasa sewa mainan. Pastikan Bunda memilih mainan yang dapat dinikmati banyak anak seperti kastil dengan ayunan, perosotan, atau kolam renang dari plastik.

Berikan Tontonan yang Menarik dan Pasang Layar di Rumah

Bunda tak perlu khawatir akan kehabisan ide untuk menghibur si kecil. Selalu ada banyak cara lho. Selain aktivitas di luar, Bunda juga bisa memilih alternatif seperti memasang layar di rumah dan memberikan tontonan yang menarik.

Ya, cobalah dengan mengumpulkan mereka untuk menonton film dengan layar proyektor. Layaknya layar tancap yang sering ditonton dahulu kala, buatlah yang sejenis. Bunda bisa memasang film di salah satu sisi tembok rumah, atau di kain putih yang digantung di kebun rumah.

Siapkan area yang nyaman serta filmnya pun sudah disetujui oleh para tamu yang datang.

Siapkan Goodie Bag yang Lucu dan Menarik

Banyak cara kreatif membuat goodie bag untuk para pengunjung kecil yang datang. Mulai dari membuat makanan sendiri, atau mengisinya dengan beragam mainan seru. Jika Mama tak ingin memberikan snack kemasan, cobalah membuat snack kering sendiri.

Seperti kue coklat, atau sebungkus granola dengan yoghurt. Selain snack, Bunda juga dapat mengakali isi goodie bag dengan mainan yang murah meriah seperti balon tiup, orang-orangan dari karton, rubik, dan lain-lain. Tetap menarik kan, Bun?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Parenting

Bumi Semakin Tua, Ajak Si Kecil Peduli Lingkungan Mulai Dari Sekarang Bun

pexels-photo-193035

Banyak hal yang bisa kita tanamkan pada anak untuk bekal hidupnya kelak, salah satunya kepedulian terhadap lingkungan. Tentang bagaimana pemanasan global bisa memberikan pengaruh buruk pada kondisi bumi yang kita tinggali. Disamping itu si kecil juga perlu memahami bahwa kondisi lingkungan yang semakin buruk akan membunuh bumi secara perlahan. Dan sebagai anak yang akan bertumbuh semakin besar, si kecil akan menjadi sosok yang sangat berperan untuk hal ini.

Mulailah Dari Hal Kecil, Beri Pemahaman Pada Buah Hati Untuk Membuang Sampah Pada Tempatnya

Poin ini akan menjadi hal dasar untuk menanamkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Tunjukkan sikap yang memperlihatkan bahwa kita harus membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu buah hati pun akan mulai belajar untuk meniru sikap Bunda.

Selain itu kita juga perlu memberinya pemahaman akan bahaya membuang sampah sembarang. Pakailah objek nyata yang bisa kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Tentang bagaimana sampah yang dibuang di sungai dengan sembarangan akan mengakibatkan banjir. Pada momen tersebut, Bunda dapat sekaligus melatih buah hati untuk dapat membedakan jenis-jenis sampah yang ada. Jika si kecil sudah terbiasa sejak dini untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, hal ini akan menjadi kebiasaan yang akan selalu terbawa, bahkan hingga kelak ia dewasa.

Berikan Ruang Untuk Melakukan Beberapa Aktivitas Di Alam Bebas

Ada banyak hal yang sedang digalang oleh orang-orang untuk menanggulangi kondisi bumi. Kesempatan ini bisa kita gunakan untuk memberinya pemahaman pada buah hati. Kita bisa mengajak si kecil untuk ikut serta berpartisipasi dalam beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di alam bebas, misalnya menanam pohon. Beri tahu mereka bahwa setiap pohon sangat berperan dalam menopang bumi dan kehidupan manusia.

Pemahaman Untuk Peduli Terhadap Kelestarian Hewan Juga Harus Diajarkan

Mengajari si kecil untuk selalu berlaku baik terhadap orang lain dan lingkungan adalah penting yang memang harus diajarkan. Namun seringnya kita lupa untuk menyertakan kepedulian pada hewan sebagai faktor penting yang harus disematkan. Meski terdengar sepele, hal ini jadi faktor penting yang akan membantu buah hati untuk mengerti pentingnya menjaga kelestarian hewan.

Bunda Bisa Mengajak Buah Hati Untuk Berkreasi Dengan Barang-barang Bekas

Barang atau sampah anti lingkungan bisa kita jadikan objek untuk mengajari si kecil berkreasi dan mengembangkan imajinasinya. Selain memberinya kesenangan akan kegiatan yang dia lakukan, hal ini juga akan membuatnya sadar pentingnya menjaga lingkungan dari sampah yang sulit di uraikan oleh tanah, dan mengurangi pemakaian barang-barang anti lingkungan.

Ajak Dirinya Untuk Mulai Berhemat Pada Beberapa Hal Penting Yang Akan Membantu Kelestarian Lingkungan

Untuk kegiatan yang satu ini kita bisa melakukannya dari hal kecil yang dekat dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya dengan berhemat agar tidak terlalu konsumtif akan pengeluaran dan sumber daya alam yang ada. Salah satunya berhemat dalam hal pemakaian listrik yang sedang banyak dikampanyekan oleh media.

Kita bisa menjelaskan pada buah hati dengan cara yang sangat sederhana tentang apa yang akan terjadi dimasa depan bila memakai listrik dan air yang secara berlebihan. Untuk itu kita perlu mengoptimalkan pemakaian barang-barang elektronik sesuai dengan aturan dan porsinya. Ajak mereka untuk terbiasa mematikan segala barang elektronik yang tidak sedang dipakai. Buatlah hal tersebut semenarik mungkin sehingga menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Bunda Juga Harus Menjadi Contoh Yang Baik Dengan Menjadikan Semua Hal Tersebut Mudah Dipahami Oleh Si Kecil

Membuat si kecil mengerti dan paham akan pentingnya menjaga lingkungan jadi bagian tersulit yang akan kita hadapi. Sebisa mungkin kita harus bisa menjelaskannya dengan bahasa dan contoh yang mudah untuk dipahaminya. Meski ini adalah permasalahan yang cukup kompleks, percayalah mereka bisa dengan mudah memahaminya.

Kita juga harus jadi contoh yang baik untuknya. Karena segala sesuatu yang kita ajarkan padanya akan dengan senang hati dilakukan jika diikuti dengan contoh nyata. Dengan demikian dirinya akan tumbuh jadi seseorang yang peduli terhadap lingkungannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hiburan Anak

Tips jika Traveling Membawa Anak, untuk Liburan Seru yang Menyenangkan

travelingbersamaanak

Traveling  bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak, namun ada kalanya orangtua menganggap bahwa traveling membawa anak-anak pasti akan sangat merepotkan.  Apalagi jika anak-anak yang dibawa tidak cuma satu dan masih kecil atau balita.

Pasti sudah terbayangkan bagaimana nanti harus mengurusi anak di sepanjang perjalanan.  Mungkin ada yang rewel karena mengantuk, minta makan atau susu, ingin buang air kecil atau bahkan BAB.

Wah, pasti repot sekali!  Sebelum Anda urung mengajak anak-anak untuk traveling, sebaiknya simak dulu tips yang bisa dicoba jika traveling membawa anak berikut ini.

Persiapan sebelum traveling

Persiapan sebelum berangkat tentu sangat penting karena kalau tidak dipersiapkan baik-baik bisa saja terveling yang sudah direncanakan jauh-jauh hari berantakan begitu saja.  Persiapan yang paling penting adalah kesehatan anak-anak.

Jangan sampai anak-anak justru demam atau sakit selama di perjalanan sehingga traveling yang rencananya mau menikmati kegembiraan malah berganti kekhawatiran.

Menjaga kesehatan anak dengan memenuhi kebutuhan gizinya tentu bukan hanya dilakukan ketika akan melakukan traveling saja, tetapi wajib dilakukan sehari-hari.  Nah, jika akan bepergian maka penting bagi orangtua untuk mempersiapkan fisik anak agar tetap fit dan tidak gampang sakit.

Salah satunya bisa dengan memastikan bahwa anak-anak cukup istirahat dan tidak sedang kelelahan ketika akan berangkat traveling.  Pastikan juga untuk memilih tujuan traveling yang ramah anak ya!

Persiapan yang berhubungan dengan packing

Traveling membawa anak tentu membutuhkan banyak persiapan terkait barang bawaan yang akan dibawa.  Persiapan packing dengan membuat daftar barang yang akan dibawa sangat penting, karena bisa saja barang yang ketinggalan tidak mudah didapatkan di perjalanan atau di tempat tujuan.  Sehingga sangat penting untuk dipersiapkan dengan detail dan teliti.

Persiapan ketika melakukan packing juga harus disesuaikan dengan beberapa hal, yaitu berapa lama perjalanan akan dilakukan, ke mana tujuan traveling Anda bersama anak-anak, usia anak-anak yang akan diajak traveling, dan jenis transportasi yang digunakan.

Tentunya perbedaan usia anak-anak yang akan diajak traveling akan membuat daftar barang bawaannya berbeda juga kan?

Daftar barang yang harus dibawa ketika traveling membawa anak

Ada beberapa barang yang wajib dibawa ketika memutuskan traveling bersama anak, dan berikut ini adalah contoh daftar barang yang harus dibawa:

  • Pertama tentu saja tiket atau dokumen lainnya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan.  Tanpa kelengkapan dokumen maupun tiket perjalanan, tentu saja perjalanan yang sudah direncanakan bisa batal begitu saja.
  • Barang lain yang wajib dibawa ketika traveling membawa anak adalah susu.  Jika anak masih mendapatkan susu ekslusif maka sebaiknya membawa stok ASI yang sudah disimpan dalam botol agar lebih praktis, demikian juga dengan susu fomula.  Akan merepotkan jika menganggap bahwa nanti bisa membeli di tempat tujuan, sementara belum tentu Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk susu formula tersebut.
  • Berbagai jenis makanan, minuman dan perlengkapannya untuk bekal di perjalanan juga penting disiapkan, agar anak-anak bisa tetap ngemil di perjalanan, sedikit terhibur dan tidak bosan atau rewel selama di perjalanan.  Selain makanan dan minuman, jangan lupa juga membawa mainan kesukaan anak untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu anak Anda mulai bosan atau bahkan menanyakan mainan kesukaannya.
  • Barang lainnya yang wajib dibawa ketika traveling mengajak anak adalah pakaian dan alas kaki.  Pemilihan jenis pakaian bisa di sesuaikan dengan tempat yang akan dituju, sebagai contoh jika akan berlibur di pantai maka pakaian yang dikenakan pun harus sesuai dengan keadaan pantai yang cenderung panas.  Seperti pakaian yang berbahan tipis dan menyerap keringat, topi, tabir surya yang aman untuk anak dan perlengkapan lainnya yang mendukung.  Demikian juga jika akan traveling ke tempat yang bersuhu dingin, tentu jenis pakaian yang dibawa bisa menyesuaikan.
  • Jangan lupa juga untuk membawa vitamin dan obat-obatan yang penting sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu kondisi fisik anak menurun akibat kelelahan atau perubahan cuaca yang ekstrem.  Contoh obat yang perlu dibawa antara lain adalah obat demam, obat luka atau antiseptik, minyak kayu putih, lotion anti nyamuk, dan obat gigitan serangga.
  • Perlengkapan mandi juga menjadi barang yang wajib masuk dalam daftar bawaan ketika traveling membawa anak.  Mulai dari sabun, shampo bayi, pasta gigi, sikat gigi, handuk untuk anak hingga baby cream jangan sampai lupa untuk dibawa.   Jangan lupa juga untuk membawa diaper atau popok sekali pakai jika anak Anda masih menggunakan popok.
  • Kantong plastik kecil adalah barang sepele yang juga wajib dibawa karena bisa sangat berguna selama di perjalanan.  Sebagai contoh, untuk tempat pakaian kotor atau popok kotor yang akan dibuang nantinya.
  • Baby carrier atau stoller juga bisa dibawa untuk membantu anak selama liburan agar tidak merasa lelah ketika diajak jalan-jalan.

Selain itu, berbagai perlengkapan elektronik seperi ponsel, charger, power bank, dan kamera tidak boleh dilewatkan begitu saja.  Traveling membawa anak tentu akan menjadi kenangan sepanjang masa dengan merekam berbagai momen seru menggunakan kamera.  Nah, tunggu apalagi jangan biarkan traveling Anda tertunda hanya karena takut membawa anak turut serta.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Share

To Top