Parenting

6 Metode Pengasuhan Anak yang dapat Menentukan Masa Depan Anak

polaasuhpositif

Orangtua mana yang tak mengharapan anaknya sukses di masa depan? Semua orang tentu saja mengidamkan anaknya sukses dimasa kini dan masa depan.

Sesungguhnya tidak ada resep parenting khusus dalam membesarkan seorang anak agar menjadi orang yang sukses hingga mampu menjadi seorang yang sukses. Akan tetapi pola asuh orangtua dalam mendidik anaknya dapat menentukan masa depan anak.

Anak menerima pola asuh dengan perhatian positif memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, keberhasilan akademis, dan memiliki rasa moralitas yang kuat

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan pola asuh dengan perhatian yang tinggi tanpa cara yang keras menghasilkan masa depan lebih sukses dibandingkan dengan orangtua yang keras.

Seperti dikutip laman Science Daily (12/10/2016)Sekelompok penelitian yang dipimpin oleh Nishimura Kazuo, seorang Project Professor di Kobe University Center for Social Systems Innovation, bersama Yagi Tadashi, profesor di Doshisha University Faculty of Economics, dalam surveinya menunjukkan bahwa anak-anak yang menerima pola asuh dengan perhatian positif memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, keberhasilan akademis, dan memiliki rasa moralitas yang kuat.

Nishimura dan Yagi pun menemukan adanya metode pengasuhan yang dikategorikan sebagai berikut:

1. Mendukung

Rata-rata tingkat kebebasan orangtua cukup diberikan kepada anak dengan memberikan kepercayaan yang tinggi, tingkat minat yang tinggi, dan menghabiskan waktu bersama keluarga dengan intensitas berjumlah besar.

2. Tegas

Tingkat mengasuh yang tegas pada anak menghasilkan kemandirian yang cukup tinggi juga anak dapat mengerjakan hal sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh orangtua. Akan tetapi tegar bukan berarti keras dan melakukan tindakan kekerasan pada anak dalam mendidiknya.

3. Sabar

Pola asuh ini cukup menyeimbangkan antara kepercayaan namun tak terlalu tegas atau galak dan terkadang menghabiskan waktu bersama anak dengan waktu sesering mungkin atau jarang.

4. Santai

Tidak tegas sama sekali mengasuh anak, sedikit menghabiskan waktu bersama anak, namun tetap berada pada aturan yang telah ditentukan oleh orangtua.

5. Keras

Pola asuh ini cenderung tegas dan keras sehingga jarang memberikan kepercayaan yang tinggi kepada anak.

6. Seimbang atau demokratis

Pola asuh ini menjadi kunci sukses dari segalanya. Orangtua dengan pola asuh ini dapat memberikan kepercayaan hingga ketegasan yang berimbang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top